Thursday, June 18, 2015

Negara Dengan Rentang Waktu Puasa Terpendek Hingga Terpanjang


"Negara Dengan Rentang Waktu Puasa Terpendek Hingga Terpanjang" - Teman anehtapinyata.net saat ini kita sedang berada dalam bulan Ramadhan, dan yang paling identik dengan bulan ini adalah berpuasa. Tapi tahukah teman masing-masing negara memiliki durasi berpuasa yang berbeda-beda. Ada yang terbilang pendek dan juga terbilang panjang durasi berpuasanya. Penasaran ingin tahu negara mana sajakah yang memiliki durasi berpuasa yang pendek hingga panjang? Untuk menambah pengetahuan teman berikut kami rangkum negara-negara tersebut.


Chile (9 Jam 12 Menit)


Teman anehtapinyata.net negara yang satu ini memiliki rentang waktu puasa yang terbilang pendek, yaitu hanya 9 jam 12 menit saja. Umat muslim di sini mengawali hari dengan berpuasa pada pukul 05.31 waktu setempat dan berbuka pada pukul 15.00 waktu setempat. Meskipun memiliki waktu yang terbilang singkat dalam berpuasa, namun dalam menjalankan puasa kaum muslim di Cile akan berpuasa di tengah cuaca yang dingin dan juga kering. 

Negara-Negara Di Antartika (9 jam 18 Menit)


Jika teman pernah berpikiran kalau berpuasa di tempat dingin itu sangat menyenangkan, sepertinya teman dapat mencobanya di Casey Station, salah satu kawasan terbesar di benua salju abadi Antartika. Di sini, imsak dimulai pukul 06.30 dan berbuka pada pukul 15.48 sore. Tapi ingat, teman harus memakai pakaian extra tebal karena suhu di sini sangat dingin, mungkin sebelas dua belas sama suhu freezer.

Argentina (9 Jam 37 Menit)


Tahukah teman negara asal Maradona pesepakbola terkenal  ini termasuk dalam salah satu daftar wilayah yang memiliki rentang waktu puasa yang singkat, yakni 9 jam 37 menit saja. Meskipun populasi muslim di negara Argentina ini terbilang sedikit, yakni hanya 1,9 persen saja. Namun Argentina merupakan salah satu negara yang toleransinya tinggi, ramah dan menghormati warga muslim yang ada di negaranya. Jarang sekali terdengar di pemberitaan terjadi intimidasi terhadap warga muslim  di Argentina yang dilakukan oleh warga non muslim disana. 

Australia Barat (11 Jam 59 Menit)


Di Australia, benua yang letaknya tidak begitu jauh dari Indonesia ini, umat muslimnya juga melaksanakan ibadah puasa. Salah satunya adalah di Perth dan kawasan Australia Barat lainnya, di sini imsak mulai pukul 05.42 dan waktu berbuka puasa pada 17.41 petang, jadi rentang waktu puasa di sini adalah 11 jam 59 menit.

Kepulauan Komoro (12 Jam 31 Menit)


Kepulauan Komoro ini menjadi salah satu negara di timur tengah yang memiliki waktu berpuasa paling pendek, yakni 12 jam 31 menit. Meski cuaca terhitung dingin dan kering namun kondisi tersebut tidak pernah sampai mengganggu ibadah puasa di sana. Di sini tradisi berpuasa tidak berbeda jauh dengan Indonesia. hal ini disebabkan mayoritas penduduk yang tinggal di kepulauan ini adalah muslim. Sebagai agama mayoritas pemerintah dan warga melangsungkan puasa pada waktu yang telah ditentukan pemerintah dan sering disediakan menu berbuka gratis dari pemerintah untuk para warganya yang berpuasa.

Indonesia (13 Jam 3 Menit)


Di Indonesia mayoritas agama terbesarnya adalah muslim, jadi wajar jika sebagaian besar masyarakatnya melaksanakan ibadah puasa. Karena Indonesia adalah negara kepulauan dan memiliki wilayah yang luas, maka tak hayal jika rentang waktu puasanya berbeda-beda. Tapi jika dirata-rata semuanya, kebanyakan orang Indonesia akan menemui imsak pada pukul 04.52 dan berbuka puasa pada 17.55 sore. Jadi total teman menahan lapar dan haus adalah sekitar 13 jam 3 menit.

