Friday, March 25, 2016

Penemuan Fenomenal Leluhur Indonesia Yang Membanggakan Di Dunia

"Penemuan Fenomenal Leluhur Indonesia Yang Membanggakan Di Dunia" - Teman anehtapinyata.net pada zaman sekarang ini jika membandingkan teknologi buatan masyarakat Indonesia mungkin akan sangat jauh bedanya dengan negara-negara lain. Dalam bidang teknologi kita masih tertinggal, padahal sumber daya alam dan sumber daya manusia kita sangatlah melimpah, namun hal tersebut belum bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh pemerintah. Dukungan dan pengembangan teknologi anak bangsa perlu suport yang bagus dari pemerintah, jangan sampai anak bangsa yang berbakat malah sukses di luar negeri. Terlepas dari itu semua kita harus tetap berbangga, ternyata pada zaman dahulu nenek moyang kita sudah banyak menemukan penemuan canggih dan diakui di dunia. Dengan teknologi yang masih primitif namun telah berhasil menemukan penemuan yang tergolong jenius pada zamannya. Penasaran teman penemuan apa saja itu? Berikut informasinya.



Gale-Gale, Robot Mekanikal Dengan Sistem Gerak Kompleks



Teman anehtapinyata.net jika berbicara tentang penemuan robot mungkin kita akan langsung berpikiran tentang negara Jepang. Tapi ternyata nenek moyang kita dulu juga pernah menciptakan suatu mekanika tradisional yang mirip dengan konsep pembuatan robot. Konsep robot yang terbilang kompleks tersebut bernama gale-gale, sebuah boneka manusia mekanis. Gale-Gale ini digerakkan dengan semacam tali yang ditarik ulur. Meskipun sederhana, tapi gerakannya sangat kompleks. Boneka ini bisa digerakkan hampir seluruh bagian tubuhnya, bahkan termasuk mata dan lidah. Gerakannya begitu luwes sehingga sangat mirip manusia. Boneka robot ini dibuat oleh leluhur masyarakat Batak dalam budayanya untuk mengenang anak satu-satunya yang telah meninggal dunia.

Kapal Jung Jawa, Teknik Perkapalan Canggih Indonesia



Teman anehtapinyata.net dalam industri pelayaran nenek moyang kita juga ternyata jago dalam membuat kapal laut. Selain kapal pinisi yang sudah terkenal di dunia, ternyata terdapat juga kapal lain yang juga melegenda. Kapal yang dinamakan Jung Jawa tersebut sangat terkenal pada abad ke 8, merupakan kapal terbesar di Asia Tenggara dan mungkin Asia kala itu. Kapal perang yang berbobot ribuan ton ini dipergunakan untuk mengangkut pasukan. Dalam sejarah pembuatan kapal Jung Jawa juga sangat unik, pasalnya orang-orang yang membuatnya dulu tidak menggunakan paku melainkan murni hanya menggunakan teknik-teknik khusus sehingga kapal bisa sangat kokoh. Jika dibandingkan dengan kapal sekarang, ukuran kapal Jung Jawa mungkin sekelas dengan kapal induk.

Karinding, Teknik Pengusiran Hama Paling Aman di Dunia


Teman anehtapinyata.net para petani dalam mengusir hama dan serangga di sawah kebanyakan menggunakan bahan kimia pestisida, namun hal tersebut yang terdengar berguna, untuk jangka panjangnya sangat membahayakan bagi kesehatan manusia. Jika melihat mundur, bisa dilihat betapa lebih menyehatkannya hasil panen petani kita dahulu ketimbang sekarang. Padahal masalah yang dihadapi pastinya sama juga kan? Terus bagaimana cara petani kita dahulu dalam mengusir hama tanaman? Ternyata petani pada zaman dahulu telah menciptakan suatu alat tradisional yang bernama karinding. Alat yang terbuat dari bambu ini dapat mengeluarkan suara yang khas untuk mengusir serangga. Suara tersebut terdengar merdu di telinga manusia, namun sangat mengganggu di telinga serangga. Setelah diteliti dengan teknologi sekarang, ternyata karinding mengeluarkan gelombang low decibel yang membuat serangga terganggu. Penemuan tersebut tentu saja terbilang jenius di zaman yang belum begitu mengenal teknologi, butuh perhitungan matematis dalam membuatnya.

Teknik Penempaan Logam, Penemuan, Pengolahan Metal Terkuat


Teman anehtapinyata.net jika senjata-senjata logam sekarang mungkin sudah kebanyakan terbuat dari cetakan dan bahannya yang campuran. Tapi tahukah teman pada zaman dulu leluhur kita telah mampu membuat senjata logam dengan metal yang kuat. Seperti halnya dalam pembuatan keris, dengan lekukan-lekukan yang berpola tidaklah gampang dalam pembuatannya. Diperlukan teknik penempaan besi tingkat tinggi untuk dapat membuat sebuah keris yang bagus. Bayangkan saja, dalam membuat satu buah keris diperlukan ratusan lebih lembaran logam yang ditempa berulang-ulang menggunakan tenaga manusia. Diantara keris yang dibuat nenek moyang kita, sudah ada yang menggunakan logam titanium, logam yang terbilang keras dan kuat namun ringan. Mengolah titanium dengan teknologi tradisional sangatlah sulit, untuk menghancurkannya saja diperlukan suhu panas sampai dengan 60.000 derajat celcius. Namun nenek moyang kita terbilang jenius karena telah mampu mengolah logam ini menjadi sebuah keris. Untuk diketahui saja, titanium baru dikenal pada tahun 1940an oleh masyarakat dunia, padahal leluhur Indonesia sudah menggunakannya jauh sebelum itu.

Borobudur, Teknik Bangunan Super Hebat Tidak Kalah Dengan Piramida


Teman anehtapinyata.net jika melihat dalam pembuatan bangunan orang zaman dulu mungkin banyak orang terperangah dengan bangunan-bangunan besar di dunia semisal Piramida Mesir. Dengan adanya piramida tersebut banyak yang mengamsumsikan jika bangsa Mesir dulu merupakan orang-orang yang cerdas dan sudah mengenal teknologi canggih. Namun terlepas dari itu ternyata bangsa kita pada zaman dahulu juga merupakan bangsa yang sangat cerdas, hal tersebut dapat kita lihat sekarang dengan berdiri kokohnya bangunan Candi Borobudur. Bangunan yang sangat besar tersebut bisa bertahan sedemikian lama, padahal tidak ada dasar cor atau paku Bumi. Bahkan kesimetrisannya juga sangat gila, baik batu-batu penyusun dan lain sebagainya. Belum lagi stupa-stupa yang ada, bagaimana mungkin hal tersebut dapat dibangun tanpa menggunakan teknologi yang luar biasa.