Friday, November 6, 2015

Tokoh Penemu Di Balik Alat Musik Yang Kita Gunakan Sekarang

"Tokoh Penemu Di Balik Alat Musik Yang Kita Gunakan Sekarang" - Teman anehtapinyata.net mungkin banyak dari teman semua yang sangat menyukai musik. Musik sendiri merupakan suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Tapi tahukah teman siapa-siapa saja orang yang berjasa menemukan alat musik seperti yang kita nikmati sekarang? Tanpa orang-orang tersebut mungkin kita tidak bisa menikmati irama indah dari alat-alat musik ini. Untuk menambah wawasan teman semua, berikut kami rangkum beberapa informasi tentang tokoh penemu alat musik. Semoga bermanfaat.


Adolphe Sax (Penemu Saksofon)


Teman anehtapinyata.net alat musik Saksofon sendiri merupakan salah satu instrumen baru di spektrum musik. Terlepas dari itu, sejarah alat musik ini sendiri telah ditelusuri kembali lebih dari 150 tahun. Sang penemunya adalah Antoine-Joseph Sax atau lebih dikenal dengan nama Adolphe Sax. Adolphe Sax yang lahir pada tanggal 6 November 1814 di Dinant, Belgia dan meninggal pada tanggal 7 Februari 1894 di Paris, Perancis ini merupakan seorang ahli pembuat instrumen dan musisi berbakat. Bakatnya tersebut ditularkan dari sang ayah, Charles Joseph Sax (1791–1865) yang merupakan seorang pengrajin alat musik tiup kayu dan logam, seperti piano, harpa dan gitar. Saat pergi ke Paris, Adolphe mulai memperkenalkan alat musik tiup yang terbuat dari metal dengan ujung peniup yang berbentuk kerucut yang dibuat dari usahanya untuk mengimprovisasi alat musik klarinet bass, sekarang alat musik tersebut kita kenal dengan nama saksofon. Saksofon akhirnya dikenal sebagai bagian integral dari semua band di 1845 ini adalah tahun yang terkenal "pertempuran dari band". Band Angkatan Darat Perancis masih menggunakan instrumentasi "tradisional". Sax melihat ini sebagai kesempatan untuk menunjukkan kepada dunia bagaimana saksofon dapat meningkatkan kualitas tonal di semua gelombang. Setelah mendapat banyak sambutan baik, akhirnya dia mulai mematenkan karyanya tersebut pada tanggal 20 Maret 1846. 

Gaetano Vinaccia (Penemu Gitar) 


Teman anehtapinyata.net Gaetano Vinaccia yang berasal dari Naples, Italia ini merupakan penemu dari gitar bersenar enam. Dia pertama kali membuat gitar pada tahun 1779. Penemuannya tersebut mungkin karena Gaetano Vinaccia sendiri berasal dari keluarga yang memang dikenal sebagai pembuat senar (luthiers) untuk alat musik Mandolin. Tapi jika dihubungkan alat musik Mandolin ternyata tidak berhubungan dengan alat musik gitar. Jika ditelusuri lebih lanjut, alat musik yang menyerupai gitar sendiri sebenarnya sudah ada sejak 5.000 tahun yang lalu dan ditemukan di zaman kuno Asia Tengah. Benda tersebut berbentuk ukiran kuno dan berasal dari Susa, ibu kota lama Iran. Alat itu dinamai ‘kithara’ (bahasa Yunani), kemudian berubah menjadi ‘guit’, mirip bahasa Sansekerta yang berarti ‘sangeet’ dan ‘tar’ yang berarti ‘cord’ atau ‘string’. Kata gitar, bisa jadi juga diambil dari bahasa Persia, Arab. Kata 'qitara' adalah nama Arab untuk berbagai nama anggota keluarga kecapi, yang mendahului gitar. Di Spanyol, nama gitar pertama kali dikenal saat dibawa ke Iberia oleh bangsa Moor pada abad ke-10. Vihuela (gitar lama Spanyol) adalah bentuk peralihan antara gitar kuno dan gitar modern, tapi berbodi kecil. Bentuk vihuela menjadi faktor pembeda antara gitar dengan kecapi.

Bartolomeo Cristofori (Penemu Piano)


Bartolomeo Cristofori lahir di Italia pada tanggal 4 Mei 1655. Pada awalnya dia bekerja menciptakan instrumen harpsichord dan clavichord untuk Pangeran Ferdinando de Medici, seorang pecinta musik dan anak dari adipati Tuscany. Dia membuat tali-tali halus harpsichord untuk membuat nada dengan volume yang bervariasi. Dengan keuletan dan kerajinannya dalam bekerja, ia mampu mendesain mekanisme yang dapat mentransfer tekanan lewat sebuah alat yang bisa ditekan untuk membunyikan tali-tali halus tersebut. Dan pada akhirnya pada tahun 1.709 untuk pertama kalinya Cristofori menciptakan sebuah alat musik yang sekarang dikenal dengan nama piano. Awalnya alat musik tersebut diberi nama "Gravecembalo Col Piano e Forte" yang berarti sebuah tali clavichord dengan suara pelan dan keras. Karena kepanjangan akhirnya nama tersebut pun disingkat menjadi pianoforte dan berkembang lebih sederhana menjadi piano. Teman anehtapinyata.net konsep dari alat musik piano sendiri bukan merupakan ide dari Bartolomeo Cristofori seorang, melainkan banyak para pembuat instrumen musik lainnya yang mencoba menerapkan konsep dari tali harpsichord tersebut, namun tidak ada yang berhasil.

Andrea Amati (Penemu Biola)


Teman anehtapinyata.net merupakan seorang seniman yang lahir pada 1505 di Cremona, Italia dan meninggal 26 Desember 1577 di tanah kelahirannya tersebut. Biola tertua yang memiliki empat senar seperti biola modern dibuat pertama kali oleh Andrea Amati sekitar tahun 1555. Semenjak kemunculannya alat musik biola pun menjadi cukup populer di kalangan pemusik jalanan sampai kalangan bangsawan. Saking terkenalnya, sampai-sampai raja Perancis Charles IX menyuruh Amati untuk membuat 24 biola untuknya pada tahun 1560. Salah satu biola tertua yang dibuatnya tersebut sampai sekarang masih ada dan untuk mengenang sang raja, biola tersebut kemudian diberi nama Charles IX.

Christian Friedrich Buschmann (Penemu Harmonika)


Teman anehtapinyata.net siapa yang tidak tahu dengan alat musik Harmonika. Alat musik yang mempunyai bentuk simpel ini cukup mudah dimainkan. Alat musik tiup dan hisap ini berasal dari alat musik tradisional Cina yang bernama 'Sheng' yang telah digunakan kira-kira 5000 tahun yang lalu sejak kekaisaran Nyu-kwa. Harmonika modern sendiri mulai ditemukan pada tahun 1821 oleh Christian Friedrich Buschmann. Christian Friedrich Buschmann sendiri adalah seorang pembuat alat musik asal Jerman yang lahir pada 17 Juni 1805  dan meninggal pada 1 Oktober 1864. .