Thursday, March 31, 2016

Kisah Lelucon April Mop Paling Mendunia


"Kisah Lelucon April Mop Paling Mendunia" - Teman anehtapinyata.net April Mop atau April Fool's Day adalah hari dimana orang dapat berbuat kebohongan dan kekonyolan tanpa dianggap bersalah. Sesuai dengan namanya April Mop diperingati pada tanggal 1 April setiap tahunnya. Kisah keisengan dan kekonyolan pada saat April Mop terkadang membuat kita hanya bisa tertawa geli dan geleng-geleng kepala. Di beberapa negara di dunia terdapat beberapa kisah lelucon April Mop yang melegenda. Bagaimana saja kisahnya tersebut? Berikut informasinya.


Wisconsin State Capitol Collapses (1 April 1933)


Teman anehtapinyata.net pada 1 April 1933, sebuah surat kabar kenamaan di Amerika, Madison Capital Times memberitakan tentang kehancuran gedung ibukota negara bagian Wisconsin, AS atau yang biasa disebut Wisconsin State Capitol Building akibat rentetan ledakan misterius. Namun berita tersebut ternyata cuma hoax belaka. Isi dari artikel dalam surat kabar tersebut pun cukup menggelitik, diberitakan bahwa ledakan yang menyebabkan kehancuran gedung ibukota tersebut disebabkan dari banyaknya gas hasil dari debat membosankan para anggota DPR selama bermingu-minggu. Lucunya lagi berita tersebut dilengkapi dengan foto yang jika kita lihat pada masa sekarang mungkin sangat kentara palsunya. Namun pada saat itu banyak juga pembaca yang percaya dan marah setelah melihatnya.  Pada tahun 1985, berita hoax tersebut mendapat penghargaan dari The Science Digest sebagai salah satu berita hoax terbaik yang pernah ada.

The Swiss Spaghetti Harvest (1 April 1957)


Teman anehtapinyata.net lelucon tentang April Mop juga datang dari stasiun TV terkenal BBC, Pada musim dingin tahun 1957 BBC menyiarkan sebuah berita yang cukup konyol. Diumumkan bahwa para petani di Swiss bisa memanen spaghetti, dikarenakan pada saat itu musim dinginnya hangat dan serangga-serangga yang gemar makan spaghetti telah musnah untuk selamanya.


Untuk lebih meyakinkan para pemirsa, berita tersebut pun dilengkapi dengan sebuah video yang cukup meyakinkan. Akibatnya, banyak yang menelepon kantor BBC menanyakan serius tentang cara menanam pohon spaghetti sendiri. Dan konyolnya, pihak BBC pun menjawab dengan menyuruh penelepon untuk menaruh sedikit spaghetti di kaleng yang diisi saus tomat dan tinggal menunggu tumbuhnya pohon spaghetti tersebut. Bagaimana teman? Iseng banget bukan.

The Sydney Iceberg (1 April 1978)


Teman anehtapinyata.net pada tanggal 1 April 1978 sebuah kapal tanker muncul di pelabuhan Sydney, Australia. Uniknya kapal ini menarik sebuah gunung es raksasa. Penduduk Sidney yang pada saat itu menyaksikan langsung tidak begitu terkejut, karena sebelumnya seorang jutawan dan juga petualang pemilik Dick Smith Foods, Dick Smith sudah sejak lama memberitakan jika dirinya akan membawa gunung es dari Antartika yang kemudian akan dipotong kecil-kecil untuk dijadikan seperti es batu dan nantinya akan dijual seharga 10 sen perbijinya. Menurutnya, es batu tersebut memiliki cita rasa yang lain karena terbuat dari air murni di Antartika yang mengalami pembekuan secara alami dan minuman apa pun jika diberi es batu tersebut rasanya akan bertambah enak. Saking hebohnya pernyataan sang jutawan membuat radio-radio lokal meliputnya secara terus menerus. Namun rencana iseng tersebut tidak berjalan dengan mulus dan akhirnya ketahuan yang disebabkan oleh hujan. Busa pemadam api dan cream yang putih yang membungkus gunung es tersebut larut karena terkena air hujan, dan lapisan plastik dibawahnya pun seketika terlihat.

From Fairies To Digital Big Ben (1 April 1980)


Teman anehtapinyata.net salah satu berita BBC yang berisi lelucon April Mop lainnya terjadi pada tahun 1980. Kantor berita Inggris, BBC ini menyatakan bahwa jam Big Ben sudah ketinggalan zaman, dan sudah sepatutnya diganti menjadi jam digital agar tetap menarik. Pernyataan tersebut tentunya banyak menuai kontroversi dari para pendengarnya. Yang lebih parahnya lagi, BBC Jepang menyiarkan jika selesai pergantian jam Big Ben tersebut, jarum jamnya akan dijual bagi 4 orang penelopon pertama. Sangat konyol bukan teman.

