Tuesday, July 7, 2015

Penyakit Aneh Dan Mengerikan Yang Jarang Diketahui

"Penyakit Aneh Dan Mengerikan Yang Jarang Diketahui" - Teman anehtapinyata.net pasti ingin selalu dalam keadaan sehat dan terhindar dari penyakit. Di dunia ini terdapat banyak jenis penyakit, dari sekian banyak jenisnya itu banyak yang terdengar aneh, menakutkan dan mengerikan. Karena jarang ditemui pasti ada yang belum teman dengar atau ketahui. Untuk menambah pengetahuan dan wawasan teman semua berikut kami rangkum beberapa penyakit langka aneh dan mengerikan.


Penyakit Sindrom Cotard


Sindrom Cotard atau sindrom mayat berjalan membuat penderitanya merasa telah mati. Hal ini disebabkan karena penderita mengalami kelainan neuropsikiatrik yang jarang sekali ditemui. Penderita menganggap dirinya sedang berada di akhirat dan telah mati, tidak memiliki otak, dan menganggap kuburan tempat yang pantas untuk dirinya. Penderita merasa dirinya seperti mayat dan membusuk padahal tidak terjadi apa-apa terhadap tubuhnya. Penyakit ini dikaitkan dengan penyakit skizofrenia dan gangguan pada bipolar. Selain dari faktor mentalnya, penyakit ini dapat terjangkit ketika ada masalah atau cedera di otak. 

Penyakit Sindrom Progeria


Sindrom Progeria merupakan penyakit penuaan dini yang terjadi pada anak-anak, sehingga membuatnya tampak lebih tua dari usia normalnya. Penyakit ini disebabkan karena kesalahan kode genetik (terjadi mutasi), tepatnya kelainan protein (Lamin A) di sekitar inti sel atau menurut para ahli lainnya kesalahan terdapat di kromosom nomor 1, pada seseorang yang mengakibatkan penuaan dini sebelum waktunya. Progeria termasuk penyakit langka, jadi sangat jarang dapat kita temui di masyarakat. Penyakit ini biasanya mulai terlihat sejak beberapa bulan setelah seorang anak dilahirkan. Gejala dari penyakit ini antara lain rambut rontok, berat badan menurun drastis, dan sendi-sendi yang terasa kaku.

Penyakit Trimethylaminuria


Penyakit ini merupakan penyakit yang langka dan jarang ditemui. Trimethylaminuria juga sering disebut sindrom bau ikan. Disebut demikian karena penderita penyakit ini bau keringat, urin sampai nafasnyapun sangat menyengat seperti bau ikan. Penyakit ini disebabkan oleh gen yang bernama FMO3. Disamping itu penyakit ini juga dapat berasal dari kelebihan protein tertentu saat diet, atau peningkatan jumlah bakteri pada saluran pencernaan. Karena penyakit ini bisa dipengaruhi oleh gen, maka tak mengejutkan jika penyakit ini juga bisa diturunkan dari orang tua ke anak.

Penyakit Zoonesis


Zoonosis merupakan penyakit yang disebabkan infeksi karena penularan dari hewan vertebrata kepada manusia ataupun sebaliknya. Zoonosis mendapat perhatian secara global dalam beberapa tahun terakhir baik mengenai epidemiologi, mekanisme transmisi penyakit dari hewan ke manusia, diagnosa, pencegahan dan kontrol. Umumnya penyakit kulit ini diinfeksi oleh serangga yang disebut sandfly. Serangga ini memiliki tubuh seperti nyamuk yang akan menggigit manusia dan meninggalkan bekas yang cukup menjijikkan

Penyakit Hypertrichosis


Hypertrichosis atau sering disebut dengan sindrom manusia serigala merupakan rambut yang tumbuh secara berlebihan di sekujur tubuh ataupun hanya pada bagian tertentu. Penyakit ini dikarenakan terjadi kesalahan genetik pada manusia yang disebabkan oleh mutasi genetik pada saat lahir ataupun faktor eksternal seperti efek samping obat-obatan, hubungan dengan kanker, bahkan gangguan makan, yang bisa membuat rambut tumbuh di tempat-tempat yang tidak seharusnya, bahkan tumbuh berlebihan sehingga menutupi seluruh permukaan tubuh dan membuat penderitanya terlihat seperti manusia serigala. 

Penyakit Sindrom Tangan Alien


Sindrom tangan alien atau Alien Hand Syndrom (AHS) merupakan penyakit yang sangat langka dan jarang ditemui. Penyakit ini tidak mempunyai ciri-ciri secara khusus, tetapi bila ada sesorang yang menderita penyakit ini maka tangan mereka akan melakukan sesuatu diluar kendali, tanpa ada perintah. Berdasarkan peneliatan penyakit ini disebabkan karena stroke pada otak kanan sehingga penderita tidak dapat mengendalikan tangannya sendiri. Penelitian lain juga menyebutkan sistem saraf bebas tidak terkendali dan menjadi aktif sehingga terjadi gerakan-gerakan diluar kendali. Selain karena kelainan saraf, penderita penyakit ini juga kemungkinan disebabkan karena kelainan psikologinya.

Penyakit Porphyria


Penyakit Porphyria atau sering disebut penyakit vampir ini disebabkan kelainan pada proses biosintesis heme, bagian dari hemoglobin, komponen sel darah merah yang berfungsi mengikat oksigen dan mengalirkannya ke seluruh tubuh. Pada penderita porphyria, terjadi peningkatan ekskresi porphyrin, enzim yang berperan dalam sintesis heme. Penumpukan porphyrin dalam jaringan tubuh menyebabkan urin berwarna merah keunguan, kulit sangat sensitif terhadap sinar matahari, dan dalam beberapa kasus penderitanya mengalami anemia parah. Penyakit ini menyerang saraf kulit manusia yang menyebabkan kulit penderitanya sangat sensitif dan mudah melepuh jika terkena sinar ultraviolet. Karena hal tersebut penyakit ini sering diidentikan dengan vampir.

Penyakit Epidermodysplasia Verruciformis


Penyakit gangguan kulit Epidermodysplasia Verruciformis ini lebih dikenal dengan sebutan manusia akar. Penyakit ini membuat penderitanya ditumbuhi kutil raksasa di sekujur tubuh, terutama tangan dan kaki, sehingga menyebabkan penampilan seperti akar pohon. Biasanya gangguan ini dihubungkan dengan infeksi HPV tipe 5 dan 8, yang sebenarnya ditemukan di 80 persen populasi normal tanpa memperlihatkan gangguan.