Tuesday, January 12, 2016

Penulis Cerita Dongeng Terkenal Di Dunia

"Penulis Cerita Dongeng Terkenal Di Dunia" - Teman anehtapinyata.net jauh sebelum zaman modern dengan hingar bingar teknologi seperti sekarang ini cerita dongeng sebelum tidur merupakan sesuatu yang sering diceritakan orang tua kepada anaknya. Seiring perkembangan zaman cerita-cerita dongeng tersebut pun kerap diangkat ke layar kaca untuk menghibur seluruh anak bahkan orang dewasa yang ada di dunia. Tapi tahukah teman siapa pencipta atau penulis dibalik cerita dongeng tersebut? Untuk menambah informasi dan wawasan teman semua berikut kami sajikan beberapa artikelna. Semoga bermanfaat.


Charles Perrault (Cinderella, Putri Tidur, Gadis Kecil Berkerudung Merah, Dll)


Teman anehtpainyata.net Charles Perrault adalah seorang pengarang literatur cerita-cerita dongeng yang terkenal di eropa bahkan dunia. Perrault lahir di kota Paris dan berasal dari kalangan atas, sehingga bisa mendapatkan pendidikan terbaik di Perancis. Karangan pengarang Perancis ini yang cukup fenomenal adalah cerita dongeng Le Petit Chaperon Rouge - Little Red Riding Hood (Gadis kecil dengan kerudung merah), La Belle au bois dormant - Sleeping Beauty (Putri Tidur), e Maître chat ou le Chat botté - Puss in Boots (Kucing bersepatu boot), Cendrillon ou la petite pantoufle de verre - Cinderella, La Barbe bleue - Bluebeard (Janggut Biru), Le Petit Poucet - Hop o' My Thumb, Les Fées - Diamonds and Toads (Katak dan Permata), La Marquise de Salusses ou la Patience de Griselidis - Patient Griselda (Griselda yang Sabar) dan banyak cerita terkenal lainnya. Cerita karya Perrault banyak diterjemahkan dalam berbagai bahasa sehingga menjadi terkenal di dunia.

Hans Christian Andersen (Putri Salju, Putri Duyung, Itik Buruk Rupa, Dll)


Teman anehtapinyata.net Hans Christian Andersen atau H.C. Andersen merupakan seorang penyair, pengarang berasal dari Denmark. Pria yang lahir pada 2 April 1805 di Odense ini terkenal di dunia karena cerita-cerita dongengnya. Karya dari Andersen yang cukup fenomenal adalah  The Snow Queen (Putri Salju), The Little Mermaid (Putri Duyung), The Emperor's New Clothes (Baju Baru sang Raja) dan The Ugly Duckling (Itik Buruk Rupa). Andersen menjalani hidupnya dengan memberikan kegembiraan kepada anak-anak lewat cerita-cerita dongengnya. Sampai sekarang cerita-cerita karya Andersen telah diterjemahkan lebih dari 150 bahasa di dunia, dan tentunya itu membuat dongeng-dongengnya pasti pernah didengar oleh anak-anak di seluruh dunia.

Oscar Wilde Lady (The Happy Prince Dll)


Oscar Wilde Lady lahir pada tanggal 16 Oktober 1854 di Dublin. Wilde merupakan seorang pemain drama sekaligus penyair yang cukup terkenal karena karya-karyanya. Karya-karyanya yang cukup terkenal di dunia adalah Lady Windmere”s Fan, The Importance of Being Earnest, novel “The Picture of Dorian gray” serta dongeng berjudul “The Happy Prince”. Namun kemudian tahun-tahun kejayaan dari Wilde habis dikarenakan hubungannya dengan Alfred Douglas terbongkar. Pada saat itu hubungan homoseksual di negara Inggris merupakan tindakan yang melanggar hukum. Atas perbuatanna tersebut Wilde pun dijebloskan ke dalam penjara. Setelah menghirup udara bebas, dia kembali  melahirkan karyanya yang berjudul “The Ballad of Reading Gaol”, yang mengungkapkan kesedihannya tentang kondisi dalam tahanan yang sangat tidak manusiawi.

Beatrix Potter (Peter Rabbit)


Teman anehtapinyata.net Beatrix Potter merupakan seorang pengarang berkebangsaan Inggris yang lahir pada 28 Juli 1866 di Kensingston, London. Beatrix terkenal karena cerita dongengnya yang berjudul Peter Rabbit. Peter Rabbit pertama kali dipublikasikan pada tahun 1902 yang terdiri dari beberapa serial. Saking terkenalnya karya Beatrix pun diterjemahkan ke dalam 35 bahasa dan berhasil terjual lebih dari 151 juta kopi.

Brother Grimm (Hansel dan Gretel)


Teman anehtapinyata.net Brother Grimm merupakan dua bersaudara kakak-beradik Jakob dan Wilhelm Carl Grimm. Kedua bersaudara berkebangsaan Jerman ini terkenal karena menerbitkan kumpulan cerita rakyat dan dongeng. Yang paling terkenal adalah cerita tentang Hansel dan Gretel yang pertama kali dipublikasikan pada tahun 1812. Seiring perkembangannya karya Grimm bersaudara tersebut juga sudah diangkat ke layar lebar dan hasilnya pun cukup bagus. Selain itu, Grimm bersaudara juga terkenal karena kepiawaiannya dalam menceritakan ulang serta menerjemahkan dongeng-dongeng terkenal dari daratan Eropa seperti Snow White atau Putri Salju, Rapunzel, Cinderella, dan lainnya.

A.A. Milne (Winnie The Pooh)


Teman anehtapinyata.net A.A. Milne merupakan seorang penulis yang lahir pada 18 Januari 1982 di Hampstead, Britania Raya. Dia terkenal karena penciptaannya terhadap tokoh beruang Pooh atau yang mungkin lebih kita kenal dengan Winnie The Pooh. Karya fenomenal tersebut pertama kali ditulis pada tahun 1926 dan kemudian diterjemahkan ke banyak bahasa berbeda masuk menjadi salah satu fitur cerita utama dalam daftar The New York Times Best Seller. Hingga kini karakter klasik Pooh yang polos dan bijaksana masih tetap membekas di anak-anak seluruh dunia.

James Orchard Halliwell­ Phillipps (Three Little Pigs)


Teman anehtapinyata.net James Orchard Halliwell­ Phillipps merupakan seorang penulis berkebangsaan Inggris yang lahir pada 21 Juni 1820 di London. Karyanya yang cukup terkenal adalah dongeng fabel Three Little Pigs. Dongengnya yang cukup fenomenal tersebut pertama kali dirilis pada tahun 1890 dan dan masuk ke dalam kumpulan dongeng The Nursery Rhymes of England. Three Little Pigs sendiri menceritakan tentang kisah tiga ekor babi bersaudara yang dengan kecerdikannya harus bisa membangun sebuah rumah yang disertai gangguan dari serigala jahat.

Carlo Collodi (The Adventures of Pinocchio)


Teman anehtapinyata.net mungkin semua teman tahu tentang tokoh dongeng Pinocchio? Boneka kayu yang diceritakan jika berbohong maka hidungnya akan bertambah panjang? Tapi tahukah teman siapa penciptanya? Pinocchio sendiri diciptakan oleh penulis berkebangsaan Italia yang bernama Carlo Calodi pada tahun 1883. Dongeng Pinocchio begitu terkenal sampai ke seluruh dunia, terlebih lagi pada tahun 1940 perusahaan film besar Walt Disney menggarapnya untuk diangkat ke layar kaca.