UFO Lands in London (31 Maret 1989)


Teman anehtapinyata.net pada tanggal 31 Maret 1989 di London, Inggris terjadi kejadian aneh dan unik. Saat itu terlihat benda mirip piring terbang bersinar melintas di atas kota London. Melihat kejadian itu, ribuan pengendara motor di jalan tol di luar kota London langsung berhenti untuk melihat dengan seksama benda aneh bersinar tersebut. Setelah benda aneh yang mirip dengan UFO makhluk luar angkasa dalam film-film tersebut mendarat, beberapa orang panik dan mulai menelepon polisi. Mendengar pengaduan tersebut, polisi langsung datang menuju lokasi dan memang benar ada benda aneh yang sudah mendarat di permukaan tanah. Dengan berani beberapa orang mencoba mendekatinya, dan seketika itu pun pintu UFO terbuka. Sesosok makhluk memakai pakaian serba silver keluar dari UFO sehingga membuat polisi dan orang-orang ketakutan. Setelah diselidikin, ternyata UFO tersebut merupakan balon udara yang didisain dengan detail menyerupai UFO oleh Richard Branson, miliarder pemilik perusahaan Virgin Records. Lelucon iseng tersebut sebenarnya untuk memperingati hari April Mop, namun karena UFO buatan tersebut terbang tertiup angin, jadi harus terpaksa mendarat sehari lebih cepat dan itu pun di lokasi yang salah. Walaupun tidak sesuai rencana, namun kejadian tersebut telah berhasil membuat banyak orang panik dan ketakutan akan adanya invansi alien.

The Taco Liberty Bell (1 April 1996)


Teman anehtapinyata.net pada tahun 1996 The Taco Bell Corporation, sebuah perusahaan tako yang cukup terkenal di Amerika Serikat membuat pernyataan yang sangat mengejutkan. Perusahaan ini mengumumkan bahwa telah membeli Lonceng Liberty (Liberty Bell) dan sudah berganti nama menjadi Taco Liberty Bell. Liberty Bell merupakan benda yang bersejarah dari masa Perang Revolusi Amerika. Mendengar bahwa benda bersejarahnya telah dijual, ratusan penduduk Philadelphia, AS langsung menelepon Taman Sejarah Nasional, tempat lonceng itu berada untuk menanyakan kebenaran berita tersebut. Selain bertanya ke pihak museum, ada juga beberapa orang yang menanyakan kebenarannya kepada Mike McCurry, Sekretaris Jurnalis di White House, dan jawaban Mike tidak kalah konyolnya dengan berita yang diumumkan perusahaan Taco tersebut. Mike mengatakan jika Lincoln Memorial  yaitu gedung yang dibangun untuk mengenang mantan Presiden AS yang ke-16, Abraham Lincoln juga telah dijual. Kegaduhan berita tersebut akhirnya berakhir setelah beberapa jam kemudian perusahaan Taco tersebut mengatakan bahwa berita tersebut adalah joke semata.

The Left-Handed Whopper Burger King (1 April 1998)


Teman anehtapinyata.net restoran fast food sekelas Burger King juga pernah menyatakan lelucon terkait perayaan April Mop ternyata teman. Tepatnya pada tahun 1998 lalu, restoran cepat saji ini membuat sebuah iklan di surat kabar USA Today tentang menu baru mereka yang dinamakan "Left-Handed Whopper" atau jika dibahasa Indonesiakan berarti burger untuk orang kidal. Di dalam iklan dijelaskan jika Whopper ini sama seperti whopper biasa sebelumnya, namun yang menjadi perbedaannya adalah semua yang ada di dalamnya dirotasi hingga 180 derajat agar orang kidal dapat dengan mudah memakannya. Keesokan harinya Burger King pun mengkalrifikasi berita tersebut dan mengatakan bahwa berita itu hanya lelucon untuk April Mop saja. Namun demikian pesanan untuk Whopper untuk orang kidal ini tetap laris manis.

Flying Penguins ( 1 April 2008)


Teman anehtapinyata.net selain lelucon "The Swiss Spaghetti Harvest" dan "From Fairies to Digital Big Ben", TV BBC juga mengeluarkan lelucon lainnya yang tidak kalah menggemparkan untuk para pemirsanya. Pada tahun 2008, pihak BBC mengatakan jika juru kamera mereka yang sedang shooting di Antartika untuk serial TV Miracles of Evolution merekam beberapa penguin Adelie terbang ke langit.


Dan lagi-lagi pernyataan tersebut didukung bukti video tentang penguin terbang tersebut. Presenter Terry Jones bilang jika penguin-penguin itu tidak berada di Antartika dan berdingin-dingin ria, tapi mereka justru terbang ke Amerika Selatan untuk bersantai di hutan-hutan tropis disana. Ada-ada saja ulah stasiun TV ini bukan teman.