Saturday, April 23, 2016

Aneh Tapi Nyata Robot Dengan Kecantikan Layaknya Manusia


"Aneh Tapi Nyata Robot Dengan Kecantikan Layaknya Manusia" - Teman anehtapinyata.net robot merupakan alat mekanik yang didisain untuk dapat melakukan sesuatu oleh manusia. Semakin berkembangnya zaman membuat teknologi robot semakin canggih, perkembangannya dari tahun ke tahun tentunya mengalami peningkatan. Dengan berbagai penelitian, manusia telah mampu menciptakan robot yang semakin mirip dengan manusia, mulai dari parasnya hingga suara dan gerakannya. Berbicara tentang paras, ternyata ada ada beberapa robot yang diciptakan memiliki paras yang sangat cantik, dan mungkin teman sekalian akan pangling jika melihatnya dan tidak mengira bahwa yang dilihat adalah robot. Penasaran dengan robot cantik tersebut? Berikut informasinya.


Aiko, Robot Cantik Pasangan Hidup Buatan Le Trung


Teman anehtapinyata.net seorang ilmuan bernama Le Trung telah menciptakan robot yang memiliki kecantikan tidak kalah dengan manusia. Robot yang diberi nama Aiko tersebut dalam pembuatannya telah menghabiskan biaya sebesar 14.000 Poundsterling. Jika dilihat sekilah mungkin akan sulit membedakan Aiko dengan manusia, karena memang benar-benar sangat mirip. Trung yang tinggal di Kanada mengaku tak punya waktu mencari pacar sehingga dia mendesain robot sebagai pendampingnya. Demi mewujudkan robot idamannya, mantan programmer software ini rela berhutang, menjual mobil dan menghabiskan banyak waktu untuk menyempurnakan Aiko. Untuk membuat Aiko semakin hebat, Trung berusaha keras mencari sponsor untuk mendanai penelitiannya lebih lnjut. Dia berkeinginan agar Aiko tidak hanya terlihat cantik saja, namun dibekali dengan kemampuan hebat lainnya layaknya manusia, seperti bisa berbahasa Inggris dan Jepang serta mengerjakan soal matematika. Sehingga nantinya Aiko bisa menjadi pasangan yang sempurna bagi manusia.

Geminoid, Robot Cantik Penjaga Etalase Mall


Teman anehtapinyata.net sebuah dalam menjalankan bisnisnya, sebuah toko di Jepang membuat terobosan baru dengan memajang sebuah robot untuk menyapa pengunjungnya. Robot yang dibuat berparas layaknya wanita cantik tersebut diberi nama Geminoid. Robot cantik ini dipajang di etalase Takashimaya Department Store di distrik Shinjuku. dalam posisi duduk, tampaknya sedang menanti seseorang. Dia membawa tas dan memegang ponsel. Geminoid dikembangkan oleh profesor Hiroshi Ishiguro dan para rekannya di Osaka University. Dia terlihat sebagai wanita rupawan berusia sekitar 20 tahun yang digambarkan tengah menanti cintanya. Selain wajahnya yang cantik, Geminoid juga dilengkapi dengan sensor untuk menanggapi keadaan disekitarnya. Dia dapat menggerakkan lengan dan lehernya, serta dapat mengubah ekspresi wajah. Namun kemampuan dari Geminoid ini memang masih terbatas, karena masih dalam proyek penelitian untuk lebih disempurnakan lagi. 

