Wednesday, June 10, 2015

Tempat Dengan Keanehan Gravitasi Di Dunia


Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta. Gravitasi matahari mengakibatkan benda-benda langit berada pada orbit masing-masing dalam mengitari matahari. Fisika modern mendeskripsikan gravitasi menggunakan Teori Relativitas Umum dari Einstein, namun hukum gravitasi universal Newton yang lebih sederhana merupakan hampiran yang cukup akurat dalam kebanyakan kasus. Tapi tahukah teman dibeberapa tempat di dunia ini hukum gravitasi tidak berlaku, ada yang bisa dijelaskan secara ilmiah dan ada pula yang belum. Untuk menambah pengetahuan teman semua, berikut kami rangkum beberapa tempat yang memiliki keanehan gravitasi.


Jabal Magnet (Arab Saudi)




Teman anehtapinyata.net Jabal Magnet terletak sekitar 30 km di utara Madinah dan katanya memiliki gaya tarik bumi (yang salah disebut sebagai magnet, padahal gravitasi) jauh lebih besar dari sekitarnya. Fenomena yang mengesankan disini adalah efek keterbalikan gravitasi. Saat teman jalan menurun, rasanya sangat sulit. Pedal gas harus di tekan dalam-dalam. Sebaliknya, saat teman menanjak naik, kendaraan seolah bergerak begitu saja. Teman bahkan tidak perlu menekan pedal. Bila teman yang biasa di pegunungan, teman tentunya tahu kalau sebaliknya lah yang masuk akal. Naik sangat sulit karena melawan gravitasi, sementara turun sangat gampang, karena dibantu gravitasi. Bukan hanya dengan kendaraan, menuang air atau menggulirkan bola akan tampak naik mendaki, bukannya turun.

Jalan Misteri Gunung Kelud (Indonesia)



Selain di Arab Saudi ternyata di Indonesia juga ada tempat seperti Jabal Magnet, yaitu di daerah Gunung Kelud. Di sini kendaraan bisa berjalan tanpa mesin yang dihidupkan, fenomena ini terjadi disekitar 4 km setelah melewati gerbang utama kawasan wisata gunung kelud. Inilah salah satu keunikan dari Gunung Kelud, adanya Jalan misteri. Untuk mengetahui tempat ini cukup gampang dikenali karena di pinggir jalan telah terpampang spanduk  Mysterious Road, ini adalah sebuah tempat yang memiliki keunikan karena gravitasinya. Jika teman ingin membuktikannya, pastikan bahwa keadaan cukup sepi dan aman dari kendaraan lainnya, kemudian matikan kendaraan teman dengan porseneling netral (nol). Kemudian rasakan kendaraan yang akan bergerak sendiri tanpa bantuan mesin walaupun keadaan jalan menanjak.

Cosmos Mystery Area (South Dakota)



Di tempat ini, teman tidak saja bisa melihat ilusi optik tinggi badan seseorang yang sekilas nampak berubah, tetapi juga pohon-pohon yang tumbuh miring ke arah tertentu dan air sungai yang mengalir ke atas. Sebuah bola yang dilemparkan ke atas tiba-tiba akan melenceng jatuhnya, atau seseorang bisa duduk di sebuah kursi yang hanya memiliki dua kaki dan lain-lain. Tempat ini ditemukan pada tahun 1952 oleh dua orang mahasiswa yang sedang mencari tempat kemping. Ketika berada di tempat tersebut mereka tiba-tiba merasakan pusing dan badan tiba-tiba terasa ringan. Karena penasaran, akhirnya mereka mencoba meneliti tempat tersebut dan mendirikan sebuah kabin di atasnya. Tempat itu hingga sekarang dikenal sebagai Cosmos Mystery Area.

