Tuesday, March 15, 2016

Bom Nuklir Paling Mematikan Yang Pernah Ada Di Dunia

"Bom Nuklir Paling Mematikan Yang Pernah Ada Di Dunia" - Teman anehtapinyata.net senjata nuklir merupakan senjata kimia yang mendapat tenaga dari reaksi nuklir yang mempunyai daya pemusnah masal yang maha dahsayt. Mungkin bom nuklir yang paling terkenal dan teman sering dengar adalah bom nuklir yang menghancurkan kota Hiroshima dan Nagasaki yang membuat Jepang menyerah pada perang dunia II. Tapi mungkin teman tidak tahu selain bom atom yang meluluhkan dua kota di Jepang ini, masih ada bom nuklir lainnya yang memiliki daya ledak yang sangat dahsyat yang dapat mebumihanguskan daerah tertentu dalam sekejap. Untuk menambah wawasan teman semua, berikut kami hadirkan informasinya. Semoga bermanfaat.


Trinity (Bom Nuklir Dengan Daya Ledak 20 Kiloton TNT) 


Teman anehtapinyata.net Trinity merupakan sebuah kode nama bom nuklir dalam ujicoba ledakan pertama yang dilakukan oleh Angkatan Darat Amerika Serikat. Uji coba dalam rangkaian proyek Manhattan tersebut dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 1945, sebulan sebelum ledakan di Hiroshima terjadi. Trinity diledakan di gurun Jornada del Muerto sekitar 35 mil (56 km) tenggara dari Socorro, New Mexico melalui udara dan menghasilkan ledakan dahsyat dengan kekuatan 20 kiloton TNT.

>

Karena dahsyatnya dampak yang ditimbulkan pada lokasi ujicoba, pada tahun 1965 tempat ledakan dari Trinity tersebut dijadikan situs bersejarah oleh Amerika Serikat untuk mengenang ngerinya ledakan bom hidrogen.

Mega-Nuke B53 (Bom Nuklir Dengan Daya Ledak 9 Megaton TNT)


Teman anehtapinyata.net Mega-Nuke B53 merupakan nama senjata nuklir yang dimiliki oleh Amerika Serikat. Bom nuklir yang dirancang dari tahun 1958-1961 ini mempunyai daya ledak 9 megaton TNT dan kemudian diproduksi sebanyak 340 unit dari tahun1961-1965. Bisa dibayangkan bagaimana kekuatan militer dari Amerika Serikat jika terjadi perang? Pastilah musuhnya akan luluh lantah oleh senjata kimia tersebut. Namun karena menyadari dampak akan radiasi nuklir, akhirnya pada tahun 2011 lalu, bom dahsyat ini dibongkar oleh pemerintah Amerika untuk tidak dioperasikan kembali.

Ivy Mike (Bom Nuklir Dengan Daya Ledak 12 Megaton TNT)


Teman anehtapinyata.net Ivy Mike merupakan sebuah code nama dari bom nuklir buatan Amerika Serikat pada tahun 1952. Bom ini diujicoba pertama kali pada tanggal 1 November 1952 di Enewetak Atol Samudra Pasifik. Bom yang diledakan pada pukul 07.15 waktu setempat tersebut mempunyai daya ledak mencapai 12 megaton TNT.


Ledakan dari Ivy Mike menghasilkan asap awan cendawan sejauh 161 km dengan ketinggian mencapai 33 km hanya dalam waktu 2,5 menit saja. Setelah ledakan tercipta kawah berdiameter 1,9 km dengan tinggi mencapai 50 meter. Selain itu efek yang ditimbulkan setelah ledakan bom nuklir ini adalah adanya gelombang pasang setinggi 20 kaki dan pencemaran radioaktif disekitar pulau tersebut. Ivy Mike ini dirancang oleh seorang mahasiswa universitas Enrico Fermi bernama Richard Garwin dan merupakan bom hidrogen pertama yang berhasil diledakan.

Castle Bravo (Bom Nuklir Dengan Daya Ledak 15 Megaton TNT)


Teman anehtapinyata.net Castle Bravo adalah code nama dari bom hidrogen termonukli buatan Amerika Serikat. Bom nuklir ini dirancang oleh Ben Diven dengan menghabiskan dana sebesar $2,666,000 pada saat itu. Castle Bravo diujicobakan pertama kali di Bikini Atoll dekat dengan Pulau Marshal pada tanggal 1 Maret 1954 dalam rangkaian uji coba Operation Castle.


Bom nuklir yang diperkirakan hanya mempunyai daya ledak tak lebih dari 6 megaton TNT ini ternyata setelah diuji coba mempunyai daya ledak yang sangat dahsyat, hampir 15 megaton TNT. Hal tersebut menjadikan Castle Bravo sebagai bom nuklir dengan daya ledak paling dahsyat milik Amerika Serikat.Jika dibandingkan dengan bom atom yang meluluhlantahkan kota Hiroshima dan Nagasaki, Castle Bravo mempunyai daya ledak 1.200 kali melebihi itu. Pada saat bom ini meledak, pencemaran radio aktif yang ditimbulkannya sangat mengerikan dan tersebar ke seluruh dunia hingga menyebabkan gangguan kesehatan.

Tsar Bomba (Bom Nuklir Dengan Daya Ledak 50 Megaton TNT)


Teman anehtapinyata.net bom nuklir paling mematikan yang pernah dibuat oleh manusia adalah Tsar Bomba, namanya saja sudah sangat seram yang berarti kaisar dari para bom. Bom nuklir ini dibuat oleh Uni Soviet pada tahun 1961 saat terjadi ketegangan dengan Amerika Serikat. Tsar Bomba yang termasuk dalam proyek Ivan dibuat dalam waktu 15 minggu. Pada tanggal 30 Oktober 1961 bom super dahsyat dengan berat mencapai 27 ton ini diuji coba di Pulau Novaya Zemlya, Laut Arktik dengan diangkut menggunakan pesawat TU-95 yang merupakan pesawat pengebom terbesar pada saat itu.


Dengan daya ledak mencapai 50 megaton TNT, Tsar Bomba telah menghasilkan jamur api setinggi 64 km rusaknya radio komunikasi selama berjam-jam setelah ledakan. Jika dibandingkan daya ledaknya, total ledakan dari Tsar Bomba sebanding dengan 10 kali bom yang meledak pada saat perang dunia II dan 1.350-1.750 kali lebih kuat daripada bom nuklir Hiroshima dan Nagasaki. Awalnya daya ledak dari Tsar Bomba ditargetkan mencapai 100 megaton TNT, namun karena sangat berbahaya hal tersebut kemudian diurungkan. Saking dahsyatnya ledakan Tsar Bomba sampai terlihat 1.000 km jauhnya dari lokasi ledakan.