Monday, November 30, 2015

Mainan Legendaris Populer Anak Generasi Tahun 90an

"Mainan Legendaris Populer Anak Generasi Tahun 90an" - Teman anehtapinyata.net yang lahir tahun 90an atau yang lebih dikenal dengan generasi 90an lebih cenderung melakukan permainan outdor. Bermain secara beramai-ramai di luar rumah tanpa dihalangi oleh gadget. Beberapa permainan pada era 90an cenderung terinspirasi dari film kartun Jepang. Kita tahu sendiri pada masa itu, setiap minggu anak-anak Indonesia selalu dimanjakan dengan film-film animasi kartun, dari pagi sampai siang. Jadi menemukan anak generasi 90an bangun siang menjadi sesuatu yang agak mustahil. Untuk kembali memunculkan kenangan teman semua yang berasal dari generasi 90an tentang masa kecilnya, berikut kami rangkum beberapa permainan legendaris pada masa itu. Semoga terhibur.


Berlomba Menjadi Yang Tercepat (Tamiya)


Teman anehtapinyata.net bagi anak-anak cowok generasi tahun 90an wajib hukumnya memiliki mainan mini 4 WD atau yang lebih kita kenal dengan nama Tamiya. Tamiya sendiri pertama kali dibuat pada tahun 1982 dan mulai terkenal karena film kartun Jepang yang menceritakan balapan miniatur mobil ini. Teman semua yang generasi 90an pasti tahu kan kalo dulu setiap minggu stasiun televisi selalu memanjakan anak-anak dengan beraneka ragam film kartun. Pada masa itu nama Tamiya pun cukup populer di kalangan anak-anak hingga dewasa. Balapan Tamiya pun sering diselenggarakan di berbagai daerah di Indonesia. Jadi tak hayal mainan ini beserta suku cadangnya mudah dijumpai di toko-toko mainan. Tamiya ini bisa dimodifikasi hingga ke bagian yang paling kecil. Bagaimana teman generasi 90an masih menyimpan mobil balap kesayangannya ini?

Berlomba Menjadi Yang Terkuat (Crush Gear)


Teman anehtapinyata.net selain Tamiya mainan Crush Gear juga tidak kalah populernya di kalangan anak generasi 90an. Sama dengan Tamiya, mainan Crush Gear sendiri terkenal karena film kartun Jepang. Kebetulan atau tidak, mungkin hal tersebut merupakan taktik dagang dari perusahaan Jepang kala itu. Tetapi memainkan Crush Gear sendiri cukup berbeda dari Tamiya, kalau Tamiya kita mengadu kecepatannya di areal lintasan, sedangkan memainkan Crush Gear kita mengadu sesama mainan Crush Gear itu sendiri, ibarat adu banteng begitulah kira-kira. Saat bermain Crush Gear yang terbalik atau keluar arena itulah yang dianggap kalah. Bentuk dari mainan ini pun cukup menarik dan terlihat dengan kesan gaharnya. Bagaimana teman generasi 90an? Pernah saling mengadu mainan ini?

Berputar Paling Lama Untuk Menjadi Pemenang (BeyBlade)


Teman anehtapinyata.net pernah bermain gasing? Prinsip permainan yang satu ini mirip seperti permainan gasing. Cuma yang ini lebih modern, tidak terbuat dari kayu seperti gasing. Sama halnya seperti Tamiya dan Crush Gear, BeyBlade juga populer berkat serial kartun anime Jepang. Mungkin saat itu produsen mainan Jepang menyadari psikologi anak, jika terus dilihatkan mainan dalam bentuk film akan membuatnya ingin seperti tokoh dalam film lengkap dengan mainannya. BeyBlade dikemas begitu artistik jadi jika berputar akan terlihat menarik, biasanya ada beberapa BeyBlade yang pinggirannya dilengkapi batu api, jadi jika dalam bertempur dengan BeyBlade lain dan saling berbenturak akan menimbulkan seperti percikan api. Bentuk-bentuk dari BeyBlade ini sendiri pun dapat kita modifikasi dengan mudah.

Menang Dengan Berbagai Trik (Yoyo)


Teman anehtapinyata.net mainan yang satu ini mungkin agak berbeda dari mainan-mainan yang disebutkan di atas, jika permainan di atas tergolong mainan menengah ke atas dan tidak semua anak dapat membelinya. Yoyo menyasar semua golongan, mainan ini dijual dari yang paling murah hingga yang paling mahal. Yang murah biasanya terbuat dari kayu dan banyak kita jumpai di penjual mainan pinggi jalan. Yoyo lebih mahal terbuat dari plastik dan berisi lampu-lampu yang bersinar ketika dimainkan. Cara memainkan yoyo sendiri cukup bervariasi, banyak trik dari permainan ini, tergantung dari kreatifitas pemainnya sendiri. Makin susah trik yang dimainkan akan menimbulkan kebanggaan tersendiri. Bagi generasi 90an permainan ini makin lengkap dengan adanya serial film anime Jepang, biasanya anak-anak akan meniru tingkah tokoh yang memainkan yoyo dalam film tersebut. 

Berbahaya, Namun Membuat Permainan Perang Menjadi Nyata (Pistol Peluru Bulat)


Teman anehtapinyata.net mainan ini merupakan salah satu mainan yang tergolong bahaya bagi anak tahun 90an. Pasalnya, peluru bulat yang ditembakan pistol mainan ini jika mengenai kulit akan terasa agak menyakitkan. Cara memainkannya cukup gampang, layaknya pistol beneran, peluru-peluru bulat dengan berbagai macam warna tersebut dimasukan ke dalam tempat peluru yang ada. Menembakan pun harus kita kokang terlebih dahulu, satu kali kokangan untuk satu kali tembakan. Mainan ini membuat permainan antara penjahat dan polisi bagi anak generasi 90an terlihat lebih nyata dan sangat seru. Dari mulai sembunyi-sembunyian, lari-larian, hingga berhadapan satu lawan satu tapi peluru dalam pistol tinggal satu. Seperti pada film-film action yang sering kita tonton. 


Teman anehtapinyata.net mainan-mainan di atas merupakan sebagian kecil dari keseruan anak generasi 90an. Semoga menghibur teman.