HRP-4C, Robot Cantik Pragawati Dengan Senyum Mempesona


Teman anehtapinyata.net jika berbicara tentang teknologi negara Jepang memang tidak ada habisnya. Kali ini kembali Jepang menunjukan penemuannya yang membuat decak kagum dunia. Para peneliti di negeri Sakura itu kini memamerkan sebuah robot cantik yang bakal lenggak lenggok di catwalk layaknya supermodel. Memang sebelumnya sudah pernah dibuat robot untuk dengan kemampuan layaknya model, namun robot tersebut belumlah sempurna, gerakannya masih terbatas. Untuk kali ini, robot yang diberi nama HRP-4C bisa bergerak meliuk-liuk layaknya model manusia sungguhan. Tidak hanya itu saja, robot pragawati ini juga bisa berbicara menyapa penonton sebelum pentas, ngdance dengan manusia dan terakhir tentu saja HRP-4C memiliki paras cantik dan senyum yang menawan seperti model kebanyakan. Fisik dari robot cantik ini tidak berbeda dengan wanita Jepang kebanyakan, dengan tinggi 158 cm telah mampu membuat decak kagum saat ditampilkan pertama kali di Tokyo. Robot yang dikembangkan oleh National Institute of Advanced Industrial Science and Technology ini telah menghabiskan biaya sebesar US$ 2 juta.

Erica, Robot Android Cantik Dengan Kemampuan Berbicara Dilengkapi Bahasa Tubuh


Teman anehtapinyata.net selain Geminoid, Profesor Hiroshi Ishiguro dari Universitas Osaka, Jepang kembali memperkenalkan robot android cantik lainnya. Robot yang diberi nama Erica ini semakin mirip dengan manusia, selain didisain untuk memanjakan mata, Erica juga didisain untuk memanjakan telinga. Kemampuan berbicara robot android ini telah ditingkatkan dari sebelumnya, lengkap dengan bahasa tubuh saat sedang berbicara. Walaupun masih terlihat kaku untuk standar manusia, namun kemampuan robot android ini sudah hampir mendekati manusia normal. Ia bisa berkedip, memiringkan kepala, memiliki gerakan kulit wajah yang mencerimnkan emosi, menggerakkan bibir, serta bahasa tubuh yang mengikuti gaya bicaranya. Untuk dapat melihat robot android cantik ini teman dapat berkunjung ke Miraikan National Museum of Emerging Science and Innovation di Tokyo, Jepang.

Jia Jia, Robot Cantik Yang Sangat Mirip Manusia


Teman anehtapinyata.net berbicara tentang robot android cantik, nampaknya yang paling mendekati sempurna adalah Jia Jia, robot cantik ciptaan ilmuan Tiongkok. Jia Jia terlihat tidak mirip dengan robot, dari perawakannya dia lebih mirip dengan manusia. Memiliki paras cantik, manis layaknya wanita-wanita cantik asal Cina. Tidak hanya berparas cantik, Jia Jia juga dibekali kemampuan canggih lainnya. Para ilmuwan yang membuatnya mengatakan, robot ini bisa belajar keterampilan serta memiliki kemampuan untuk mengenali wajah manusia. Jia Jia memiliki rambut panjang yang membuatnya terlihat sangat feminim. Jika teman melihatnya pasti tidak akan mengira bahwa Jia Jia adalah robot. Robot cantik ini baru dilaunching pada tanggal 15 April 2016 lalu oleh Universitas Sains dan Teknologi Cina (USTC).


Teman anehtapinyata.net tentu saja saat launching tersebut, hampir semua pengunjung berdecak kagum akan penampakan Jia Jia. Bahkan saat pengunjung mendekatinya untuk berfoto, Jia Jia langsung berbicara “Jangan terlalu dekat dengan saya ketika anda mengambil gambar. Ini akan membuat wajah saya tampak gemuk”. Chen Xiaoping dan timnya yang membuat Jia Jia selama 3 tahun mengatakan jika robot ini memang didisain untuk bisa berbicara dengan mata yang bergerak alami dan bibir yang bergerak selaras dengan suaranya. Ketika Xiaoping menyapa dia pada saat acara pembukaan robot, Jia Jia pun menanggapinya dengan berujaar “Ya tuanku, apa yang bisa saya lakukan untuk anda? Sungguh luar biasa bukan teman.