Wednesday, September 30, 2015

Fakta Unik Selain Temuan Aliran Air Di Planet Mars


"Fakta Unik Selain Temuan Aliran Air Di Planet Mars" - Teman anehtapinyata.net planet Mars merupakan planet urutan ke empat dari Matahari dalam tata surya kita. Nama planet ini sendiri diambil dari nama dewa perang dalam mitologi Yunani, Dewa Mars. Planet yang berwarna kemerahan ini memiliki siklus musim yang identik dengan planet Bumi kita.


Berita terbaru datang dari para peneliti NASA, para peneliti mengemukakan bahwa telah ditemukan benda cair yang menuruni gunung di planet Mars. Benda cair yang diduga air tersebut menuruni lembah dan dinding kawah selama musim panas. Penemuan air di planet Mars tersebut tentunya memunculkan kemungkinan adanya kehidupan di planet merah ini. Planet Mars ini memang menyimpan sejuta misteri, dan selain penemuan air tersebut beberapa fakta unik lain juga telah berhasil terungkap dari sekian banyak penjelajahan antarikasa yang pernah dilakukan terhadap planet ini. Fakta unik apa saja itu? Berikut Informasinya.


Gravitasi Mars Lebih Rendah Dari Bumi



Teman anehtapinyata.net planet Mars memiliki gravitasi lebih rendah dari Bumi. Tepatnya, gravitasi Mars adalah 62% lebih rendah dibandingkan dengan planet kita. Pada dasarnya, gravitasi ditentukan oleh dua faktor penting : massa dan energi. Semakin tinggi massa dan energi dalam sebuah planet, semakin kuatlah gravitasinya. Bumi adalah 1,8794 kali lebih besar dari Mars, sehingga memiliki lebih banyak massa dan energi daripada Mars.

Meteorit Mars Tersebar Di Bumi



Selama bertahun-tahun meteorit yang berasal dari planet Mars jatuh ke permukaan Bumi, dan jumlahnya pun cukup banyak sekitar 100 buah. Hal tersebut dibuktikan oleh NASA, dijelaskan Atmosfer Mars berisi dua isotop argon : argon 36 dan argon 38. Selain Mars, dua isotop argon ini juga ditemukan di tempat lain di tata surya. Teman anehtapinyata.net rasio argon yang ditemukan di atmosfer Mars adalah hampir identik dengan rasio argon yang ditemukan dalam meteorit yang ditemukan di Bumi, dan hal itu membuktikan bahwa mereka memang berasal dari Mars.

Mars Memiliki Musim Yang Identik Dengan Bumi



Di Bumi kita mengenal adanya empat musim, yaitu: musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Teman anehtapinyata.net ternyata di Mars juga terdapat empat musim tersebut. Yang membedakannya adalah rentang panjang dari musim di Mars tidak sama. Selain empat musim tersebut di planet merah ini juga terdapat dua musim tambahan yang disebut perihelion dan aphelion. Perihelion adalah musim di mana Mars paling dekat dengan Matahari, sementara aphelion adalah bila dalam posisi terjauh.

Mars Memiliki Dua Karakteristik Wajah


Teman anehtapinyata.net karakteristik unik dari planet Mars adalah seperti dua planet digabungkan menjadi satu. Planet ini memiliki dua wajah yang berbeda satu sama lainnya yaitu belahan utara dan selatan. Belahan utara Mars adalah halus dan rata sementara belahan selatan sangat kasar, yang terdiri dari banyak pegunungan dan kawah.

Mars Memiliki Gunung Tertinggi Di Tata Surya



Teman anehtapinyata.net jika di Bumi gunung tertingginya merupakan Mount Everest. Di Mars juga terdapat gunung yang tidak kalah tingginya, bahkan 3 kali lebih tinggi dari Mount Everest. Gununng yang diberi nama Olympus Mons ini merupakan gunung tertinggi dan gunung berapi terbesar di tata surya.

Mars Memiliki Dua Bulan



Bumi memiliki satu setelit alam yang mengelilingi bumi. Satelit ini sering kita sebut dengan Bulan. Di planet Mars juga terdapat satelit alam yang mengelilingi Mars, bedanya Bumi memiliki satu sedangkan Mars memiliki dua satelit. Satelit Mars dinamakan Phobos dan Deimos. Satu fakta menarik tentang bulan Mars ini adalah bahwa mereka mengorbit Mars tiga kali sehari, pada jarak hanya 9.378 kilometer, sedangkan bulan di Bumi mengitari pada jarak 384.000 kilometer.


Baca Juga: Pendapat Ilmiah Tentang Suara Misterius Dari Langit


Sumber 1 Sumber 2 Sumber 3