Tuesday, November 10, 2015

Penemuan Luar Biasa Para Ilmuan Cantik


"Penemuan Luar Biasa Para Ilmuan Cantik" - Teman anehtapinyata.net sosok wanita memang tidak habis jika dibicarakan, apalagi oleh kaum laki-laki. Sebelumnya mungkin yang terlintas di benak teman semua kalau seorang ilmuan atau peneliti itu identik dengan laki-laki tua. Tapi tahukah teman jika ada beberapa wanita cantik juga menjadi seorang ilmuan atau peneliti. Bahkan hasil penemuannya sangat berguna bagi masyarakat banyak. Untuk menambah wawasan teman semua berikut kami hadirkan ilmuan wanita yang hasil karyanya luar biasa. Semoga bermanfaat.


Hedy Lamarr (Penemu Spektrum Sebar dan Perpindahan Frekuensi)


Teman anehtapinyata.net Hedy Lamarr lahir pada 9 November 1914 dan meninggal pada 19 Januari 2000. Dia adalah seorang aktris dan matematikawan berdarah Austria-Amerika yang terkenal karena kecantikannya dan menjadi bintang kontrak besar pada Metro-Goldwyn-Mayer atau MGM. Dia mencapai popularitasnya pada era 1930an lewat akting-akting kontroversinya yang melegenda. Salah satunya dalam film berjudul Ecstasy yang membuatnya berakting sangat berani dan pasti bakal kena cekal jika diputar sekarang. Lamarr merupakan wanita yang cukup kompleks, mungkin pada era kekinian seperti sekarang sangat jarang terlihat sosok seperti dia. Selain cantik, Lamarr juga seorang wanita yang sangat cerdas, dia merupakan ilmuan yang mempatenkan pertama kalinya teknologi spektrum sebar dan perpindahan frekuensi. Implementasinya sendiri bisa digunakan untuk mengacaukan sistem detektor torpedo musuh. Rudal yang dilengkapi dengan teknologi ini tidak bisa dilacak. Penemuannya tersebut tidak dia temukan sendiri, melainkan bersama rekannya yang seorang komponis bernama George Antheill. Tapi sayangnya, saat mempresentasikannya kepada Angkatan Laut Amerika, penemuannya tersebut ditolak mentah-mentah. Penemuan yang dikira tidak akan berguna itu, justru menjadi cikal bakal dari banyak penemuan penting lainnya, seperti Bluetooth, Wi-Fi, dan CDMA. Untuk menghargai jasa-jasa dari Hedy Lamarr tersebut, pada tahun 1997 penemuannya tersebut diberi apresiasi dengan penghargaan.

Rosalind Franklin (Penemu Mekanisme Merumuskan Model dan Struktur DNA)


Asam deoksiribonukleat atau yang lebih dikenal dengan nama DNA sangat memegang peranan penting dalam berbagai bidang keilmuan terutama biologi khususnya tentang genetika. Dengan DNA teman bisa mendapat informasi tentang suatu organisme. DNA juga jadi pangkal dari pengembangan bio teknologi di masa depan. Salah satu dari penemu konsep yang sangat penting ini adalah ilmuan wanita yang bernama Rosalind Franklin. Wanita cantik ini lahir pada 25 Juli 1920 dan meninggal pada 16 April 1958 pada umur 37 tahun. Ilmuwati ini mengadakan penelitian struktur DNA bersama Francis Crick, James Watson, dan Maurice Wilkins dengan difraksi sinar X. Franklin tidak hanya fokus terhadap struktur dari DNA saja, tetapi dengan difarksi sinar X, dia berhasil menemukan mekanisme untuk merumuskan model dan struktur DNA. Teman anehtapinyata.net hasil penemuannya itu membuat dunia tercengang dan tak hayal lewat penemuannya itu juga di berhasil mendapatkan hadian nobel pada tahun 1962. Jika saja dia tidak meninggal pada usia muda, mungkin masih banyak penemuan hebat yang akan dia temukan. Pada masa kritisnya saja Franklin berhasil membuat beberapa karya penting yang pada masa sekarang dijadikan acuan dasar ilmu virologi struktural.

