Sunday, July 26, 2015

Gempa Bumi Berkekuatan Dahsyat Yang Pernah Terjadi Di Dunia


"Gempa Bumi Berkekuatan Dahsyat Yang Pernah Terjadi Di Dunia" - Teman anehtapinyata.net gempa bumi adalah peristiwa bergetarnya bumi akibat pelepasan energi di dalam bumi secara tiba-tiba yang ditandai dengan patahnya lapisan batuan pada kerak bumi. Baru-baru ini Indonesia kembali diguncang gempa dengan kekuatan 5,7 SR yang terjadi di Tasikmalaya, Ciamis, Cilacap, Kebumen, Gunung Kidul, Bantul, Prambanan Klaten, Solo, dan sejumlah tempat lainnya di Jawa tengah. Selain gempa bumi berkekuatan 5,7 SR tersebut, ternyata di dunia juga pernah terjadi gempa bumi dengan kekuatan yang sangat dahsyat mencapai 9,5 SR. Untuk menambah wawasan teman semua berikut informasinya. Semoga bermanfaat.  


Gempa Bumi Berkekuatan 8,8 SR Di Lepas Pantai Ekuador (1962)


Pada tanggal 31 Januari 1906 lepas pantai Ekuador dan Kolombia diguncang gempa bumi yang sangat dahsyat dengan kekuatan mencapai 8,8 SR. Besarnya kekuatan gempa tersebut menimbulkan tsunami besar yang merenggut sekitar 1.500 korban jiwa. Tsunami ini bahkan mencapai San Fransisco dan Jepang.

Gempa Bumi Berkekuatan 9,0 SR Di Semenanjung Kamchatka, Rusia (1952)


Dalam sejarah umat manusia tercatat bahwa gempa bumi dengan kekuatan 9,0 SR atau lebih pertama kalinya terjadi pada tahun 1952. Gempa bumi dengan kekuatan dahsyat ini terjadi di semenanjung Kamchatka, Rusia. Karena kekuatannya yang besar gempa ini menimbulkan terjadinya tsunami setinggi 13 meter, dan tsunami ini juga mencapai Cresent City, California hingga Kepulauan Hawaii. Meskipun dilaporkan tidak ada korban jiwa dari bencana tersebut, tetapi kerusakan yang ditimbulkan membuat kerugian materi yang besar.

Gempa Berkekuatan 9,0 SR Di Pantai Timur Pulau Honshu, Jepang (2011)


Salah satu gempa bumi terbesar yang pernah mengguncang Jepang terjadi pada 11 Maret 2011. Gempa bumi dengan kekuatan 9,0 SR ini mengguncang Jepang selama 6 menit. Gempa bumi yang menimbulkan tsunami tersebut menelan 29 ribu korban jiwa, merusak Fukushima sampai menyebabkan reaktor nuklirnya meledak. Ada lebih dari 50 titik yang mengalami kerusakan parah akibat gempa tersebut.

Gempa Bumi Berkekuatan 9,1 SR Di Aceh, Indonesia (2004)


Salah satu gempa bumi dahsyat yang pernah terjadi di Indonesia adalah gempa Aceh. Gempa bumi dengan kekuatan mencapai 9,1 SR terjadi pada 26 Desember 2004 dan menelan sekitar 227 ribu korban jiwa, 1,7 juta orang yang harus mengungsi. Tidak hanya itu, gempa ini juga menimbulkan 14 titik tsunami yang menyerang negara-negara di kawasan Asia Selatan sampai ke Afrika Timur. Tidak terhitung kerugian materi yang ditimbulkan dari gempa ini, tidak hanya merusak berbagai fasilitas, tapi juga meluluhlantahkan banyak lokasi. Gempa ini hingga sekarang masih menyisakan kesedihan dan trauma bagi masyarakat di Aceh.

Gempa Bumi Berkekuatan 9,2 SR Di Prince William Sound, Alaska (1964)


Salah satu daerah di Alaska, Prince William pada tahun 1964 pernah diguncang gempa bumi yang besar berkekuatan 9,2 SR. Gempa bumi yang berlangsung selama 3 menit tersebut menelan 128 korban jiwa dankerusakan yang sangat besar. Banyak tanah longsor, kekacauan jalur komunikasi, pipa gas yang pecah, listrik yang padam, dan lain sebagainya. Tsunami yang ditimbulkan gempa tersebut juga mencapai Hawaii dan menimbulkan kerusakan yang cukup parah.

Gempa Bumi Berkekuatan 9,5 SR Di Valdivia, Chili (1960)


Gempa bumi dengan kekuatan terbesar di dunia yang pernah di catat terjadi Valdivia, Chili pada tahun 1960. Gempa ini mengguncang Chili dengan kekuatan yang sangat dahsyat, mencapai 9,5 SR. Dilaporkan gempa bumi ini menelan menewaskan hingga 1.665 orang, ribuan orang terluka, dan jutaan orang kehilangan tempat tinggal mereka. Tsunami yang ditimbulkan dari gempa bumi ini menelan 61 korban jiwa di Hawaii, dan 32 orang di Filipina.