Wednesday, May 6, 2015

Motor Tua Dengan Harga Mahal Di Dunia

Motor tua dan antik dijual dengan harga yang cukup mahal sudah menjadi rahasia umum. Bahkan, ada beberapa yang dijual dengan harga yang wah fantastis untuk ukuran sebuah motor tua. Tingginya harga tersebut bukan karena spesifikasinya tapi nilai sejarah dan juga unitnya yang langka sehingga menjadi buruan para kolektor. Dan disamping itu motor-motor tua juga membutuhkan perawatan yang telaten dan kecintaan yang sangat tinggi terhadap kendaraan tersebut. Harga suku cadangnyapun biasanya tergolong sangat mahal karena amat langka di pasaran. Tak hayal pemiliknya untuk perawatannya saja bisa menghabiskan puluhan hingga ratusan juta rupiah. Maka tak dapat dipungkiri harga motor tua di mata kolektor bisa menjadi sangat mahal. Gimana penasaran kan teman AnehTapiNyata.ner, langsung saja kita simak dalam "Motor Tua Dengan Harga Mahal Di Dunia".


Indian 8-Valve Board 1915


Sepeda motor yang diproduksi oleh Indian Motor Company ini diciptakan khusus untuk balapan yang diselenggarakan oleh pabrikan. Saat itu, balapan dilakukan pada sebuah trek berbentuk oval yang dibuat dari papan kayu. Sepeda motor dengan usia nyaris menginjak satu abad ini juga digelari sebagai Motor Antik Paling Ingin Ditampilkan. Indian 8-Valve Board buatan 1915 ini harga jualnya mencapai US$ 60 ribu atau sekitar Rp 794,1 juta.

BMW R32 1924


Sepeda motor ini diciptakan ketika Jerman diembargo melalui Perjanjian Versailles ketika Perang Dunia I. Perjanjian tersebut intinya melarang produksi segala jenis peralatan militer. Dampak Perjanjian Versailes membuat BMW yang awalnya merupakan produsen mesin pesawat tempur terpaksa banting setir memproduksi sepeda motor dengan membangun R32 pada 1924. Bermodalkan mesin bentukan BMW dengan 2 silinder tiduran alias boxer, motor klasik ini punya kapasitas mesin 494 cc, BMW R32 saat itu telah dibangun dengan perseneling tiga percepatan. Tidak seperti sepeda motor yang banyak ditemui saat ini dimana perpindahan giginya menggunakan pedal di kaki, sistem perpindahan transmisi BMW R32 menggunakan tuas perseneling yang berada di sisi tangki bahan bakar. Di pasaran, harga jual BMW R32 ditaksir mencapai US$ 165 ribu atau sekitar Rp 2,18 miliar. Sepeda motor pertama BMW ini tak hanya menjadi motor klasik terbaik tetapi juga sepeda motor BMW terbaik sepanjang masa.

Cyclone Board Track Racer OHC


Cyclone Board Track Racer OHC tahun 1915 adalah motor yang dilego sampai 520.000 dollar AS atau Rp 4,5 miliar oleh rumah lelang Auctions American di Las Vegas, Amerika, dan ini merupakan rekor pelelangan motor termahal sepanjang sejarah rumah lelang tersebut menjual sepeda motor. Sepeda motor ini Dirancang oleh insinyur Andrew Strand, dengan mesin (996cc). Motor ini mampu melaju dengan kecepatan tertinggi mencapai 85 mph. Sepeda motor ini sering dicat dengan warna dan tanda tangan Joerns 'kenari kuning, namun mereka juga tersedia dalam warna biru gelap. Sepeda motor terjual di tahun 2008. Dibuat oleh Perusahaan Manufaktur Bermotor Joerns St Paul, Minnesota. Motor ini mempunyai mesin V-twin dengan poros- dan-bevel didorong overhead Cams, dengan rasio kompresi 5.5:1 sederhana, tenaga yang dikeluarkan diperkirakan 45hp (horse power). Selain memmakai overhead Cams, ada aplikasi teknologi lain yang dipergunakan untuk motor ini, seperti kepala silinder yg dpt dibongkar pasang dan bahan pada bak mesin digunakan adalah aluminium. Dengan harga selangit motor ini pun pernah masuk rekor dunia sebagai motor antik termahal didunia.

Roper Steam Motorcycle (Amerika Serikat)


Sepeda motor yang telah berusia 117 tahun asal Amerika Serikat (AS) ini, disebut-sebut akan memecahkan rekor dunia sebagai sepeda motor klasik termahal di dunia. Roper Steam Motorcycle yang diproduksi tahun 1894 ini, diperkirakan bernilai minimal US$ 520 ribu atau sekitar Rp 4,6 miliar. Selain sudah berumur, Roper Steam Motorcycle juga menjadi saksi perkembangan sepeda motor di abad 19. Sepeda motor yang cuma diproduksi dua unit saja ini menggunakan teknologi mesin uap. Dirancang oleh Sylvester Roper dari Roxbury, Massachusetts, Roper Steam Motorcycle digerakkan dengan mesin tenaga uap yang dihasilkan dari energi batubara, dapat dipacu hingga kecepatan maksimal 40 km/jam. Dalam sejarahnya, ia bisa menjelajah sampai 7 mil atau 11,2 km di Dorchester Road, Boston, pada tahun 1896.

Harley Davidson ‘Strap Tank’ Single 1907


Sepeda motor termahal dalam deretan ini dipuncaki oleh Harley Davidson ‘Strap Tank’ Single yang diproduksi pada 1907. Sepeda motor ini merupakan model produksi pertama yang diciptakan oleh William S Harley dan Arthur Davidson. Harley Davidson ‘Strap Tank’ Single menjadi salah satu diantara sedikit model Harley Davidson yang mengusung mesin satu silinder. Saat itu, sepeda motor ini dibangun hanya dengan memasang mesin pada rangka sepeda. Adapun harga jual dari Harley Davidson ‘Strap Tank’ Single ini ditaksir mencapai US$ 352 ribu atau sekitar Rp 4,65 miliar.

Bagaimana teman AnehTapiNyata.net ada yang berminat memiliki salah satu dari motor di atas?