Sunday, November 22, 2015

Fakta Unik Kelompok Hacker Anonymous

"Fakta Unik Kelompok Hacker Anonymous" - Teman anehtapinyata.net setelah terjadi aksi terorisme di Paris, Perancis yang disebabkan bom bunuh diri kelompok ISIS, nama Anonymous cukup menjadi sorotan. Anonymous sendiri merupakan kelompok hacker yang mengenakan topeng Guy Fawkes atau yang biasa dikenal V for Vendetta. Kelompok ini sangat menentang tindakan terorisme dan segera menyatakan perang terhadap ISIS lewat aksi dunia mayanya. Penasaran dengan kelompok hacker ini? Berikut kami rangkum beberapa artikel tentang Anonymous, semoga bermanfaat teman.


Anonymous Lahir Tahun 2003


Teman anehtapinyata.net kelompok hacker Anonymous konon konon sudah ada sejak tahun 2003. Kelompok ini berawal dari forum internet bernama 4chan. Anonymous penya beragam misi, yang salah satunya adalah menentang adanya sensor dalam dunia internet dan juga pengawasan dunia internet oleh pemerintah. Dalam melayangkan protesnya tersebut Anonymous sering kali menyerbu website pemerintah. Anonymous juga anti terhadap paham scientology, korupsi, dan homophobia. Padahal pada awalnya, kelompok komunitas online ini dibuat untuk tujuan senang-senang. Anonymous sendiri sebenarnya bukan merupakan sebuah organisasi, tapi lebih cenderung kepada sekumpulan orang yang memiliki minat yang sama. Maka dari itu banyak yang mengatakan semua orang bisa menjadi Anonymous.

Asal Kata Anonymous


Teman anehtapinyata.net mungkin banyak teman yang penasaran dari mana nama Anonymous itu berasal?  Nama Anonymous sendiri terinspirasi oleh anonimitas user yang biasa memposting sesuatu di internet. Kebanyakan pengguna internet dalam menjelajah dunia maya lebih memilih tidak menyebutkan identitas aslinya. Konsep Anonymous semakin mantap pada tahun 2004. Ketika itu, administrator di forum 4chan mengaktivasi protokol Forced-Anon yang membuat semua postingan bernama Anonymous. Anonymous pun merepresentasikan sebuah kelompok individu yang tidak bernama. Seperti halnya kelompok-kelompok yang ada di dunia, Anonymous pun memiliki sebuah slogan, salah satunya yang terkenal adalah "We are Anonymous. We are Legion. We do not forgive. We do not forget. Expect us".

Anonymous Sering Menyerang Website Penting


Teman anehtapinyata.net pada tahun 2012 Anonymous majalah Time pernah memasukan nama kelompok ini sebagai kelompok yang paling berpengaruh di dunia. Hal itu dimungkinkan karena Anonymous kerap menyerang website-website penting yang menandakan keprotesan dan ketidaksetujuan mereka terhadap sesuatu. Salah satu contohnya, pada tahun 2008, mereka melancarkan serangan online besar-besaran pada kelompok agama Scientology karena dianggap mengandung pornografi anak.  Contoh lainnya adalah Pada tahun 2009 setelah Pirate Bay terbukti bersalah atas kasus hak cipta, Anonymous melancarkan serangan melawan organisasi International Federation of the Phonographic Industry (IFPI). IFPI sendiri merupakan salah satu organisasi yang sangat menentang keberadaan Pirate Bay. Pada tahun 2012, Anonymous berhasil melumpuhkan situs Departemen Kehakiman AS, FBI, dan Motion Picture Association of America (MPAA). Hal tersebut dikarenakan pihak-pihak tersebut dianggap yang bertanggung jawab atas ditutupnya website Megaupload. Selain itu, mereka juga pernah menyerang situs penting dari negara Israel sebagai aksi protesnya terhadap serangan Israel ke Palestina.

Anonymous Seperti Robin Hoodnya Dunia Maya


Teman anehtapinyata.net tahu tentang sosok Robin Hood, pahlawan yang mencuri dari orang kaya yang serakah atau jahat untuk dibagikan kepada orang miskin. Ternyata kelompok Anonymous pun agak mirip dengan sosok Robin Hood. Yang membedakannya Robin Hood menjalankan aksinya dengan panah, sedangkan Anonymous melakukannya dengan internet. Anonymous pernah melakukan pembobolan terhadap rekening dari orang yang dicurigai tidak benar, semisal koruptor atau orang jahat lainnya. Dan hasilnya didonasikan kepada beberapa organisasi amal, jumlahnya juga terbilang fantastis, mencapai setengah juta dollars AS. Tapi walaupun demikian, Anonymous tetap dianggap melanggar hukum, karena mencuri memang tidak dibenarkan oleh pemerintah.

Anonymous Sangat Membenci Terorisme


Teman anehtapinyata.net meski kerap kali dianggap sebagai penjahat, ternyata Anonymous sangat membenci terorisme. Hal ini dibuktikan dengan kerap kali mereka melakukan operasi untuk mencegah dan melawan terorisme yang terjadi di seluruh dunia. Seperti salah satunya saat terjadi aksi terorisme di Paris, mereka segera melakukan operasi #OpISIS dan #OpParis. Operasi Paris Anonymous melawan ISIS dilakukan setelah kelompok teroris tersebut mengaku bertanggung jawab atas aksi yang menelan ratusan korban jiwa itu.

Anonymous Tidak Memiliki Pemimpin


Teman anehtapinyata.net tidak seperti kelompok atau grup lainnya di dunia yang memiliki seorang pemimpinn untuk mengorganisir kelompoknya, Anonymous sendiri tidak memilikinya. Semua adalah individu yang bekerja bersama-sama dalam sebuah operasi. Jadi, tidak jelas dari mana saja anggota kelompok ini berasal. Karena ketidak jelasan itu polisi pun sulit menangkap, paling yang ditangkap cuma yang dicurigai saja, itupun tanpa bukti yang jelas. Namun tanpa keberadaan seorang pemimpin, organisasi ini masih tetap bisa berjalan, bahkan lebih kuat dari tahun ke tahunnya.