Friday, June 26, 2015

Pekerjaan Yang Terancam Punah Seiring Perkembangan Zaman

"Pekerjaan Yang Terancam Punah Seiring Perkembangan Zaman" - Teman anehtapinyata.net seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern seperti sekarang ini, banyak orang merasa perkembangan teknologi sangat membantu dan menguntungkan dalam menunjang segala aktifitas yang dilakukan. Pemanfaatan fasilitas internet dari segala bidang dapat membantu kelancaran kegiatan hidup kebanyakan orang setiap hari. Semuanya dilakukan secara cepat, tinggal mengetik yang ingin dicari lalu klik maka informasi yang anda butuhkan langsung bisa teman akses. Tapi dibalik itu semua, perkembangan teknologi ini juga merugikan bagi sebagian orang. Beberapa profesi terancam hilang karena digantikan oleh mesin, berikut kami rangkum beberapa profesi yang terancam punah.


Reporter 

Dengan meningkatnya layanan blog dan media online, profesi reporter media cetak atau koran diprediksi akan terus menurun. Perangkat lunak pun kini sudah mulai dapat digunakan untuk menulis artikel. Sebagai contoh, The New York Times menggunakan teknologi situs web semantik untuk membuat pengumuman pernikahan. Alih-alih seorang reporter menulis berita pernikahan, para pembaca dapat memasukkan informasi sendiri melalui dunia maya, seperti informasi pengantin, pekerjaan, dan banyak lagi. Informasi tersebut nantinya akan diatur sedemikian rupa oleh sebuah perangkat lunak untuk dijadikan sebuah artikel pengumuman pernikahan.

Pustakawan


Dengan adanya teknologi pencarian yang sangat canggih seperti Google, Bing, Yahoo, Cha Cha, dan lain sebagainya sebagai sumber terpercaya untuk memenuhi rasa penasaran atau dengan kata lain dapat dikatakan sebagai pustakawan umum untuk semua. Saat ini, menjadikan kita tak perlu susah-susah lagi ke perpustakaan untuk mencari tahu sesuatu dan menahan diri tidak ribut saat berada di perpustakaan. Semuanya bisa dilakukan dari mana saja bahkan dari rumah, teman dapat berteriak bebas saat menemukan informasi yang dicari. Sebab itu profesi penjaga perpustakaan sepertinya harus dikembangkan. Walaupun media virtual dan sistem pencarian lewat internet, masih ada orang-orang yang suka membaca buku langsung dan menghargai bantuan pencarian langsung. Sebagai solusi, sebaiknya pustakawan baru harus melek teknologi digital, cerdas dalam pencarian; paham kata-kata kunci dan situs-situs yang berguna.

Juru Ketik Manual


Seiring dengan perkembangan teknologi pekerjaan ini mulai punah, tukang ketik manual dengan menggunakan mesin tik mulai ditinggalkan, kebanyakan sekarang memakai PC. Selain lebih mudah dalam penggunaannya, dengan memakai PC teman dapat lebih mudah mengecek kesalahan tanpa harus mencorat coret hasil ketikan seperti pada mesin tik manual.

Penjaga Toko Video


Biasanya orang dengan profesi ini bisa menemukan video yang teman cari dengan tepat bahkan saat sedang melakukan pekerjaan lain. Film asing dengan judul yang sulit pun bisa mereka temukan. Tapi dengan adanya film-film live streaming di website yang bisa ditonton dan diunggah kapan saja, menekan profesi penjaga toko video, termasuk toko videonya sendiri.

Wasit dan Hakim Garis


Dengan video replay (pemutar ulang) instan dalam dunia olahraga, profesi wasit dan hakim garis tampaknya jadi tak penting. Selain itu video ini lebih bisa dipercaya dan mengurangi kecurangan wasit dan hakim garis. Kendati demikian, sebaiknya profesi ini tetap ada. Kecepatan mata elang para pekerja ini bisa membuat permainan terus berlangsung tanpa terhenti siaran ulang di tengah permainan.

