Tuesday, January 5, 2016

Mega Proyek Gila Dengan Anggaran Fantastis Sepanjang Sejarah

"Mega Proyek Gila Dengan Anggaran Fantastis Sepanjang Sejarah" - Teman anehtapinyata.net keinginan manusia memang tidak pernah puas. Dengan didukung sumber dana yang melimpah, manusia bisa membuat mega proyek yang sangat luar biasa. Tidak peduli berapa miliar dollars yang telah dihabiskan dalam pembuatan mega proyek gila yang pernah dibuat manusia. Namun, setelah proyek tersebut selesai tentunya diharapkan akan menghasilkan berkali-kali lipat juga dari yang dikeluarkan. Penasaran mega proyek apa saja itu? Berikut kami rangkum beberapa informasinya, semoga bermanfaat.


Dubailand -  $ 76 Miliar (Dubai)


Teman anehtapinyata.net jika berbicara tentang negeri kaya minyak ini, teman pasti akan menemukan banyak hal tentang kegilaan manusia. Salah satunya adalah taman bermain Dubailand, tempat yang merupakan visi dari pemimpin Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid al Maktoum ini dibangun di tanah seluas 3 miliar kaki persegi (278 km²/107 mil²).


Target dari mega proyek raksasa ini adalah untuk menarik sekitar 15 juta turis untuk mengunjungi Dubai dengan keuntungan mencapai $20 miliar. Sehingga akan membuat Dubai tidak ketergantungan lagi terhadap penjualan minyak yang selama ini membuat negara ini kaya raya. Dubailand sendiri terbagi menjadi 6 area yang terdiri dari :
1. Attractions & Experience World seluas 13 km² (5.2 mil²) yang akan terdiri dari Universal Studios Dubailand, Tiger Woods Dubai, Bawadi, Global Village, Kids City, Giants World, Water Parks, Aquadunya, Dubai Snowdome, sebuah resor ski indoor.
2. Retail and Entertainment World seluas 4 km² (1.6 mil²) yang terdiri dari Flea Market, World Trade Park, Auction World, Factory Outlets.
3. Themed Leisure and Vacation World seluas 29 km² (11.2 mil²)yang terdiri dari Women's World, Destination Dubai, Desert Kingdom, Andalusian Resort and Spa.
4. Eco-Tourism World seluas 75 km² (28.9 mil²) yang terdiri dari Al Sahra Desert Resort, Sand Dune Hotel, Al Kaheel.
5. Sports and Outdoor World seluas 19 km² (7.4 mil²) yang terdiri dari Dubai Sports City, Emerat Sports World, Plantation Equestrian and Polo Club, Dubai Autodrome, Dubai Golf City.
6. Downtown seluas 1.8 km² (0.7 mil²) yang terdiri dari Mall of Arabia, yang mana akan menjadi pusat perbelanjaan terbesar di dunia, City Walk, The Great Dubai Wheel yang mana akan menjadi kincir observasi berputar terbesar ke-2 di dunia setelah Shanghai Kiss, dan Virtual Game World.


Teman anehtapinyata.net mega proyek yang sangat fantastis ini masih terus dikerjakan, dan sejauh ini telah menghabiskan biaya sebesar  $76 Miliar

King Abdullah Economic City – $ 86 Miliar (Arab Saudi)


Teman anehtapinyata.net King Abdullah Economic City (KAEC) merupakan sebuah kawasan pembangunan perkotaan di Arab Saudi. Mega proyek yang mencakup pembangunan pelabuhan laut, kawasan industri, kawasan hunian dengan konsep pendayagunaan iptek/SMART, kawasan pendidikan, kawasan resort serta pusat perdagangan di pulau komersial ini diprakarsai oleh Raja Abdullah. Kota Impian di negara padang pasir Arab Saudi ini dibangun di atas lahan seluas 168 juta m2 di sisi Laut Merah dan pengerjaannya dilakukan oleh Emaar Properties yang merupakan pembuat dari gedung tertinggi di dunia Burj Khalifa. Dalam perhitungannya proyek ini diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar $86 miliar, sungguh harga yang sesuai untuk sebuah kota impian. Diharapkan nantinya jika mega proyek ini selesai akan menjadikannya bangunan paling prestisius di timur tengah bahkan dunia serta menjadi salah satu kota besar yang ada di dunia.

