Friday, September 18, 2015

Pakaian Dan Aksesoris Tertua Yang Pernah Ditemukan

"Pakaian Dan Aksesoris Tertua Yang Pernah Ditemukan" - Teman anehtapinyata.net ternyata tidak hanya manusia modern yang menggunakan pakaian dan aksesoris untuk memperindah penampilan, manusia pada jaman dahulu pun sudah menggunakan barang-barang tersebut. Sejauh yang telah ditemukan manusia, barang-barang tersebut ada yang berusia mencapai 130.000 tahun. Berikut informasi lebih lanjutnya, semoga bermanfaat.


Bra Dan Celana Dalam Tertua (600 Tahun)


Teman anehtapinyata.net para ahli dari Universitas Innsbruck pada tahun 2008 lalu telah menemukan bra dan celana dalam dari abad pertengahan. Penemuan tersebut didapat saat pembongkaran kastil tua di Austria. Bentuk dari kedua benda ini menyerupai bra dan celana dalam wanita seperti sekarang ini. Meskipun sudah berusia 600 tahun tapi fisik keseluruhan dari bra dan celana dalam ini tidaklah hancur, hanya ada sedikit sobekan-sobekan kecil.

Sweater Tertua (1.700 Tahun)


Pada tahun 2013 di wilayah Gletser Norwegia ditemukan sebuah benda yang diyakini merupakan sweater tertua yang pernah ditemukan. Sweater yang berwarna coklat kehijauan ini terbuat dari bulu domba yang ditenun dan diperkirakan digunakan oleh pria dengan tinggi 5-9 kaki. Teman anehtapinyata.net sweater dengan disain modis pada jamannya ini tampaknya dirawat dengan baik oleh pemiliknya. Diperkirakan sweater tertua ini telah berumur sekitar 1.700 tahun.

Tas Tertua (2.500 Tahun)


Teman anehtapinyata.net pada tahun 2012, para arkeolog yang melakukan penggalian di kuburan dekat Leipzig, Jerman, menemukan benda yang diduga sebagai tas tertua yang pernah ditemukan. Tas yang terbuat dari kulit tersebut sudah kelihatan hancur, yang kelihatan cuma ratusan gigi anjing sebagai aksesorisnya. Aksesoris gigi anjing tersebut kemungkinan pada jaman tersebut merupakan sebuah tren. Lokasi kuburan tersebut sendiri merupakan situs yang kaya artefak dari permukiman zaman batu dan zaman perunggu. Dekat penemuan tersebut juga ditemukan kuburan wanita yang berisi sekitar satu pound perhiasan emas.

Celana Tertua (3.000 tahun)


Pada tahun 2014 para arkeolog menemukan sebuah celana yang diduga berusia sekitar 3.000 tahun. Celana tertua di dunia tersebut ditemukan di makam Yanghai, Cina. Memiliki disain geometris yang rumit dan terbuat dari 3 potong kain yang terpisah, 2 pada kakinya dan 1 pada selangkangannya. Di duga celana ini merupakan milik dari suku-suku berkuda yang mendiami wilayah tersebut 4.000 tahun lalu. Hal tersebut didasarkan karena pada daerah ditemukannya celana itu juga ditemukan peralatan berkuda. Kondisi padang pasir yang mengelilingi makam Yanghai turut membantu peninggalan kuno itu masih terlihat baik.

Baju Tertua (5.000 tahun)


Pakaian yang ditemukan di sebuah kuburan Mesir kuno, sekitar 30 mil dari Kairo ini diberi nama gaun Tarkhan. Gaun yang digambarkan sebagai pakaian tertua di dunia ini berasal dari periode Dinasti Pertama atau Kerajaan Lama. Gaun ini sendiri terbuat dari linen dan dilengkapi dengan lengan erat lipit dan kuk dijahit ke rok. Teman anehtapinyata.net awalnya gaun ini ditemukan pada tahun 1913, tetapi penemuan tersebut dikira biasa saja. Lebih dari 60 tahun gaun itu hanya didiamkan, tidak dibersihkan dan diteliti lebih lanjut. Namun pada tahun 1977 baru diketahui bahwa pakaian tersebut merupakan gaun yang sudah berusia sangat tua, sekitar 5.000 tahun.  Menurut penelitian, pakaian tersebut dipakai sehari-hari oleh orang jaman dulu, hal tersebut didasarkan karena tingkat kekusutan gaun tersebut berbeda pada siku dan ketiaknya.

Alas Kaki Tertua (9.300 Tahun)


Pada tahun 1938 di Fort Rock Basin, Oregon ditemukan sepasang alas kaki tua. Alas kaki tersebut diklaim sebagai alas kaki tertua di dunia yang pernah ditemukan manusia. Pembuatan alas kaki ini menggunakan pintalan kulit semak-semak sebagai benangnya, dengan tapak kaki yang datar lengkap dengan pembungkus kaki. Teman anehtapinyata.net para peneliti meyakini sepasang alas kaki ini sudah berusia sekitar 9.300 tahun.

Perhiasan Tertua (130.000 tahun)


Teman anehtapinyata.net baru-baru ini di Kroasia, tepatnya di situs purbakala Neanderthal telah ditemukan benda menyerupai perhiasan. Penemuan tersebut diduga merupakan perhiasan tertua di dunia yang pernah ditemukan manusia. Perhiasan tersebut terbuat dari cakar burung elang berekor putih, dan setidaknya dibuat dari 3 ekor burung. Perhiasan tersebut memiliki beberapa tanda bekas dipotong, takik untuk dirangkai, dan pelitur. Para ahli sangat meyakini bahwa benda ini merupakan perhiasan yang telah dipakai sebagai bagian dari kalung atau gelang. Penemuan tersebut kembali menegaskan bahwa Neanderthal bukanlah manusia gua yang terbelakang, tetapi sudah menjadi bagian masyarakat cerdas yang kompleks mencakup agama dan seni. Usia dari perhiasan ini sendiri diperkirakan sekitar 130.000 tahun. Penelitian terbaru dari manusia Neanderthal, kerabat terdekat dari manusia modern adalah jika meninggal mereka akan dikubur bersamaan dengan bulu-bulu dan perhiasan.