Monday, February 29, 2016

Fakta Unik Tahun Kabisat Yang Jarang Diketahui



"Fakta Unik Tahun Kabisat Yang Jarang Diketahui" - Teman anehtapinyata Tahun Kabisat atau Leap Year dalam bahasa Inggris merupakan tahun yang datangnya setiap 4 tahun sekali dalam kalender Masehi. Hal tersebut terjadi karena dalam satu tahun tidak persis terdiri dari 365 hari saja, satu tahun hitungan sebenarnya itu adalah 365 hari 5 jam 48 menit 45,1814 detik. Jika hal tersebut tidak diluruskan, maka selama 4 tahun bumi kita akan kehilangan waktu selama 1 hari. Untuk mengakali hal tersebut dan mengakuratkan kalender Masehi makan dalam 4 tahun sekali ditambahlah 1 hari dalam bulan Februari. Terkait dengan tahun Kabisat ternyata ada beberapa fakta unik yang mungkin tidak banyak diketahui orang, fakta apa saja itu? Berikut informasinya.


Sejarah Penanggalan Masehi


Teman anehtapinyata.net bicara tentang Tahun Kabisat pasti juga akan memperbincangkan tahun masehi. Kita mengenal bahwa Tahun Masehi adalah tahun dimana manusia sudah mengenal tulisan, sedangkan untuk penanggalan masehi sendiri dimulai ketika Julius Caesar meminta para astronom kerajaan Roma untuk membuat sistem penanggalan yang lebih akurat. Dari permintaan tersebut terciptalah penanggalan yang dalam satu tahunnya berisi 365 hari dan kompensasi tambahan satu hari setiap empat tahunnya.

Awal Mula Bisa Adanya Tahun Kabisat


Teman anehtapinyata.net seperti yang kita tahu tahun kabisat merupakan tahun dimana pada bulan Februarinya mendapat tambahan 1 hari, yang awalnya adalah 28 hari menjadi 29 hari. Tapi tahukah teman bagaimana awal mula ada tahun unik ini? Ternyata hal tersebut dikarenakan revolusi bumi dalam mengelilingi matahari memerlukan waktu 365,2422 hari, sementara kalender masehi atau gregorian satu tahunnya itu terdiri dari 365 hari. Jadi agar terjadi akurasi jam dan kalender manusia sesuai perputaran bumi dan musim yang terjadi maka dalam empat tahun sekali ditambahkanlah 1 hari agar menjadi akurat, penambahan tersebutlah yang kita kenal sekarang dengan nama tahun kabisat.

Penambahan Hari Pada Bulan Februari Dalam Tahun Kabisat


Teman anehtapinyata.net pasti banyak teman yang bertanya-tanya mengapa bulan Februari pada tahun kabisat memiliki 29 hari? Alasan dari bulan Februari memiliki keistimewaan pada tahun kabisat memang cukup unik. Awalnya, pada masa Julius Caesar Februari hanya memiliki 30 hari saja dalam satu bulannya, hal tersebut kemudian berubah pada masa Augustus Caesar, bulan Februari pada tahun kabisat menjadi 29 hari. Hal tersebut dikarenakan Augustus ingin meniru Julius, dimana Julius Caesar menambahkan satu hari pada bulan kelahirannya Juli menjadi 31 hari. Bulan kelahiran Augustus Caesar adalah Agustus, dia meminta agar bulan tersebut juga ditambahkan harinya menjadi 31 hari. Untuk menyeimbangkan perhitungan kalender maka bulan Februarilah yang dikorbankan, maka pada saat tahun kabisat bulan Februari pun mendapat hadiah tambahan satu hari.

Dikira Tahun Kabisat Tapi Ternyata Bukan


Teman anehtapinyata.net ternyata tidak semua tahun yang habis dibagi 4 itu merupakan tahun kabisat. Pada tahun 1582, diketahui revolusi perputaran bumi mengelilingi matahari waktunya tidak sesuai. Hal tersebut kemudian membuat Paus Gregory XIII meminta astronom menghitung ulang penanggalan dan mencari dimana letak permasalahan tersebut. Sejak saat itu, didapatlah penambahan rumus baru dalam perhitungan tahun kabisat. Tahun kabisat yang awalnya merupakan tahun yang habis dibagi 4, kemudian ditambah aturan baru yang menyatakan jika aturan habis dibagi 4 tersebut tidak berlaku untuk tahun yang habis dibagi 400, seperti tahun 1700, 1800, 1900 dan lainnya. Sistem tambahan aturan baru ini masih digunakan hingga sekarang, namun untuk kedepannya setelah 10.000 tahun sistem tersebut harus dikaji kembali untuk mendapat hasil yang akurat.

Peluang Lahir Pada Tahun Kabisat 1:1.461


Teman anehtapinyata.net mungkin ada beberapa dari teman yang lahir pada tanggal unik 29 Februari. Jika memang ada berarti teman akan berulang tahun 4 tahun sekali, untuk tahun masehi selain tahun kabisat teman mungkin dapat memilih ulang tahun pada tanggal 28 Februari ataupun tanggal 1 Maretnya. Tapi tahukah teman jika peluang sesorang untuk lahir pada tanggal unik ini adalah sekitar 1:1.461 kelahiran.

Tahun Kabisat Juga Terjadi Pada Kalender Iran


Teman anehtapinyata.net ternyata tahun kabisat tidak hanya terdapat pada tahun masehi saja. Dalam kalender Iran juga terdapat tahun kabisat sendiri, bedanya jika tahun kabisat dalam kalender masehi datangnya setiap 4 tahun sekali dan ditambah 1 hari, sedangkan tahun kabisat pada kalender Iran datangnya setiap 33 tahun sekali dengan penambahan 8 hari.