Thursday, December 24, 2015

Tradisi Unik Perayaan Natal Di Berbagai Negara

"Tradisi Unik Perayaan Natal Di Berbagai Negara"  - Teman anehtapinyata.net dalam menyambut hari raya Natal yang jatuh pada tanggal 25 Desember, berbagai macam tradisi perayaan digelar oleh umat Nasrani di berbagai negara. Tradisi perayaan yang dilaksanakan pun berbeda-beda antara negara satu dengan yang lainnya. Terkadang tradisi perayaan yang dilakukan cukup unik dan berbeda dengan yang dilakukan pada umumnya. Penasaran tentang tradisi perayaan Natal tersebut? Berikut informasinya.


Mandi Sauna Saat Malam Natal (Finlandia)


Teman anehtapinyata.net warga di negara Finlandia percaya bahwa sauna merupakan tempat bersemayamnya Peri Pelindung. Maka dari itu hampir setiap keluarga di negara ini memiliki sauna sendiri di rumahnya masing-masih. Dan uniknya lagi saat perayaan natal tiba, tepatnya pada malam natal, orang-orang di Finlandia merayakannya dengan mandi sauna. Hal tersebut sudah berlangsung sejak lama, dan mungkin dikarenakan selain iklim di Finlandia cukup dingin, saat mandi sauna pikiran akan menjadi relaxs dan tenang setelah seharian merayakan natal. 

Makan Ayam Goreng KFC Dan Christmas Cake (Jepang)


Teman anehtapinyata.net di setiap negara dalam merayakan Natal biasanya memiliki makanan khas yang berbeda-beda. Seperti halnya jika di Amerika, pada saat perayaan Natal menu makanan yang paling banyak disediakan di setiap rumah adalah kalkun panggang. Berbeda dengan di Jepang, di negeri Sakura ini dalam perayaan Natal, makanan khas Natal atau menu makanan yang wajib ada adalah ayam goreng KFC. Hal tersebut dimulai sekitar tahun 1970an, produsen makanan cepat saji KFC melihat binatang unggas merupakan sesuatu yang langka di Jepang, kesempatan itu dipergunakan dengan baik oleh produsen makanan asal Amerika ini mengiklankan ayam KFC menjadi bagian penting dalam musim liburan di Jepang. Alhasil, hingga sekarang orang-orang di Jepang rela antre berjam-jam untuk menikmati lezatnya ayam goreng KFC saat perayaan Natal. 


Teman anehtapinyata.net selain ayam goreng KFC, makanan yang wajib dihidangkan saat malam Natal adalah  Christmas Cake, jenis sponge cake dengan whipped cream, cokelat dan strawberry di atasnya. Serta tidak lupa tulisan Merry Christmas tentunya.

Menghias Pohon Pisang atau Mangga (India)


Teman anehtapinyata.net pada perayaan Natal pohon yang paling identik di hias adalah pohon cemara. Namun, hal tersebut nampaknya tidak berlaku di negara India. Di negeri Bolywood ini pohon yang di hias dalam perayaan Natal adalah pohon pisang atau pohon mangga. Tidak jauh berbeda dengan hiasan pada pohon cemara, pohon pisang ini diisi dengan hiasan bola-bola lampu, lampion, dan hiasan khas natal lainnya.  

Hiasan Sarang Laba-Laba Pada Pohon Natal (Ukraina)


Teman anehtapinyata.net di negara Ukraina teman akan melihat hal yang cukup aneh dalam hiasan pohon natalnya. Warga Ukraina menghias pohon Natal menggunakan jaring laba-laba ketimbang hiasan khas natal lainnya. Hal tersebut berhubungan dengan cerita rakyat setempat yang mengisahkan tentang seorang yang miskin yang tidak mempunyai uang untuk menghisasi pohon natalnya. Keesokan harinya wanita ini melihat pohon natalnya yang berisi sarang laba-laba disinari oleh cahaya matahari. Kejadian tersebu terlihat begitu indah, karena sarang laba-laba pada pohon natalnya seketika terlihat berubah warna menjadi perak keemasan.

Membakar Patung Kambing (Swedia)


Teman anehtapinyata.net di negara Swedia terdapat tradisi aneh dan unik dalam setiap perayaan natalnya. Hal tersebut dimulai sejak tahun 1966, di kota Gavle ada tradisi membakar patung kambing dari jerami setinggi 13 meter. Setelah habis terbakar, mereka membuat patung lagi untuk dibakar setiap tahunnya saat malam Natal. Dan tradisi tersebut hingga kini masih dijalankan oleh warga setempat saat perayaan natal.

Berangkat Ke Gereja Dengan Sepatu Roda (Venezuela)


Teman anehtapinyata.net ada yang unik saat hari Natal di negara Venezuela. Jika pada umumnya di berbgaia negara pada saat natal pergi ke gereja menggunakan kendaraan atau pun berjalan kaki, di negara ini orang-orang pergi ke gereja malah menggunakan sepatu roda. Pada pagi hari saat Natal, jalan-jalan besar di kota Caracas ditutup, jalan itu digunakan sebagai tempat orang-orang yang menggunakan sepatu roda untuk berangkat ke gereja menghadiri Misa pagi.

Koin Keberuntungan Dalam Puding Kismis (Inggris)


Teman anehtapinyata.net di negara Inggris ada sebuah tradisi unik dalam perayaan Natal yang disebut tradisi Puding Kismis. Puding kismis yang disajikan untuk melengkapi hidangan Natal ini biasanya dimasak oleh anggota keluarga. Dalam membuat adonan puding kismis tersebut dilakukan sambil berdoa dan mengharap sesuatu. Kemudian saat akan dibentuk, sang pembuat akan memasukan sebuah koin ke dalam kue. Ketika telah disajikan saat Natal orang yang menemukan koin dalam puding tersebut dianggap sebagai orang yang beruntung.tal dianggap orang beruntung.

Tradisi Penjor Dalam Perayaan Natal Di Pulau Bali (Bali, Indonesia)


Teman anehtapinyata.net pulau Bali, Indonesia memang cukup terkenal akan tradisi dan budayanya di seluruh dunia. Di pulau dewata ini mayoritas penduduknya beragama Hindu, namun penduduk yang beragama lain seperti Nasrani pun juga ada di Bali. Uniknya, saat menjelang perayaan Natal umat Nasrani di Bali menggunakan pakaian tradisional dan menghiasi jalanan depan rumah mereka dengan penjor, bambu yang dihiasi dengan janur dan diisi hasil bumi. Perayaan natal di Bali ini tidak dipengaruhi oleh budaya barat melainkan tradisi adat budaya Hindu, Bali.

Tradisi Puasa Kecil Menjelang Natal (Iran)


Teman anehtapinyata.net di negara Iran umat Nasrani melakukan sebuah tradisi unik menjelang perayaan Natal. Mereka melakukan puasa kecil dengan tidak memakan daging yang dimulai pada tanggal 1 Desember. Kemudian, pada tanggal 25 Desember setelah merayakan Natal di gereja, pada umumnya setiap keluarga akan menggelar pesta dan menyediakan menu ayam yang disebut harasa. Setelah itu anak-anak biasanya akan diberikan kado oleh orang tuanya.
apat kado dari orang tuanya.