Friday, August 14, 2015

Misteri Gunung Angker Di Indonesia Yang Bikin Merinding

"Misteri Gunung Angker Di Indonesia Yang Bikin Merinding" - Teman anehtapinyata.net Tuhan menciptakan dunia beserta berbagai keindahan alamnya. Salah satunya adalah gunung, dengan keindahan dan eksotisme yang bervariasi, banyak orang rela mendaki hingga menuju puncak menikmati keindahan alam dari ketinggian. Dibalik itu gunung juga menyimpan banyak kisah misteri yang diceritakan oleh masyarakat sekitarnya. Gunung-gunung apa saja yang memiliki kisah angker di Indonesia? Berikut beberapa rangkumannya. 


Gunung Salak (Jawa Barat)


Gunung yang berada di provinsi Jawa Barat ini memang cukup angker. Dalam dunia penerbangan tercatat sudah 7 pesawat yang mengalami kecelakaan di gunung ini. Yang terakhir terjadi pada 2012 lalu, pesawat secanggih Sukhoi Superjet 100 pun merasakan ke angkeran gunung ini. Gunung yang menjadi favorit bagi para pendaki ini mempunyai dua puncak. Puncak tertingginya mempunyai ketinggi 2.211 mdpl.



Banyak pendaki yang mengalami kejadian aneh saat pendakian di gunung ini, seperti mendengar suara gambelan hingga melihat penampakan makhluk halus. Yang menambah kesan mistis adalah pada puncak tertinggi dari gunung salak, di sini terdapat makam Mbah Gunung Salak. Di makam itu ditulis peringatan dengan menggunakan bahasa Jawa kasar agar pendaki bersikap sopan dan perempuan dilarang mendekati. Selain di jalur pendakian, tempat lain yang dianggap angker adalah di Kawah Ratu dan Curug Seribu yang juga banyak menelan korban. Tak sedikit wisatawan tewas karena keracunan belerang di Kawah Ratu atau tenggelam saat berenang di kolam Curug Seribu.

Gunung Halimun (Jawa Barat)


Gunung yang sudah tidak aktif ini terletak di sebelah timur dari Gunung Salak, perbatasan antara Kabupaten Bogor, Sukabumi, dan Lebak. Gunung Halimun memiliki ketinggian 1.925 mdpl dan dikelilingi oleh Taman Nasional Halimun Salak.


Konon katanya, disekitar wilayah ini terdapat benteng-bentek milik Prabu Siliwangi yang tidak kasat mata dan dijaga oleh ratusan harimau Sang Prabu. Misteri Gunung Halimun ini tidak lepas dari sejarah kehancuran Kerajaan Siliwangi yang diserang Kesultanan Banten. Karena mengalami kekalahan sisa-sisa pasukan kerajaan Siliwangi melarikan diri, laskar perang bubat melarikan diri ke Gunung Salak dan punggawa Siliwangi melarikan diri ke Gunung Halimun. Di sini ada sebuah cerita yang mengatakan apapun yang lewat di atas satu titik tanah yang sakral di Gunung Halimun akan jatuh dan mati.

Gunung Lawu (Perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur)


Gunung yang terletak di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur ini memiliki ketinggian 3.265 mdpl dan merupakan gunung api "istirahat" dan telah lama tidak aktif. Pada lerengnya sendiri terdapat kepundan kecil yang masih mengeluarkan uap air dan belerang. Gunung Lawu memiliki tiga puncak, yakni Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan Hargo Dumilah yang merupakan puncak tertingginya. Di lereng gunung ini terdapat sejumlah tempat yang terkenal sebagai objek wisata seperti di daerah Tawangmangu, Cemorosewu, dan Sarangan. Turun ke bawah, pada sisi baratnya terdapat dua komplek percandian dari masa akhir Majapahit, yakni Candi Sukuh dan Candi Cetho. Di kaki gunung ini juga terletak komplek pemakaman kerabat Praja Mangkunagaran, yaitu Astana Girilayu dan Astana Mangadeg. Komplek Astana Giribangun yang merupakan makam dari keluarga Presiden Soeharto juga terletak di areal ini.


