Monday, August 10, 2015

Kisah Tragedi Cinta Yang Dikenang Sepanjang Masa

"Kisah Tragedi Cinta Yang Dikenang Sepanjang Masa" - Teman anehtapinyata.net kisah percintaan selalu menjadi hal yang menarik untuk dibahas, selain dengan diakhiri dengan kisah happy ending ternyata banyak juga kisah percintaan yang justru berakhir tragis. Berikut kami rangkum beberapa cerita fiksi ataupun nyata tentang kisah cinta yang melegenda sepanjang masa. Semoga bermanfaat.


Kisah Romeo dan Juliet


Siapa yang tidak tahu tentang kisah Romeo dan Juliet? Dua nama ini merupakan perwujudan dari kisah percintaan yang yang paling terkenal sepanjang masa. Romeo dan Juliet sendiri merupakan kisah tragedi karya William Shakespeare pada awal karirnya. Kisah ini sendiri berlatar di Verona, Italia, dan menceritakan tentang kisah asmara dua remaja yang keluarganya saling bermusuhan. Keluarga Juliet yang mengetahui hal tersebut tidak tinggal diam dan melakukan siasat licik untuk memisahkan keduanya. Mereka pura-pura direstui untuk menikah, malam sebelum pernikahan Juliet diberi ramuan yang mengakibatkan dirinya seperti meninggal. Romeo yang tiba-tiba melihat Juliet tak sadarkan diri langsung patah semangat dan meminum racun hingga meninggal. Ketika Juliet sadar dan mendapati calon suaminya meninggal, dia merasa sudah tidak punya alasan untuk hidup lagi lalu mengambil belati milik Romeo dan menusukannya ke dirinya sendiri hingga meninggal. Sungguh kisah cinta yang berakhir tragis.

Kisah Sampek dan Engtay


Kisah ini merupakan kisah percintaan yang paling terkenal di negeri China. Sama seperti kisah Romeo dan Juliet, percintaan Sampek dan Engtaypun berakhir tragis. Pada jaman dahulu di China seorang wanita tidak diperbolehkan untuk sekolah, hal tersebut membuat Engtay menyamar menjadi laki-laki agar dapat menimba ilmu. Di sekolah dia bertemu dengan Sampek, dan setiap waktunya mereka tambah akrab sampai memutuskan untuk menjadi saudara angkat. Setelah beberapa tahun mengikuti pendidikan Engtay disuruh pulang oleh ayahnya, sebelum pulang Engtay berkata jujur kepada gurunya tentang jati dirinya. Kepada Sampek, Engtay berusaha memberi isyarat bahwa dirinya perempuan, karena tidak berhasil akhirnya dia mengatakan kepada Sampek akan menjodohkannya dengan adik perempuannya, untuk itu dia harus pergi ke rumah Engtay untuk melamar. 

Selang beberapa waktu setelah kepergian Engtay, Sampek pun merasa kangen dan berniat mengunjungi Engtay, pada saat akan pergi barulah dia diberi tahu oleh gurunya bahwa Engtay adalah perempuan, mendengar hal tersebut Sampek sangat gembira dan baru mengerti tentang apa yang dikatakan Engtay sebelum dia pulang. Dia lalu bergegas menuju rumah Engtay, sesampainya di sana, keluarga Engtay tidak menerimanya dan mengatakan akan menjodohkan Engtay dengan pria lain. Mendengar hal tersebut Sampek sakit hati dan akhirnya meninggal. Engtay yang sedang bersedih cepat-cepat dinikahkan oleh ayahnya, pada saat melewati kuburan Sampek, rombongan pengantin ini dihadang hujan badai yang sangat garang. Di sanalah Engtay berhasil kabur dan pergi ke kuburan Sampek, dia meminta agar kuburan itu terbuka, anehnya kuburan tersebutpun terbuka dan Engtay melompat ke dalamnya untuk bersatu dengan orang yang dicintainya. 

Kisah Jayaprana dan Layon Sari


Pulau Bali selain terkenal dengan pariwisatanya juga menyimpan kisah percintaan yang tragis. Kisah asmara Jayaprana dan Layon Sari sangat terkenal di pulau Dewata. Menceritakan tentang kisah pasangan suami istri pada suatu zaman kerajaan di Bali. Layon Sari memiliki paras yang sangat cantik. Melihat hal tersebut sang Rajapun terpikat dan berusaha untuk menyingkirkan suaminya Jayaprana agar nantinya dapat memperistri Layon Sari. Pada suatu waktu Jayaprana diperintahkan oleh raja pergi untuk berperang. Namun setibanya di daerah tujuan patih sang raha yang pada awalnya bersama dia untuk berperang malah menusuknya dengan keris hingga meninggal. Layon Sari mendengar berita meninggal suaminya pun sangat bersedih, kesedihannya bertambah karena sang raja datang untuk memperistrinya. Karena cintanya yang teramat besar kepada Jayaprana, Layon Saripun memilih untuk mengakhiri hidupnya menyusul sang suami daripada menikah lagi dengan sang raja. Sampai sekarang ini kisah asmara Jayaprana dan Layon Sari sangat terkenal di Bali, makam yang diduga sebagai peristirahatan terakhir Jayapranapun banyak dikunjungi sebagai salah salah satu obyek wisata di Bali

Kisah Cinta Cleopatra dan Mark Antony


Kisah cinta ini merupakan salah satu kisah percintaan yang paling tragis sepanjang masa. Pada zaman dahulu Romawi dan Mesir saling bermusuhan dalam memperluas wilayahnya. Mark Antony yang merupakan prajurit tangguh Romawi jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Sang Ratu Mesir Cleopatra. Kisah cinta mereka merupakan ujian cinta sejati dimana berasal dari dua kelompok yang saling bermusuhan. Percintaan mereka sangat membuat marah orang-orang Romawi, karena dikawatirkan pada nantinya Mark Antony akan ikut membela mesir yang membuat negara tersebut menjadi semakin kuat. Di tengah pro kontra tersebut kedua pasangan ini nekat melangsungkan pernikahan. Lalu diberitakanlah kabar angin tentang kematian Cleopatra. Mendengar kabar kekasihnya telah meninggal, Mark Antony menjadi patah hati dan sedih yang berkepanjangan. Akhirnya diapun memutuskan untuk menusuk tubuhnya sendiri dengan pedangnya hingga tewas. Cleopatra yang mendengar berita tersebut juga tidak bisa menahan kesedihannya, dan mengakhiri hidupnya dengan membiarkan dirinya digigit ular beracun. Sungguh mengharukan teman.

Kisah Layla dan Majnun


Di negeri Arab juga ada kisah cinta yang sangat menyayat hati, yaitu kisah Layla dan Majnun. Layla merupakan anak dari keluarga kaya dan berpengaruh. Sedangkan Qays merupakan seorang pemuda dari keluarga sederhana. Mereka bertemu di sekolah dan akhirnya menjalin kasih. Qayspun pergi ke keluarga Layla untuk melamar, tapi lamaran Qays ditolak oleh keluarga Layla, disamping tidak sederajat, Qays berasal dari suku yang bermusuhan dengan suku keluarga Layla. Mendapati hal tersebut Qays menjadi patah hati, dan pergi ke gurun pasir seperti orang gila. Dia hidup bersama hewan-hewan liar yang berada di sana, karena hal tersebutlah Qays dijuluki sebagai Majnun (Orang gila).