Operator Telepon


Seiring dengan perkembangan jaman peran operator telepon sekarang sudah mulai digantikan dengan mesin penjawab otomatis.

Kasir


Kasir merupakan salah satu contoh lain pekerjaan yang dapat digantikan dengan mesin. Beberapa toko besar di AS dan negara-negara Barat lainnya sudah menyediakan sebuah mesin khusus untuk layanan mandiri untuk para pembelinya. Nantinya, para pembeli bisa memindai dan melakukan pembayaran secara mandiri melalui mesin tersebut. Hingga saat ini, mesin mandiri tersebut diketahui sudah berjumlah 430.000 unit di seluruh dunia, meningkat hingga empat kali lipatnya dari tahun 2008 lalu.

Tukang Pos


Peran surat berbentuk fisik saat ini sudah tergantikan oleh e-mail atau surat elektronik. Selain lebih hemat, tidak menggunakan prangko, kertas, dan lain-lain, e-mail dapat terkirim hanya dalam hitungan detik saja dan dapat diakses dimanapun kita berada menggunakan smartphone ataupun PC.

Tukang Es Keliling


Beberapa tahun yang lalu temananehtapinyata.net  mungkin sangat sulit mendapatkan es secara instan. Orang-orang harus menunggu pengantar es, membelinya dan menyimpannya di kotak es. Seiring perkembangan zaman, kulkas pun mulai ditemukan dan terus dikembangkan. Orang-orang bisa membuat es di rumah sendiri.

Agen Perjalanan


Hal yang sering dilakukan sebelum bepergian atau liburan adalah menghubungi agen travel, menanyakan tentang lokasi, transportasi, hingga akomodasi untuk menyesuaikan budget yang dimiliki. Tapi sekarang, teman bisa dengan mudah mencari tujuan, memesan tiket, kamar dan pembayaran. Semuanya bisa dilakukan dengan sekali klik pada PC ataupun smartphone.

Pengantar Koran



Dulu banyak orang menunggu korannya di lempar dari luar pagar rumah oleh pengantar koran. Pengantar koran berkeliling dan melempar koran pagi ke rumah para pelanggan. Sayang sekali saat ini, orang tak perlu lagi menunggu koran. Tinggal klik kolom pencarian di komputer atau smartphone, semua informasi dan berita yang dibutuhkan lansung bisa di akses. Dengan perkembangan teknologi, seperti pekerjaan ini akan segera berakhir. Sebab saat ini berita di internet bisa menyediakan pengetahuan global yang lebih luas.

Teller Bank


Peran dari pekerjaan yang satu ini sudah mulai digantikan oleh mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Saat ini, nasabah bank dapat mengambil uang tunai, transfer dana, membayar tagihan, hingga membeli pulsa melalui mesin ATM. Melalui sebuah mesin khusus lainnya, nasabah pun dapat menyetor uang tunai ke rekeningnya. Menurut Mark Gilder, Director of Distribution Strategy Citibank, saat ini setidaknya 85 persen pekerjaan teller bank dapat dilakukan di ATM. Meskipun begitu, jenis pekerjaan ini masih belum digantikan oleh mesin sepenuhnya. Menurut Bureau of Labor Statistics (BLS) AS, tidak ada perubahan yang terlalu signifikan pada jumlah tenaga kerja ini hingga tahun 2022 mendatang.

Resepsionis


Tugas menerima panggilan telepon yang biasanya dimiliki oleh resepsionis saat ini sudah mulai dikerjakan oleh mesin penjawab atau sistem asisten virtual. Salah satu sistem yang mulai terkenal adalah virtual receptionist. Di negara dengan teknologi maju seperti Jepang, peran resepsionis bahkan sudah tergantikan robot sungguhan.


Baca Juga : Daftar Pekerjaan Terburuk Di Dunia

Sumber 1 Sumber 2