Wednesday, July 22, 2015

Makanan Ini Mempunyai Bau Menjijikan Yang Membuat Mual

"Makanan Ini Mempunyai Bau Menjijikan Yang Membuat Mual" - Teman anehtapinyata.net masing-masing negara mempunyai makanan khas yang unik dan terkadang aneh. Kita mungkin hanya mengenal yang enak dan lezat saja, tapi tahukah teman ada makanan yang mempunyai bau busuk dan jika menciumnya saja bagi yang tidak terbiasa akan menjadi pingsan. Tapi anehnya di negara tempat makanan ini berasal merupakan salah satu makanan kegemaran masyarakat setempat. Langsung aja kita simak makanan apa saja tersebut.


Kiviak (Greenland)


Kiviak merupakan makanan tradisional di Greenland, terutama suku Inuit yang mempunyai bau yang cukup mengerikan. Makanan ini merupakan fermentasi burung auk di dalam kulit anjing laut. Sekitar 500 burung auk dimasukkan ke dalam kulit anjing laut lalu dijahit dan dilumuri lemak. Udara di dalamnya dikeluarkan dengan meletakkan batu di atasnya hingga tidak ada udara sama sekali. Setelah semua proses tersebut makanan ini kemudian disimpan selama 7 bulan untuk menghasilkan proses fermentasi yang baik. Makanan ini biasanya dinikmati saat ada pesta ulang tahun maupun pesta perkawinan. Bagaimana teman ingin mencoba makanan yang disimpan selama berbulan-bulan tersebut?

Lutefisk (Norwegia)


Lutefisk adalah makanan yang berasal dari Norwegia. Biasanya makanan ini terbuat dari daging ikan whitefish, cod, dan ling. Ikan dibelah dan dibuat kering terlebih dahulu dengan dijemur. Setelah kering ikan akan direndam dalam air selama enam hari dengan setiap sore diganti air baru. Setelah itu ikan dicuci dengan air dingin dan Iye (sodium hidroksida), setelah itu ikan direndam lagi selama dua hari hingga akhirnya memiliki tekstur kenyal seperti gelatin. Dan tentu saja makanan ini memiliki bau yang tidak sedap, jika belum terbiasa menciumnya bisa membuat mual. Makanan ini dijual bebas di supermarket di Norwegia, dan anehnya menjadi makanan kesukaan di sana, bahkan di restoran besar Lutefisk menjadi salah satu hidangan yang mahal. 

Natto (Jepang)


Natto merupakan makanan tradisional yang berasal dari negeri sakura Jepang. Makanan ini biasa disajikan untuk sarapan. Makanan ini merupakan hasil fermentasi dari kedelai, kedelai direndam dalam air dan selanjutnya dikukus hingga matang. Setelah dingin, kedelai langsung ditaburi bakteri Bacillus Subtilis hingga akhirnya terfermentasi sempurna. Tekstur dari makanan ini lengket dan berlendir. Selain memiliki rasa yang cukup aneh, bau dari makanan ini sangat menyengat dan menjijikan. Tapi Natto sendiri mempunyai manfaat yang banyak untuk kesehatan, seperti untuk menjaga jantung tetap sehat, peredaran darah lancar, dan mencegah obesitas. Mungkin karena manfaatnya tersebut orang Jepang gemar mengkonsumsi Natto. Makanan ini biasa disajikan dengan nasi yang panas yang diatasnya dituang kocokan telur mentah.

Century Egg (China)


Tepat seperti namanya Century Egg atau telur abadi adalah sajian telur yang berasal dari China. Proses pembuatannya mirip dengan telur asin kalau di Indonesia, telor ayam atau bebek yang masih mentah akan dibalut dengan tanah liat. Adonan ini dicampur dengan garam, abu, kapur tohor, dan bagian luar diberi sekam dari penggilangan padi. Setelah beberapa bulan, telur sudah siap untuk dinikmati. Secara fisik setelah proses tersebut kuning telurnya akan berwarna hijau kehitam-hitaman dan putihnya telah berlendir. Bau yang ditimbulkannya pun pasti sangat mengerikan yang akan mengganggu pernafasan teman semua. Dan dipikir secara logika tidak akan ada yang mau mencicipi telur ini, tapi faktanya di China makanan ini dianggap sebagai salah satu sajian yang sangat lezat.

Hongeo (Korea Selatan)


Hongeo merupakan makanan khas Korea Selatan yang mempunyai bau sangat menyengat. Makanan ini terbuat dari daging ikan pari yang dibuat fillet dan difermentasi selama beberapa hari hingga menghasilkan rasa super kuat dan aroma yang sangat kuat. Baunya sebelas dua belas dengan bau WC umum yang jorok, dengan menciumnya saja sudah membuat kita pusing, bayangkan jika teman memakannya? Tapi meski baunya sangat memabukan hidangan ini sangat dinikmati di Korea Selatan, bahkan ada anggapan bahwa semakin bau Hongeo maka makanan ini terasa semakin nikmat. Berani mencoba teman?

Surströmming (Swedia)


Surströmming merupakan makanan yang berasal dari Swedia. Makanan ini dibuat dari ikan herring baltik. Ikan ini difermentasi dan ditaruh di dalam kaleng selama kurang lebih enam bulan. Proses fermentasi menggunakan enzim asam laktik yang ada di tulang belakang ikan itu sendiri, dibantu bakteri. Hidrogen sulfida juga dihasilkan dalam proses ini. Karena proses tersebut bau dari makanan ini menjadi sangat kuat, sehingga sangat sedikit orang yang berani memakannya. Salah satu peneliti di Jepang pernah menyebutkan bau saat kaleng Surströmming dibuka merupakan bau terbusuk dari seluruh makanan yang pernah ada. Rasa dari makanan ini sendiri sangat asin dan sedikit asam. Bagaimana teman berani makan makanan dengan bau terbusuk ini?

Hakarl (Islandia)


Hakarl merupakan makanan khas yang berasal dari Islandia. Makanan ini terbuat dari ikan hiu yang difermentasi. Sulitnya mencari ikan hiu dan dagingnya juga beracun membuat orang Islandia mengawetkan ikan ini dengan cara difermentasi, ikan ini digantung dalam sebuah ruangan untuk menghilangkan kandungan racun yang ada dalam daging selama berbulan-bulan. Karena prosesnya yang lama tersebut maka wajar bau dari ikan ini akan membuat orang yang menciumnya mual dan muntah. Bagaimana tertarik teman?