Mystery Spot, Santa Cruz (California)



Tempat yang terletak di dalam sebuah hutan dan disebut sebagai Mystery Spot ini mempunyai keanehan akan gaya gravitasi. Tempat ini ditemukan pada tahun 1939 oleh beberapa penjelajah dan dibuka untuk umum mulai tahun 1940. Apabila teman berkunjung ke area yang berbentuk lingkaran seluas 45 meter ini, Teman akan dibuat terkejut sekaligus bingung karena di tempat itu tubuh terasa jauh lebih ringan hingga teman bisa berjalan miring di tembok! Apabila teman menggelindingkan sebuah bola, maka bola itu bukannya menggelinding turun tetapi malah akan naik. Demikian juga dengan pepohonan di area itu, mereka tumbuhnya miring. Beberapa orang menganggap bahwa tempat ini hanyalah sebuah tempat yang didesain untuk menghasilkan ilusi optik, tetapi beberapa orang lain yakin bahwa tempat itu mempunyai aura magis.

Spook Hil (Florida)



Spook Hill adalah sebuah wilayah berbukit di Lake Wales, Florida, dimana bila teman mematikan mesin kendaraan di bawah bukit maka kendaraan itu akan pelan-pelan meluncur naik ke atas bukit! Sebagian orang menganggap bukit ini mempunyai kandungan besi magnet yang tinggi hingga bisa menarik mobil, tetapi meskipun hanya dengan berjalan kaki, orang bisa merasakan bahwa ‘sesuatu’ menarik mereka ke atas hingga membutuhkan energi yang lebih untuk menuruni bukit daripada menaikinya. Legenda setempat menceritakan bahwa bukit ini dihantui oleh kepala suku Indian yang mati di tempat tersebut. Fenomena aneh di Spooky Hill ini pertama kali ditemukan oleh seorang warga kulit hitam yang akan memancing di danau di sekitar tempat itu. Ketika warga itu memarkir kendaraannya di bawah bukit tiba-tiba mobilnya mundur ke atas bukit!

St. Ignace Mystery Spot (Michigan)



Tempat ini ditemukan pertama kali pada tahun 1950 ketika para peneliti mendapati peralatannya tiba-tiba berhenti berfungsi. Setelah beberapa kali meneliti tempat tersebut, ternyata fenomena ini hanya terjadi pada area seluas kurang lebih 91 meter yang kemudian disebut sebagai St. Ignace Mystery Spot. Hingga bertahun-tahun kemudian tempat ini menjadi daya tarik wisatawan yang ingin merasakan pengalaman aneh dimana gravitasi bumi sepertinya tidak berfungsi. Selain itu di tempat ini orang yang bertubuh tinggi akan nampak lebih pendek daripada di luar area serta apabila terlalu lama berada di sana orang akan merasakan pusing. Sekarang di tempat ini juga dibangun sebuah padang golf mini dimana seorang Tiger Wood sekalipun akan kesulitan memasukkan bola ke dalam hole karena bola akan selalu bergulir melenceng.

House of Mystery (Oregon Vortex)



Di tempat yang juga berbentuk lingkaran ini, selain gaya gravitasi bumi nampaknya tidak berjalan sebagaimana mestinya, juga terdapat fenomena lain. Yaitu entah kenapa tidak ada hewan yang mau mendekati area tersebut. Bila teman membawa kuda atau binatang lain ke dalam area itu, maka bisa dipastikan mereka semua akan merasa panik dan kabur. Karena fenomena ini, pada masa lalu suku Indian menyebut tempat ini sebagai “Tempat Terlarang”. Area ini cukup banyak menarik rasa ingin tahu dari penduduk Amerika, bahkan beberapa film dokumenter telah dibuat khusus untuk menyelidiki fenomena di tempat tersebut selain juga dijadikan obyek dalam film “Supernatural” dan “The X-Files”. Sama seperti mystery spot yang lain, Oregon Vortex juga diyakini didesain khusus agar menyebabkan ilusi optik. Masalahnya adalah, tempat ini sudah ada sejak tahun 1914 dan di masa itu rasanya pengetahuan tentang ilusi optik belumlah secanggih sekarang. Juga pertanyaan tentang mengapa hewan-hewan tidak mau mendekati area tersebut? Belum ada penjelasan ilmiah untuk pertanyaan ini.