Kilang Minyak Kashagan - $116 Miliar (Kazakhstan)


Teman anehtapinyata.net ladang minyak Kashagan merupakan salah satu ladang minyak yang mempunyai cadangan minyak yang sangat besar di dunia. Ladang minyak yang terletak di laut Kaspia Utara wilayah perairan Kazakhstan ini ditemukan pertama kali pada tahun 2000 dan merupakan cadangan minyak terbesar yang pernah ditemukan selama 3-4 dekade. Atas penemuan tersebut dibangunlah sebuah mega proyek paling gila yang pernah ada. Pasalnya, proses perencanaan, izin, pembagian saham, sampai selesainya memakan waktu hingga 40 tahun lamanya. Tidak hanya prosesnya yang lama, anggaran dari mega proyek ini pun terbilang sangat fantastis, mencapai $116 miliar. Tapi nampaknya pengeluaran dan lamanya proses pembuatan ini berbanding lurus dengan yang dihasilkan oleh ladang minyak Kashagan. Pasalnya, pada tahun 2017 nanti, kilang minyak yang sahamnya dikuasai oleh beberapa perusahaan besar, seperti Shell, Exxon Mobil, Total, China National Petroleum Corp dan masih banyak lagi yang lain ini mampu memproduksi sekitar 90 ribu barel minyak per hari. Kilang minyak ini sekarang dikuasai.

International Space Station (ISS) – $ 150 Miliar (Luar Angkasa)


Teman anehtapinyata.net keinginan manusia memang tidak ada batasnya, seperti mega proyek yang dilakukan oleh gabungan dari 13 negara ini. Aneh tapi nyata International Space Station (ISS) atau Stasiun Luar Angkasa Internasional adalah bukti kegilaan dari manusia. Mega proyek yang mempunyai anggaran sangat fantastis ini bernilai sekitar  $150 miliar. Stasiun luar angkasa berukuran 100 x 80 x 40 meter, berbobot 450 ton, memiliki daya listrik 110.000 watt, dapat dihuni oleh 7 astronot dan dapat beroperasi selama 15 tahun. Dengan adanya ISS, peneliti dapat mempelajari tentang jagat raya yang sangat luas ini. Bukan tidak mungkin pada nantinya ISS akan menjadi cikal bakal dalam wisata luar angkasa bagi umat manusia.

Interstate Highway System - $ 459 Miliar (Amerika Serikat)

Teman anehtapinyata.net dalam suatu perekonomian negara jalur transportasi merupakan suatu hal yang vital. Dengan adanya jalur transportasi yang memadai, tingkat perekonian di suatu negara akan menjadi stabil dan merata. Nampaknya hal tersebutlah yang melandasi Amerika Serikat dalam melakukan mega proyek pembangunan Interstate Highway System. Interstate Highway System jalan yang dibangun dengan menghubungkan satu tempat ke tempat lain yang tiap tahunnya bertambah panjang rutenya. Pelaksanaan mega proyek ini sendiri di prakarsai oleh Presiden Dwight Eisenhower dan mulai pengerjaannya pada tahun 1956 dan baru 35 tahun kemudian. Untuk membangun jalanan di negera seluas Amerika Serikta tidaklah gampang, selain karena luasnya bianyanya pun pasti sangat besar. Untuk pembangunan Interstate Highway System dengan total panjang 47.856 mil (77.017 km) ini saja jika dikira-kira setidaknya telah menghabiskan uang sebanyak $459 miliar.