Thursday, September 10, 2015

Kereta Api Dengan Kecepatan Fantastis Di Dunia

"Kereta Api Dengan Kecepatan Fantastis Di Dunia" - Teman anehtapinyata.net kereta api merupakan salah satu alat transportasi darat yang banyak digunakan orang-orang untuk berpergian. Kereta api sendiri sangat penting keberadaannya di kota-kota besar, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan di jalan raya. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kereta api juga terkena imbasnya. Sekarang ini banyak kereta api di dunia yang mempunyai kecepatan sangat fantastis, bahkan ada yang sampai mencapai kecepatan 603 km/jam. Kereta api apa sajakah itu? Berikut informasinya.


AVE Talgo 350 (330 Km/Jam)


Teman anehtapinyata.net kereta api ini memiliki kecepatan yang sangat tinggi yang dikembangkan oleh Patentes Talgo (Tren Articulado Ligero Goicoechea Oriol), sebuah perusahaan Spanyol. Sedangkan untuk proses produksinya dipercayakan kepada konsorsium Patentes Talgo dan Bombardier Transportation. Kereta api yang memiliki kecepatan maksimum 205 mil/jam atau sekitar 330 km/jam ini sering disebut Pato, yang dalam bahasa Spanyol berarti bebek. Hal tersebut karena bagian depan kereta api ini menyerupai seperti paruh bebek. Kereta AVE Talgo­ 350 mulai dikembangkan dari tahun 1997 dan mulai diluncurkan pada tahun 2005. Sekarang Kereta cepat ini beroperasi melayani perjalanan Madrid-Barcelona serta Madrid­-Valladolid.

THSR 700 T (335 Km/Jam)


THSR 700 T merupakan kereta cepat asal Taiwan dengan kecepatan maksimal mencapai 335 Km/Jam. Teman anehtapinyata.net THSR sendiri mempunyai kepanjangan Taiwan High Speed ​​Rail. Kereta api cepat ini sendiri melaju di rel sepanjang 339 km sepanjang pantai barat Taiwan, dan menghubungkan Taipei-Kaohsiung (kota dibarat daya Taiwan) . Dengan pengerjaan yang mencapai US$ 18 miliar dan dikelola oleh pihak swasta. Pada saat pembangunan, proyek ini merupakan salah satu proyek terbesar pembangunan rel kereta api yang dibiayai oleh pihak swasta. THSR 700 T ini sendiri mulai beroperasi pada 5 Januari 2007. Meskipun awalnya penumpang yang menggunakan jasa kereta cepat ini sedikit, tapi lambat laun jumlahnya kian bertambah.

KTX II (351 Km/Jam)


Teman anehtapinyata.net negeri ginseng Korea Selatan juga mempunyai kereta yang tidak kalah cepatnya, kereta yang dinamakan KTX II ini mempunyai kecepatan mencapai 351 Km/Jam. KTX II sendiri merupakan perkembangan dan kelanjutan dari KTX I. Dalam perkembangannya Korean Train eXpress pada 2 Maret 2010 berganti nama menjadi KTX-Sancheon. Kereta api dengan kapasitas 363 penumpang ini melayani jalur antar kota di Korea Selatan.

TGV Reseau (380 Km/Jam)


TGV Reseau merupakan kereta api tercepat yang ada di Prancis. Kereta super ini mempunyai kecepatan mencapai 380 km/jam. Teman anehtapinyata.net TGV Reseau ini mempunyai kapasitas bisa menampung 377 orang dalam sekali perjalanan. Kereta cepat yang mulai beroperasi pada tahun 1992 ini melayani rute perjalanan dari Perancis ke negara-negara lainnya di benua Eropa..

Shinkansen (443 Km/Jam)


Teman anehtapinyata.net berbicara tentang teknologi tanpa menyebutkan negeri Sakura mungkin akan terdengar kurang. Di negara Jepang juga terdapat kereta yang tidak kalah cepatnya dengan kereta di negara lainnya. Shinkansen kereta cepat asal Jepang ini mempunyai kecepatan maksimal mencapai 443 km/jam, dan merupakan sarana transportasi paling utama digunakan di Jepang selain pesawat terbang. Di Jepang Shinkansen sering disebut kereta peluru atau Duck­Billed Platypus (Platipus berparuh bebek).  Kereta cepat yang dibuat dalam rangka menyambut olimpiade Tokyo ini pertama kali beroperasi pada 1 Oktober 1964 untuk melayani jalur antar kota di negara Jepang.

TR 09 (450 Km/Jam)


TR­ 09 atau lebih sering disebut Transrapid ini merupakan kereta cepat Jerman yang menggunakan teknologi dengan levitasi magnetik. TR 09 sendiri memiliki kecepatan maksimal mencapai 450 km/jam. Kereta super cepat Jerman yang melayani rute antar kota di Jerman ini mulai beroperasi pada tahun 2004. Tapi untuk proses perencanaan pembuatan kereta super cepat ini sendiri dimulai jauh sebelumnya, yakni pada tahun 1969 dengan perencanaan fasilitas uji sistemnya, dan selesai pada tahun 1987, kemudian pada tahun 1991 kesiapan teknis aplikasinya disetujui untuk selanjutnya mulai dibangun.

CRH380A (487 Km/Jam)



Teman anehtapinyata.net CRH380A merupakan kereta api cepat asal Cina yang diproduksi oleh China South Locomotive & Rolling Stock Corporation Limited (CSR). CRH380A mempunyai kecepatan maksimum mencapai 487 km/jam, fantastis bukan teman. Dengan daya tampung mencapai 494 penumpang, kereta cepat ini melayani rute perjalanan Shanghai ke Nanjing dan Shanghai ke Hangzhou.

Maglev (603 Km/Jam)



Negara Jepang seakan tidak ada habisnya jika membicarakan tentang teknologi, selain kereta cepat Shinkansen, di negeri sakura ini juga terdapat kereta cepat lainnya, yaitu Maglev (MAGnetically LEVitated trains). Kereta cepat yang menggunakan teknologi dengan levitasi magnetik ini April lalu telah membuat publik tercengang, pasalnya pada saat uji coba dekat gunung Fuji, Maglev mampu melesat dengan kecepatan 603 km/jam, dan tentu saja hal tersebut menjadikannya sebagai kereta tercepat di dunia.  Teman anehtapinyata.net kereta cepat milik Central Japan Railway (JR Central) ini rencananya baru akan melayani transportasi publik pada tahun 2027 nanti dan akan menghubungkan Tokyo-Nagoya yang berjarak 280 km. Kita tunggu saja perkembangannya teman.

Demikian lah beberapa rangkuman tentang kereta dengan kecepatan fantastis di dunia, semoga saja Indonesia bisa mengadopsi salah satu dari kereta tersebut dan membuat kemacetan di negara ini berkurang. Semoga bermanfaat teman.