Friday, August 7, 2015

Arsitektur Modern Yang Ajaib Dan Unik Di Dunia

"Arsitektur Modern Yang Ajaib Dan Unik Di Dunia" - Teman anehtapinyata.net seiring berjalannya waktu konsep arsitektur dari bangunanpun makin berkembang. Kemajuan-kemajuan tersebut terlihat dari beberapa bangunan yang sudah berdiri, dan tentu saja dengan konsep yang menakjubkan dan unik. Untuk menambah wawasan teman semua berikut kami rangkum beberapa bangunan arsitektur modern yang menakjubkan dan unik di dunia


Bangunan Dengan Kemiringan 18° (Capital Gate , Abu Dhabi)


Teman tahu tentang bangunan Menara Pisa di Italia? Bangunan tersebut terkenal karena kemiringannya. Tapi tahukah teman ada bangunan yang lebih miring dari Menara Pisa? Bangunan itu adalah Capital Gate salah satu gedung pencakar langit yang terletak di Abu Dhabi. Bangunan yang didesain ramping ini mempunyai ketinggian 520 kaki dengan 35 lantai dan memiliki kemiringan 18° ke arah barat. Bangunan ini dibuat oleh Abu Dhabi National Exhibitions Company pada September 2007 dan selesai pada tahun 2011. Karena keunikan bangunan ini yang memiliki kemiringan yang fantastis, Capital Gate mendapat penghargaan dari Guinness World Records pada tahun 2010 saat eksteriornya selesai.

Bangunan Perpaduan Modernitas dan Tradisional (Akshardham Temple, India)


Biasanya kita sering jumpai tempat ibadah bentuk bangunannya bergaya arsitektur tradisional, tapi lain dengan Akshardham Temple yang terletak di New Delhi, India. Tempat ibadah ini menampilkan perpaduan modernitas teknis dengan gaya arsitektur tradisional. Bangunan ini disebut juga sebagai Delhi Akshardham atau Swaminarayan Akshardham, kompleks ini menyimpan berbagai arsitektur, spiritual, budaya India dan Hindu tradisional. Berdiri di tanah seluas lebih dari 8.000 meter persegi di tepi sungai Yamuna, teman akan melihat kuil batu pasir dengan marmer yang semuanya dibangun tanpa menggunakan baja sedikitpun. Bangunan ini menjadi salah satu tujuan wisata di India. Dibuka pada tahun 2005, ini adalah monumen kedua yang terinspirasi dan dikembangkan oleh Pramukh Swami Maharaj, pemimpin spiritual dari Bochasanwasi Shri Akshar Purushottam Swaminarayan Sansth. Pembuatan bangunan Akshardham ini dibantu 3.000 relawan dan 7.000.

Bangunan Dengan Twist 90˚ Tanpa Pilar Tunggal (The Infinity Tower, Dubai)


Seperti tidak mau kalah dengan Abu Dhabi yang memiliki Capital Gate, Dubai juga memiliki bangunan yang tidak kalah uniknya. The Infinity Tower adalah gedung tertinggi di dunia dengan twist 90˚. Uniknya gedung pencakar langit yang berbentuk spiral menakjubkan 90 derajat dari dasar ke mahkota dan memiliki ketinggian 305 meter (1.000 kaki) di atas tanah. Dan hebatnya bangunan ini adalah tidak adanya struktur pilar tunggal dalam pembuatannya.

Bangunan Berbentuk Bola Raksasa (Nagoya Science Museum and Planetarium, Aichi, Japan)


The Museum Sains Nagoya terletak di Sakae, Nagoya, di pusat kota Nagoya di Jepang tengah. Bangunan ini dirancang dengan bentuk seperti bola raksasa yang ditempatkan di antara gedung berbentuk persegi panjang yang merupakan planetarium terbesar di dunia. Bangunan ini dilengkapi dengan proyeksi kubah berukuran 35 meter. Di dalamnya teman dapat melihat langit berbintang yang sangat realistis yang ditampilkan di layar planetarium. Dalam bangunan itu sendiri juga terdapat pameran dengan peralatan yang fotovoltaik pembangkit listrik yang digunakan untuk menyalakan bangunan, dinding hijau, dan cara untuk melihat kontraksi tahan gempa serta struktur lift nya. 

Struktur Kapal Raksasa Di Atas 3 Gedung (Marina Bay Sands, Singapore)


Marina Bay Sands merupakan pusat hiburan yang berada di Singapura, tempat ini sangat populer karena mengarah langsung ke teluk Marina. Marina Bay Sands Hotel dan Casino menyerupai struktur kapal raksasa yang berada di atas tiga menara. Di sini terdapat kolam renang tanpa batas yang menghadap seluruh Distrik Tengah, bar restoran /coklat, dan Ku De Ta Club. Bangunan yang diarsiteki oleh Moshe Safdie ini menghabiskan biaya sebanyak $8 miliar.


Baca Juga: Eksperimen Sains Yang Mengejutkan Dunia