Pada ketiga puncak utama di Gunung Lawu menyimpan banyak misteri, di puncak Hargo Dalem diyakini sebagai tempat pemusnahan diri Raja Majapahit Prabu Brawijaya Pamungkas. Sementara, Harga Dumilah merupakan lokasi penuh misteri yang menjadi tempat olah batin dan bersemedi. Gunung Lawu sendiri dikatakan sebagai pusat kegiatan spritual di tanah Jawa yang berkaitan erat dengan budaya keraton Yogyakarta. Jika ingin mendaki gunung ini para pendaki diwajibkan untuk memahami dan mematuhi larangan agar tidak mengalami musibah saat pendakian.

Gunung Merapi (DI. Yogyakarta)


Gunung yang berada tengah pulau Jawa ini merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif di Indonesia. Gunung Merapi memiliki ketinggian 2.930 mdpl dan berada di Kabupaten Sleman, dipercaya gunung ini merupakan istananya para makhluk halus. Tempat yang paling angker dari Gunung ini adalah pada kawah Merapi, tempat ini diyakini sebagai pusat istana dari kerajaan makhluk halus.


Selain itu tempat yang dianggap tidak kalah angkernya dengan kawah Merapi adalah Pasar Bubrah, tempat di bawah puncak Merapi yang terdiri dari batuan dan pasir. Oleh masyarakat sekitar, tempat ini dipercaya sebagai pasar besar dari pada makhluk tak kasat mata yang berada di gunung tersebut. Batu-batu yang berada di sana dianggap merupakan warung dan meja kursi dari makhluk astral tersebut.

Gunung Semeru (Jawa Timur)


Gunung Semeru mempunyai ketinggian 3.676 mdpl dan terletak di Provinsi Jawa Timur ini merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa. Gunung ini menjadi favorit para pendaki karena keindahan alamnya. Tapi disamping itu, Gunung Semeru juga menyimpan banyak kisah misteri yang membuat bulu kuduk merinding. Untuk naik ke Semeru jalur yang banyak ditempuh adalah melalui kota Malang. dari Malang menuju Ranu Pane dan selanjutnya menuju ke Ranu Kumbolo. dilokasi ini terdapat danau sehingga para pendaki sering menghabiskan malam untuk istirahat dan menikmati keindahan danau dari atas ketinggian. Perjalanan dilanjutkan dari Ranu Kumbolo, para pendaki akan dipertemukan dengan daerah yang ditumbuhi hutan lebat. Dan dari sinilah kisah mistis mulai terjadi, banyak pendaki yang tersesat di daerah ini, tak terkecuali bagi pendaki berpengalaman yang sudah sering mendaki Semeru. Pendaki yang tersesat akan mengalami seperti orang bingung dan berputar-putar di tempat yang sama.


Setelah melewati hutan, para pendaki akan menemui dataran lapang yang dinamakan arcapada atau arca kembar, tempat ini juga menyimpan kisah mistis. Dalam legenda Semeru diceritakan bahwa di tempat tersebut terdapat dua buah arca yang berdiri kembar. Pembuatnya adalah prajurit dari jaman kerajaan Majapahit. Anehnya keberadaan arca tersebut tidak dapat dilihat oleh sembarang orang. Beberapa orang yang pernah melihatnya mengatakan arca tersebut sebesar anak kecil dan ada juga yang mengatakan ukuran arca tersebut sangat besar dan dapat dilihat dari kejauhan.

Gunung Rinjani (Nusa Tenggara Barat)


Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung api tertinggi di Indonesia. Gunung yang memiliki ketinggian 3.726 mdpl ini terletak di Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Rinjani menjadi favorit para pendaki karena memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Seperti gunung-gunung di Indonesia lainnya, Rinjani juga menyimpan segudang misteri.


Salah satunya adalah tentang keberadaan Ratu Jin yang bernama Dewi Anjani. Masyarakat di sekitar meyakini bahwa Dewi Anjani yang berparas cantik dan masih keturunan Raja Selaparang ini terlahir dari perkawinan manusia Sasak dengan Jin. Masyarakat di sekitar Rinjani sering mengadakan suatu upacara ritual di Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak, dengan melepaskan ikan­-ikan kecil yang terbuat dari emas tipis ke Danau Segara Anak.Untuk. Hal tersebut dilakukan untuk menghormati keberadaan Dewi Anjani dan agar lingkungan sekitar Rinjani selalu aman tenteram,