Arab Saudi (14 Jam 30 Menit)


Jika teman pada saat bulan puasa berada di Arab Saudi. maka teman harus bersiap-siap untuk melakukan puasa lebih panjang dari yang biasa dilakukan di Indonesia. Karena Mekkah memulai imsak pada pukul 04.31 dan baru berbuka pada 19.01, jadi rentang puasanya adalah 14 jam 30 menit, lebih 1 jam 27 menit ketimbang Indonesia.

Jepang (15 jam 36 Menit)


Bagaimana jika teman tinggal di Tokyo, mungkin terdengar sangat menyenangkan karena dipenuhi berbagai Gadget dan alat transportasi super canggih. Tapi bagaimana tentang umat muslinya yang menjalankan ibadah puasa?  Muslim di Jepang memulai puasa saat imsak pukul 03.11 dan baru akan berbuka pukul 18.47 nanti. Jadi jika dihitung totalnya adalah 15 jam 36 menit.

Amerika Serikat (15 Jam 47 Menit)


Saat teman berpuasa di kota super megapolitan New York, Amerika Serikat, teman harus lebih lebih kuat menahan hawa nafsu termasuk lapar dan haus. Di Amerika Serikat saat bulan suci Ramadan maka puasa dimulai imsak saat pukul 04.25 dan baru akan berbuka pada pukul 20.12 malam. Jika dihitung menjadi 15 jam 47 menit.

Inggris (18 Jam 5 Menit)


Ingin bisa berpuasa Ramadan di negeri Harry Potter? Maka setidaknya teman harus kuat menahan lapar dan haus selama lebih dari 15 jam. Bayangkan saja, muslim di London mendengar tanda imsak pada pukul 02.45 dini hari dan baru boleh berbuka pada pukul 20.50 malam.

Rusia (19 Jam 57 Menit)


Rusia sepertinya menjadi negara yang cukup berat saat teman menjalani puasa Ramadan. Bayangkan saja, umat Muslim di Provideniya sudah harus menyelesaikan makan sahur pada pukul 01.46 dini hari dan baru boleh berbuka saat adzan magrib berkumandang di pukul 21.43 malam. Bisa membayangkan berpuasa selama 19 jam 57 menit? Kalau sudah niat puasa pastii bisa menjalaninya.

Negara-Negara Sekandinavia (21 Jam)


Dan yang terakhir teman anehtapinyata.net negara dengan rentang waktu puasa terlama adalah beberapa negara di Skandiavia sebut saja, Swedia, Finlandia dan juga Norwegia Tengah. Karena pada saat bulan Ramadhan tiba di sini sedang memasuki musim panas. Ketika musim panas tiba di negara-negara ini maka matahari terbit lebih lama dan siang haripun jauh lebih lama dibandingkan dengan malam hari. Itulah yang menyebabkan durasi berpuasa di negara ini terbilang sangat lama, yakni 21 jam atau 1 hari kurang 3 jam dan ini merupakan wilayah yang memiliki durasi berpuasa yang paling lama di dunia. Meskipun memiliki durasi puasa yang sangat lama, namun umat muslim di sana mampu bertahan. Namun ada juga sebagian umat muslim di sana yang mengikuti waktu berbuka puasa di Arab Saudi ataupun Turki. Memang para ulama juga memperbolehkan para umat muslim disana untuk mengikuti waktu berbuka puasa di kedua negara ini. Bagaimana teman ada yang ingin mencoba puasa seharian begitu?

Namun di balik itu semua hal terpenting yang harus kita lakukan adalah saling menjaga toleransi antar umat beragama, agar pada nantinya tercipta kerukunan yang menjadikan hidup lebih harmonis dan tentram. selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan, semoga bermanfaat.