Thursday, January 7, 2016

Fenomena Pelangi Langka Nan Indah Di Dunia


"Fenomena Pelangi Langka Nan Indah Di Dunia" - Teman anehtapinyata.net pelangi merupakan gejala optik dan meteorologi yang terjadi di langit serta menciptakan beraneka ragam warna dengan keindahan yang sangat mempesona. Dalam penampakan fenomena alam ini di dunia, terdapat beraneka jenis pelangi yang pernah terjadi. Bahkan beberapanya, merupakan suatu fenomena alam yang jarang terjadi. Sehingga sungguh beruntung jika teman berhasil melihat beberapa fenomena pelangi langka yang terjadi. Jenis-jenis pelangi apa saja itu? Untuk menambah wawasan teman semua berikut kami sajikan informasinya, semoga bermanfaat.


Pelangi Api


Teman anehtapinyata.net pelangi api atau fire rainbow merupakan sebuah pelangi yang bentuknya mirip dengan semburan api saat kita menyalakan kompor gas. Fenomena alam menakjubkan ini terjadi karena adanya awan cirrus dengan kristal es yang berada di ketinggian. Sehingga saat sinar matahari menerpa dari posisi tertentu, jadilah kristal-kristal es yang terkena awan cirrus menjadi berwarna. Beberapa waktu lalu fenomena pelangi api kerap muncul di Lowcountry, California Selatan, sehingga dengan mudahnya masyarakat setempat mengabadikan momen langka tersebut. (Foto)

Roda Pelangi


Teman anehtapinyata.net gambar di atas merupakan rainbow wheel atau roda pelangi yang muncul di Danau Charlevoix, Michigan di sore hari pada tanggal 28 Mei 2012. Penampakan roda pelangi merupakan suatu kejadian unik yang langka terjadi. Roda pelangi ini terbentuk saat awan hitam yang disertai hujan deras tengah mengguyur suatu daerah. Cahaya matahari yang bersinar ke arah kita terhalang oleh awan hitam tersebut sehingga akan terlihat membentuk pelangi dengan lingkaran besar seperti roda. Selain langka fenomena roda pelangi  ini pun cuma sebentar terjadi. (Foto)

Pelangi Bulan


Teman anehtapinyata.net jenis pelangi yang dinamakan lunar rainbow atau moonbow atau pelangi bulan ini merupakan jenis pelangi yang terjadi atas bantuan sinar matahari yang memancar ke bulan. Fenomena langka ini terjadi ketika terjadi hujan di malam hari, namun karena cahaya bulan lebih lemah dan putih, sehingga spektrum warna pelanginya pun tidak terlalu kuat. Karena hal tersebut orang-orang yang pernah melihat keindahan fenomena pelangi bulan ini merupakan orang yang sangat beruntung. (Foto)

Pelangi Awan


Teman anehtapinyata.net rainbow cloud atau pelangi awan ini merupakan suatu fenomena yang tidak kalah uniknya. Jika kebanyakan teman tahu kalau pelangi terbentuk setengah lingkaran, lain halnya dengan pelangi awan ini yang terbentuk mengikuti dengan bentuk awan. Fenomena unik ini terbentuk oleh butiran-butiran kecil air yang ada di awan dan udara lembab, tanpa terjadinya hujan terlebih dahulu. Pelangi awan ini sendiri lebih sering muncul di atas perairan luas. (Foto)

Pelangi Kembar


Teman anehtapinyata.net pelangi kembar atau twin rainbow merupakan suatu fenomena yang cukup langka. Kejadian unik ini terjadi akibat  kombinasi antara butiran-butiran air yang kecil dan besar berjatuhan dari udara menuju bumi. Butiran yang lebih besar dipaksa oleh sebuah kondisi udara sehingga menjadi lebih pipih, sementara butiran yang kecil masih berbentul oval dan memiliki permukaan pantulan yang lebih stabil. Kedua bentuk butiran air tersebut kemudian secara bersamaan membentuk dua pelangi berbeda dalam satu titik lengkung yang sama. (Foto)