Tuesday, May 26, 2015

Suara Paling Keras Yang Pernah Ada

Suara bising terjadi setiap hari membuat kita mengernyit dahi karena kekerasan volume suaranya seperti gonggongan anjing, menutup telinga anda saat melewati area konstruksi adalah cara yang biasa dilakukan untuk menghindari suara keras. Ambang suara bagi manusia adalah 120-130 dB. Setiap suara di atas 85 dB dapat menyebabkan gangguan pendengaran, dan gangguan tersebut terkait dengan kekuatan suara serta lamanya paparan. Berikut adalah suara terbising yang dihasilkan sepanjang sejarah.

10. Konser Rock / Pengeras Suara


Sebuah konser rock berdaya 400.000 Watt atau satu set speaker berkekuatan sama yang dipasang di kendaraan bisa mencapai tingkat desibel yang memekakkan telinga. Apakah ada alasan yang disarankan oleh promotor agar Anda memakai pelindung telinga untuk mencegah gelombang suara 135-145 dB?

9. Kembang Api

http://3.bp.blogspot.com/_cPeDX3NO6HA/TR6qun5gfBI/AAAAAAAAEIM/dZ7-2AjvVYg/s1600/fireworks.jpg

Meskipun tidak biasa mendengar dari jarak dekat, kembang api menghasilkan ledakan yang sangat keras. Suara yang terdengar dari langit cukup keras, meskipun bersifat tidak merusak, tetapi pada saat titik ledakan terjadi, tingkat desibel mencapai angka mengejutkan 145-150 dB. Bahkan tes ledakan pun dilakukan dengan pemeriksaan suara yang ketat untuk menghindari cedera telinga.

8. Suara Tembakan


Suara tembakan tidak cukup beruntung bagi siapa saja yang berdiri di dekatnya karena bisa menyebabkan kerusakan telinga yang tercatat di kekuatan 145-155 dB. Ini adalah alasan mengapa Anda harus selalu memakai pelindung telinga ketika berada di lapangan tembak.

7. NHRA Dragsters


Duduk di dekat mobil drag ketika mesin mobil sedang dinyalakan dan teriakan mesin bisa lebih dari sekedar kencang; hal itu dapat merusak seluruh tubuh Anda. Pada kisaran 155-160 dB bukan hanya dapat merusak pendengaran Anda secara permanen, tetapi juga membuat penglihatan Anda bergetar dan menjadi sulit untuk menelan. Itu sebabnya tidak ada yang berdiri di samping mereka.

6. Peluncuran Pesawat Ulang-Alik

 http://3.bp.blogspot.com/_n1i_kcJBlJ8/SwWxed3ChoI/AAAAAAAAAAk/uAWvhSm3t24/s1600/monarch+space+shuttle+atlantis.jpg

Ketika roket api sudah menyala, Anda berdiri setidaknya setengah mil jauhnya agar tidak terkena suara yang besarnya 165-170 dB. Tidak seperti banyak suara bising lainnya, suara roket pesawat ulang-alik adalah konstan karena menciptakan dorongan yang diperlukan untuk mengangkatnya dari tanah.

5. Paus Biru

http://1.bp.blogspot.com/-bqfpIDBS-90/TVbCvqeVpLI/AAAAAAAAAPI/OBGPktsaQmA/s1600/paus+biru.jpg

Paus biru sebagian besar mengeluarkan suara yang sangat keras, sangat terstruktur, suara gemuruh berulang dengan frekuensi rendah yang dapat berjalan beberapa mil di bawah air. Suara-suara ini digunakan untuk berkomunikasi dengan paus biru lainnya, terutama untuk menarik dan mencari pasangan. Suara dari ikan paus biru mencapai tingkat hingga 188 dB. Siulan keras yang luar biasa keras ini dapat terdengar hingga ratusan mil di bawah air. Paus adalah hewan terbising dan terbesar di bumi.

4. Gunung Berapi Krakatau

http://3.bp.blogspot.com/-K8pCKgFd05c/UDd0ZWrL-VI/AAAAAAAAAJQ/hGfGGYw45ec/s1600/70606_anak_gunung_krakatau.JPG

Pada tahun 1883 letusan Krakatau mengeluarkan lebih dari 25 kilometer kubik batu, abu, dan batu apung dan menghasilkan suara paling keras tercatat pada kisaran 180 dB: ledakan dahsyat itu terdengar jelas sampai ke Perth, Australia kira-kira berjarak 1.930 mil (3.110 km), dan Kepulauan Rodrigues dekat Mauritius kira-kira berjarak 3.000 mil (5.000 km).

3. 1-Ton Bom TNT


Berdiri sedekat 250 kaki dari benturan, ledakan dari 1 ton bom menciptakan suara 210 dB. Tanpa perlindungan pendengaran yang cukup dan bunker kedap suara lengkap disekitar Anda, Anda bisa benar-benar mati karena getaran intens yang mengguncang Anda.

2. Gempa Bumi Berkekuatan 5.0 Richter

 http://4.bp.blogspot.com/-eMGZWhvobEE/Te1BbZaYG9I/AAAAAAAAAJU/8mvLs1DzVrk/s1600/soil+liquefaction+collapsed+building.jpg

Sebuah gempa yang berkekuatan sedang dengan tingkat desibel 235 dB bisa membelah tanah menjadi dua dan menghancurkan bangunan, seluruh batu, dan kehidupan manusia. Jika Anda terjebak dalam pusat gempa dan cukup beruntung tidak berada di atas tanah, di dalam pesawat atau helikopter, kebisingan dan getaran yang kuat bisa membunuh Anda sebelum mati karena tertimpa benda yang jatuh.

1. Meteor Tunguska

 http://4.bp.blogspot.com/-udKF1ZTnr6Y/UR5pC1nD5_I/AAAAAAAAQVU/iqiJyM3fkP8/s1600/tunguska_event.jpg

Peristiwa Tunguska adalah ledakan besar yang terjadi di dekat Podkamennaya (Under Rock) Sungai Tunguska yang sekarang menjadi Krasnoyarsk Krai of Russia, pada tanggal 30 Juni, 1908. Ledakan itu kemungkinan besar disebabkan dari ledakan meteoroid besar atau fragmen komet pada ketinggian 5 sampai 10 km (3-6 mil) di atas permukaan Bumi. Ini diukur dengan dampak yang sama dari ledakan bom 1000 Mega-ton dengan peringkat desibel 300-315.