Tuesday, March 22, 2016

Kolektor Dunia Pengkoleksi Benda Aneh Yang Bikin Geleng-Geleng Kepala

"Kolektor Dunia Pengkoleksi Benda Aneh Yang Bikin Geleng-Geleng Kepala" - Teman anehtapinyata.net kolektor merupakan sebutan untuk orang yang mengumpulkan sesuatu untuk dijadikan koleksi. Mungkin yang sering teman dengar atau tahu seperti kolektor mobil antik, barang antik, perangko, jam tangan atau benda lainnya yang tidak begitu asing ditelinga kita. Namun pernahkan teman membayangkan jika yang dikoleksi adalah benda-benda aneh, seperti halnya tatto kulit manusia, tulang tengkorak, dan lain sebagainya? Ternyata ada orang-orang di dunia yang mengkoleksi benda-benda semacam itu, mereka mengumpulkan selain karena terobsesi juga untuk kepentingan pelestarian budaya dan perkembangan ilmu pengetahuan kedepannya. Siapa saja dan apa saja koleksi aneh tersebut? Berikut informasinya.


Dr. Katsunari Fukushi Kolektor Tattoo Mayat


Teman anehtapinyata.net Dr. Katsunari Fukushi merupakan seorang dokter patologi Jepang sekaligus penulis cerita nonfiksi. Katsunari juga merupakan pendiri dari Japan Tatto Institute yang bergerak dibidang pelestarian seni tradisional tatto Jepang atau dalam bahasa Jepangnya lebih dikenal dengan nama Tebori. Tatto yang dikoleksi oleh Katsunari merupakan tatto langsung yang dilukis di kulit manusia yang telah meninggal. Koleksi aneh tersebut mungkin diwariskan oleh sang ayah juga, Fukushi Masaichi yang sama-sama berkeinginan melestarikan tatto Jepang dengan mengumpulkannya untuk pelestarian budaya dan pengetahuan di masa yang akan datang. Koleksinya yang berjumlah lebih dari 100 tatto tersebut tentu saja sudah mendapat ijin sebelumnya dan dilakukan dengan perjanjian dengan yang punya tatto saat masih hidup.

Dr. Stanley B. Burns Kolektor Fotografi Medis


Teman anehtapinyata.net Dr. Stanley B. Burns mungkin merupakan kolektor fotografi yang akan diingat dalam sejarah kelak. Pasalnya Burn telah mengumpulkan lebih dari 1 juta foto-foto bersejarah asli yang menggambarkan kematian, penyakit, bencana, kejahatan, rasisme, revolusi, kerusuhan, dan perang. Untuk menampung semua koleksinya tersebut, pada tahun 1975 Burns mendirikan The Burns Archive yang berisikan foto-foto yang telah dia kumpulkan untuk dapat dilihat orang banyak, dan tentunya berguna untuk kepentingan pengetahuan.

Ray Bandar Kolektor Tulang Tengkorak


Teman anehtapinyata.net Ray Bandar adalah seorang ilmuan atau peneliti yang tinggal di San Fransisco. Mungkin teman tidak akan menduga apa yang telah pria ini kumpulkan, Ray adalah kolektor dari spesimen tulang terutama tengkorak. Sampai saat ini saja telah 7.000 lebih tengkorak yang berhasil dia kumpulkan dalam rumahnya yang diberi nama "The Bone Palace". Koleksi yang telah dia kumpulkan selama lebih dari 50 tahun tersebut sudah mendapatkan izin dari California Academy of Sciences untuk kepentingan ilmu pengetahuan. Jika Ray sudah tidak ada nantinya, maka warisan koleksinya akan berpindah tangan ke Academy tersebut.

Jendral Horatio Gordon Robley Kolektor Kepala Suku Maori


Teman anehtapinyata.net mungkin hobi Jenderal yang satu ini terdengar aneh dan menyeramkan. Jenderal Horatio Gordon Robley yang meneliti kehidupan dari suku Maori di Selandia Baru selama 1 tahun ini telah mengkoleksi kepala-kepala terpenggal dari suku tersebut. Menurutnya kepala-kepala yang telah diawetkannya itu merupakan bagian dari suatu karya seni yang harus dilestarikan dan nantinya sangat penting bagi budaya dan pengetahuan, pasalnya kepala-kepala suku maori dipenuhi dengan tatto khas Maori yang proses pengerjaanya masih dengan cara primitif. ini koleksinya tersimpan di American Museum of Natural History, New York-Amerika Serikat.

John Reznikoff Kolektor Rambut Dari Seluruh Dunia


Teman anehtapinyata.net John Reznikoff mungkin bisa disebut sebagai kolektor sejati, pasalnya dia menghabiskan hampir dari seluruh hidupnya untuk mengumpulkan rambut-rambut dari seluruh dunia. Rambut dari orang-orang terkenal di dunia, seperti John F Kennedy, Marilyn Monroe, Abraham Lincoln, Albert Einstein, Elvis Presley, Beethoven, John Lennon, dan yang lainnya merupakan salah satu koleksi berharga miliknya. Dan kabarnya lagi, saat artis Britney Spears menggunduli rambutnya, John merupakan orang pertama yang meminta rambut sang artis untuk melengkapi koleksi rambut miliknya.

Laurence Hutton Kolektor Topeng Kematian


Teman anehtapinyata.net Laurence Hutton yang lahir pada tahun 1843 dan meninggal pada 10 Juni 1904 adalah seorang kritikus sekaligus penulis di Amerika Serikat. Dia memiliki hobi aneh mengumpulkan topeng kematian, Hutton sangat tertarik dengan wajah asli dari para tokoh-tokoh dunia. Karena ketertarikannya tersebut akhirnya dia mulai mencari dan mengumpulkan topeng kematian dari para tokoh sejarah. Beberapa koleksinya antara lain Napoleon, Beethoven, Shakespeare, Goethe, Newton dan Charles XII. Sekarang semua koleksinya tersebut dapat dilihat di Princeton University.