Monday, January 11, 2016

Lukisan Menyeramkan Yang Bikin Bulu Kuduk Merinding

"Lukisan Menyeramkan Yang Bikin Bulu Kuduk Merinding" - Teman anehtapinyata.net lukisan merupakan sebuah karya seni yang mencurahkan segenap ekspresi dari pelukisnya dalam sebuah coretan tinta dalam kanvas. Beraneka ragam ekspresi diangkat dan disajikan dalam balutan warna-warna. Terkadang makna ekspresi tersebut hanya diketahui oleh pembuatnya saja, sehingga kerap memunculkan kesan mistis dalam lukisan yang dibuat. Lukisan apa saja yang memiliki kesan horor sehingga membuat bulu kuduk merinding? Berikut informasinya.


Judith Slaying Holofernes (Artemisia Gentileschi)


Teman anehtapinyata.net lukisan karya dari pelukis Italia, Artemisia Gentileschi ini diberi judul Judith Slaying Holofernes. Lukisan yang dibuat antara tahun 1614 sampai 1620 ini menggambarkan tentang dua orang wanita yang sedang memenggal kepala orang. Wanita itu adalah Judith dan pelayannya, digambarkan keduanya sedang menggorok leher seorang jenderal perang saat tengah mabuk dan tertidur lelap. Hal tersebut juga menceritakan tentang kekuatan wanita yang mampu menang menghadapi seorang pria yang kuat. Dan diyakini pula sang pelukis,Artemisia terinspirasi oleh Caravaggio, seorang pelukis yang kerap melukiskan aspek-aspek kekejaman dalam lukisannya. Sekarangg lukisan ini berada di National Museum of Capodimonte, Naples.

The Nightmare (Henry Fuseli)


Teman anehtapinyata.net lukisan karya pelukis kenamaan Swiss bernama Henry Fuseli ini diberi nama The Nightmare. Lukisan yang diciptakan pada tahun 1781 ini dianggap sebagai karya terbaik dari Fuseli. Dalam lukisan yang sempat dipamerkan di Royal Academy London ini memperlihatkan tentang seorang wanita yang sedang tertidur lelap dan di atas tubuhnya tampak makhluk menyeramkan yang sedang memandang ke arah orang yang melihat lukisan. Fuseli dalam lukisannya tersebut berniat menggambarkan tentang kejadian mimpi buruk, jika teman mengalami mimpi buruk, mungkin seperti itulah kejadiannya. Sekarang lukisan ini disimpan di Detroit Institute of Arts (DIA),  Midtown Detroit, Michigan.

Dante and Virgil in Hell (William Bouguereau)


Teman anehtapinyata.net lukisan menyeramkan yang satu ini bernama Dante and Virgil in Hell. Lukisan yang menceritakan latar di neraka ini dilukis oleh seorang pelukis Perancis bernama Adolphe Bouguereau William pada tahun 1850. Dalam lukisan tersebut William menerjemahkan tentang menyeramkannya tempat yang bernama neraka. Di dalam lukisannya tergambar dua orang laki-laki tanpa pakaian yang sedang berkelahi sedangkan yang lainnya hanya melihat saja. Dan dikejauhan tampak iblis yang seakan menikmati adegan perkelahian itu. Bagaimana teman, cukup membuat bulu kuduk merinding bukan?

The Scream (Edvard Munch)


Teman anehtapinyata.net lukisan yang satu ini diberi nama The Scream dan sangat sesuai dengan ilustrasi gambarnya yang terkesan menyeramkan. The Scream merupakan lukisan yang dibuat oleh pelukis asal Norwegia, Edvard Munch antara tahun 1893 sampai 1910. Lukisan ini menggambarkan  manusia modern yang tercekam oleh serangan angst (kecemasan eksistensial) dengan disertai dengan pemandangan langit berwarna merah. Saking menyeramkannya lukisan ini, jika teman menatapnya dalam jangka waktu yang cukup lama akan membuat perasaan menjadi tidak menentu.

Saturn Devouring His Son (Fransisco Goya)


Teman anehtapinyata.net lukisan yang satu ini tidak kalah menyeramkannya. Lukisan yang merupakan karya dari pelukis asal Spanyol, Fransisco Goya ini diberi judul Saturn Devouring His Son. Dari judulnya saja sudah terlihat bagaimana menyeramkannya lukisan yang dibuat antara tahun 1819 dan 1823 ini. Lukisan ini menceritakan tentang sebuah legenda raksasa yang bernama Cronus (Saturn) yang memakan anaknya sendiri. Hal tersebut dikarenakan sang raksasa yang juga merupakan seorang raja takut suatu saat nanti kekuasaanya akan direbut sang anak. Oleh karena itu, untuk menghindari kejadian buruk tersebut, dia pun membunuh sang anak dengan cara memakannya. Selain karena ilustrasi ceritanya yang bikin bulu kuduk merinding, gambar dalam lukisan tersebut juga tidak kalah menyeramkannya. Sekarang lukisan ini disimpan di Museum Del Prado, Madrid.

The Crying Boy (Bruno Amadio)


Teman anehtapinyata.net sepintas lukisan yang diberi judul The Crying Boy karya Bruno Amadio ini memang tidak terlihat menakutkan. Namun, cerita petugas pemadam kebakaran dalam majalah The Sun tahun 1980 di Inggris membuat lukisan ini menjadi terkenal. Pada saat kebakaran hebat tersebut terjadi, satu-satunya barang yang tersisa dalam rumah adalah lukisan ini. Dan anehnya, api-api seakan tidak berani melahap lukisan ini, jangankan membakar habis menggoresinya saja tidak terlihat. Setelah diselidiki lebih lanjut, ternyata ditemukan fakta juga bahwa objek dalam lukisan merupakan anak yatim piatu yang kehilangan keluarga dalam sebuah kebakaran hebat. Entah berhubungan atau tidak, yang jelas cerita tersebut membuat lukisan ini seolah mengandung aura mistis yang membuat bulu kuduk merinding.

The Hands Resist Him (Bill Stoneham)
Teman anehtapinyata.net lukisan berjudul The Hands Resist Him tidak kalah menyeramkannya dengan lukisan yang lainnya. Lukisan yang dibuat pada tahun 1972 oleh Bill Stoneham ini seakan-akan mendapat sebuah kutukan. Dalam lukisan tersebut menggambarkan sosok anak laki-laki yang konon merupakan sang pelukis saat masih kecil, sedang berdiri bersama boneka gadis tanpa ekspresi. Lukisan ini sempat dilelang pada situs eBay pada Februari 2000 silam dan berpindah tangan beberapa kali. Sejak saat itulah hal-hal berbau mistis kerap terjadi pada lukisan ini, menurut pengakuan orang-orang yang pernah memilikinya lukisan ini sering berpindah tempat dan terkadang boneka gadis tanpa ekspresi tersebut kerap menghilang dari lukisan. Bagaimana teman? Cukup membuat bulu kuduk merinding bukan?