Sofia Kovalevskaya (Profesor Matematika Rusia)


Teman anehtapinyata.net wanita cantik bernama lengkap Sofia Vasilyevna Kovalevskaya merupakan matematikawan wanita pertama Rusia dan juga merupakan murid dari Karl Weierstrass, seorang ahli matematika yang mengembangkan teori lengkap tentang deret fungsi dan menyusun legitimasi operasi-operasi yang demikian sebagai pengintegralan dan pendiferensialan suku demi suku. Wanita yang lahir pada pada 15 Januari 1850 ini sangat menyukai tentang hal yang berbau matematis. Pada saat usianya baru 11 tahun dia sudah bisa melakukan perhitungan kompleks dan bahkan memenuhi dinding kamarnya dengan rumus-rumus kalkulus. Suatu ketika ia juga pernah diberi sebuah buku fisika di usianya yang 14 tahun. Hebatnya, ia bisa membedah rumus-rumus fisika tersebut dengan teramat baik. Pada tahun 1884, ia diangkat sebagai profesor di Universitas Stockholm,, hal tersebut tentu saja merupakan suatu kebanggan, pasalnya Sofia menjadi wanita ketiga di Eropa yang menjadi profesor. Prestasi paling membanggakan Sofia adalah berhasil menang dalam Prix Brodin dan karya paling fenomenal dari profesor cantik ini adalah tentang teori persamaan diferensial. Pada 10 Februari 1891 Sofia meninggal dunia karena terserang penyakit influenza dan bakteri pnuemonia.

Ada Lovelace (Programer Komputer Pertama Di Dunia)


Teman anehtapinyata.net di era kekinian seperti sekarang ini siapa yang tidak mengenal teknologi komputer? Teknologi ini sangat membantu manusia dalam melakukan setiap perkerjaan. Teknologi fenomenal tersebut awalnya merupakan buah pemikiran dari seorang wanita cantik yang bernama Ada Lovelave. Wanita yang bernama lengkap Augusta Ada King, Countess Lovelace ini lahir di London, Inggris pada 10 Desember 1815. Wanita cantik ini merupakan seorang penulis dan matematikawan Inggris yang terkenal atas karyanya berupa komputer mekanika pertama. Penemuannya atas mesin ini juga termasuk penggunaan algoritma pertama yang dimaksudkan untuk di proses oleh mesin. Dengan penemuannya tersebut, Ada Lovelace dikatakan sebagai programer komputer pertama di dunia. Keseharian dari wanita cantik ini tidak berbeda dari wanita kebanyakan, hanya saja kesukaannya kepada hal-hal logis yang terstruktur, membawanya menjadi salah satu penemu terhebat dalam sejarah manusia. Buah penemuannya tersebut telah menginspirasi banyak ilmuan di bidang pemrograman pada masa sekarang in, termasuk juga di dalamnya tentang perkembangan hardware dan software. Sayang, wanita hebat ini tidak berumur panjang, dia meninggal pada 27 November 1852 di usianya 36 tahun.

Haruka Obokata (Penemu STEM yang Kontroversial)


Haruka Obokata merupakan seorang perempuan yang lahir pada tahun 1983 di Jepang. Wanita cantik ini merupakan seorang ilmuan yang sempat menggemparkan dunia lewat penemuannya di bidang biologi terkait dengan penemuan sebuah sel unik. Bernama STEM, sel ini konon bisa meregenerasi sel-sel hewani yang sudah rusak untuk kembali seperti awal. Mekanismenya, sel bernama STEM ini berkembang di dalam tubuh seperti embrio. Penggunaannya sendiri bisa bermacam-macam, termasuk juga meremajakan organ-organ vital. Tapi sayangnya, penemuan aneh tapi nyata nya tersebut tidak berhasil saat diuji coba publik oleh peneliti lainnya. Saat dilakukan percobaan dengan metode yang sama hasilnya selalu salah. Akhirnya wanita cantik ini pun dituduh melakukan penipuan tentang STEM, hasil risetnya pun yang telah dirilis ditarik kembali. Meskipun begitu, Obokata tetap menyangkal bahwa dia benar-benar menemukan STEM, hanya saja metode tertentu yang membuat berhasil tidak bisa dia ungkapkan ke publik. Sampai saat ini STEM sendiri masih menjadi misteri, apakah benar nyata atau hanya sebuah imajinasi dari Haruka Obokata saja. Jika saja penemuan tersebut terbukti benar kemungkinan manusia akan dapat merealisasikan tentang kehidupan abadi.