Friday, June 19, 2015

Makanan Sehat Untuk Sahur Yang Bikin Kuat Puasa Dan Kenyang Lebih Lama


"Makanan Sehat Untuk Sahur Yang Bikin Kuat Puasa Dan Kenyang Lebih Lama" - Teman anehtapinyata.net tantangan yang dihadapi seseorang ketika menjalankan puasa adalah lapar, selain haus, serta menahan hawa nafsu lainnya. Namun, tahukah teman bahwa sejumlah makanan atau bahan makanan tertentu untuk menu sahur ini bisa menjadikan seseorang merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama dari biasanya, dan tentu saja sehat untuk dikonsumsi. Memilih makanan yang tepat saat sahur akan membuat teman tetap merasa segar seharian penuh meski sedang puasa. Berikut adalah daftar makanan sehat agar kuat puasa seharian. Semoga bermanfaat.


Sayur-Sayuran


Berbagai jenis sayuran seperti bayam, brokoli, wortel, dan kacang panjang kaya akan serat. Serat tergolong dalam karbohidrat kompleks yang sulit dicerna oleh tubuh, namun demikian sangat penting untuk menjaga keseimbangan metabolisme dalam tubuh. Sebagai menu santapan untuk sahur, teman bisa menjadikan sayur-sayuran tersebut sebagai lalap, direbus, dikukus, atau bisa juga ditumis.

Buah-Buahan


Serat yang terkandung dalam buah tidak bisa cepat dicerna sehingga mampu merangsang lambung bekerja lebih lama menghancurkan makanan. Semakin lama makanan berada di lambung, semakin lama juga perasaan kenyang yang ditimbulkan. teman bisa mencoba buah-buahan seperti pisang, apel, dan pir untuk sahur.

Kentang Panggang


Kentang bisa bikin kenyang tiga kali lipat daripada roti. Coba panggang kentang dan nikmati dengan kulitnya untuk mendapatkan nutrisi penuh dalam makanan ini.

Daging Sapi Rendah Lemak


Menurut hasil penelitian terkini, diet tinggi protein dan rendah lemak bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi saat sahur. Teman bisa mengolah daging sapi yang telah dibuang lemaknya menjadi santapan sahur yang lezat.

Sup


Makanan yang mengandung banyak air juga bisa membuat kita merasakan kenyang lebih lama. Bila teman mengawali hari dengan mengkonsumsi sup, teman juga akan mengaktifkan sinyal otak yang akan memberi informasi ketika teman sudah cukup makan. Jadi, sebelum teman terdorong untuk mengonsumsi makanan yang lain, teman merasa sudah puas dengan nasi dan sup yang dinikmati sebelumnya. Pilih semangkuk sup yang terbuat dari kaldu, dengan sayuran yang kaya serat seperti seledri dan bayam,

Ikan


Ikan kaya akan protein sehingga cocok untuk lauk sahur. Sebaiknya ikan jangan digoreng karena akan menambah lemak. Teman bisa mengolah ikan dengan dipepes atau dibuat sup sebagai cara penyajian ikan yang lebih sehat.

Susu Kedelai


Jika teman tidak sempat bersantap sahur dengan makanan lengkap, teman bisa minum susu kedelai. Protein yang ada dalam susu kedelai cukup tinggi, sehingga bisa membuat teman merasa kenyang lebih lama.

Sari Kacang Hijau


Sari kacang hijau juga tinggi kandungan proteinnya. Selama bulan puasa, sediakan selalu sari kacang hijau siap minum di kulkas. Jika sewaktu-waktu teman bangun ternyata sudah menjelang imsak, teman bisa meneguk nikmatnya minuman sari kacang hijau dan temanpun akan kuat menahan lapar hingga azan magrib berkumandang.

Kacang Pinus


1 ons kacang pinus mengandung 95 kalori. Kacang pinus baik sekali untuk diet karena membuat teman cepat merasa kenyang. Kandungan asam lemak pada kacang pinus baik untuk jantung dan meningkatkan hormon yang membuat kita merasa kenyang. 

Pasta


Pasta adalah makanan olahan yang digunakan pada masakan Italia, dibuat dari campuran tepung terigu, air, telur, dan garam yang membentuk adonan yang bisa dibentuk menjadi berbagai variasi ukuran dan bentuk. Pasta dijadikan berbagai hidangan setelah dimasak dengan cara direbus. Di Indonesia, jenis pasta yang populer misalnya spageti, makaroni dan lasagna. Satu porsi sehat pasta gandum mungkin cukup untuk menghindari makan berlebihan seharian. Teman akan merasa kenyang lebih lama, bukan hanya karena pasta gandum memiliki jumlah tinggi serat, tetapi juga karena mengandung kadar protein tinggi, yang membantu dalam membentuk otot.

Dark Chocolate


Tahukah teman setiap 100 gram dark chocolate hanya mengandung 170 kalori. Penelitian yang dilakukan University of Copenhagen menyatakan, dengan mengkonsumsi dark chocolate bisa menahan rasa lapar. Karena dalam kandungan senyawa dark chocolate memperlambat proses pencernaan sehingga membuat kenyang lebih lama. Dengan sepotong kecil cokelat bisa menahan hasrat makan makanan manis, asin dan berlemak.

Oatmeal


Oatmeal bisa menjadi makanan praktis yang bisa dikonsumsi ketika teman terlambat bangun sahur. Daripada makan mie instant, lebih baik pilih oatmeal sebagai makanan sehat dan paraktis ketika sahur. Oatmeal memiliki kandungan serat lebih banyak sehingga akan membuat perut kenyang lebih lama. Cara mengonsumsi oatmeal yang terbaik yaitu dengan disiram susu cair. Perpaduan susu dan oatmeal akan mencukupi asupan protein yang cukup bagi tubuh, dan akan lebih baik lagi jika ditambah dengan buah. Perut akan terasa kenyang lebih awet sekaligus mencukupi kebutuhan nutrisi  saat puasa.

Telur


Mengonsumsi telur saat sahur bisa menunda lapar hingga tiba waktu berbuka. Telur merupakan makanan sehat dan praktis yang bisa teman pilih ketika makan sahur untuk memenuhi kebutuhan energi selama berpuasa. Telur bisa menjadi menu makanan untuk sahur yang bisa membuat kenyang lebih lama karena memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Selain itu, mengonsumsi telur juga cukup sehat dan memberi energi yang cukup agar tidak lemas ketika berpuasa.

Lada Merah


Rempah-rempah satu ini adalah salah satu makanan yang bisa menekan nafsu makan teman. Penelitian dari Universitas Purdue di West Lafayette, IN, menemukan bahwa orang yang menambahkan setengah sendok teh lada merah untuk makanannya, akan mengonsumsi 60 kalori lebih sedikit saat makan berikutnya. Untuk teman yang sedang diet, menambahkan setengah sendok teh cabai bubuk atau lada dalam makanan akan membantu menghilangkan 10 kalori pada tubuh.

Keju


Keju yang terbuat dari susu sapi atau kambing yang diberi pakan rumput mengandung conjugated linolenic acid (CLA), sejenis asam lemak yang mengatasi tekanan darah tinggi, kolesterol dan osteoporosis. Selalu cek produk yang berlabel “gras-fed” untuk memastikan teman membeli keju yang tepat.