Friday, April 22, 2016

Fakta Sejarah Hari Bumi, Hari Untuk Menghormati Bumi Tempat Tinggal Kita


"Fakta Sejarah Hari Bumi, Hari Untuk Menghormati Bumi Tempat Tinggal Kita" - Teman anehtapinyata.net pasti tidak semua teman mengetahui tentang adanya Hari Bumi? Hari Bumi atau earth day merupakan satu hari yang dicanangkan setiap tahunnya untuk menghormati planet dimana kita tinggal. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran kita agar lebih menjaga lingkungan dengan baik sehingga dapat selalu selaras dengan alam. Hal tersebut sangat penting karena jika alam Bumi kita rusak, kita tidak akan memiliki tempat tinggal lagi untuk menggantungkan kehidupan. 


Teman anehtapinyata.net hari bumi pertama kali dicanangkan oleh Gaylord Nelson, seorang senator Amerika Serikat yang juga merupakan pengajar lingkungan hidup. Tepatnya pada tanggal 22 April 1970 saat musim semi di Northern Hemisphere (belahan bumi utara) dan musim gugur di belahan bumi selatan, terjadi aksi yang diikuti sekitar 20 juta warga Amerika Serikat dan mahasiswa. Massa dalam jumlah banyak ini memenuhi sejumlah taman dan auditorium untuk mengampanyekan kesehatan dan keberlangsungan lingkungan.  Mereka berkumpul menentang kerusakan lingkungan yang disebabkan buruknya saluran pembuangan, serta semakin punahnya kelestarian flora di negeri itu. Aktor utama dari aksi besar-besaran tersebut adalah Senator Gaylord Nelson. Asal mula mengenai gagasan perlu adanya Hari Bumi sudah dimulai sejak tahun 1969 saat Nelson menyampaikan pidato di Seattle. Dalam pidatonya, ia mendesak perlunya memasukkan isu-isu kontroversial, dalam hal ini lingkungan hidup, dalam kurikulum resmi perguruan tinggi mengikuti model “teach in” yaitu sessi kuliah tambahan yang membahas tema-tema kontroversial yang sedang hangat, khususnya tema lingkungan hidup. Ternyata masyarakat menyambut baik ide ini, sehingga gerakan lingkungan benar-benar semarak, dan timbul arus gerakan yang lebih besar dengan dicanangkannya Hari Bumi.
 

Teman anehtapinyata.net Nelson menyebut fenomena aksi besar-besaran yang terjadi itu dengan istilah ledakan akar rumput yang sangat mencengangkan. Dimana masyarakat umum, sangat peduli dengan adanya isu lingkungan yang kala itu menyeruak. Hal tersebut tentunya dapat membangkitkan para politisi yang bergerak di pemerintahan agar dapat bergerak bangkit berbuat sesuatu untuk menjaga lingkungan. Aksi Hari Bumi yang pertama di Amerika Serikat ini merupakan klimaks perjuangan gerakan lingkungan hidup tahun 60-an untuk mendesak masuk isu lingkungan sebagai agenda tetap nasional. Dan hasil dari perjuangan para pecinta lingkungan itu telah membuat peringatan Hari Bumi menjadi sebuah peristiwa global. Para pelaksana peringatan Hari Bumi menyatukan diri dalam jaringan global masyarakat sipil untuk Hari Bumi yakni Earth Day Network yang berpusat di Seattle.


Teman anehtapinyata.net untuk memperingati cikal bakal sejarah terciptanya Hari Bumi yang dimulai dari aksi pada tanggal 22 April 1970 itu, maka setiap tanggal 22 April setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Bumi oleh 175 negara. Namun terlepas dari sejarah Hari Bumi ini, alangkah lebih baiknya kita semua sebagai manusia yang hidup di bumi selalu menjaga bumi, selaras dengan alam agar tidak terjadi kehancuran terhadap tempat yang kita tinggali ini. Selamat Memperingati Hari Bumi teman semua.