Wednesday, June 8, 2016

Makanan Unik Buka Puasa Di Berbagai Negara


"Makanan Unik Buka Puasa Di Berbagai Negara" - Teman anehtapinyata.net banyaknya suku, ras di negara-negara dunia membuat banyak pula terdapat jenis makanan khas yang unik dan mungkin tidak terdapat di negara lain. Seperti halnya dalam makanan berbuka puasa, masing-masing negara mempunyai makanan favoritnya sendiri-sendiri. Penasaran menu berbuka puasa seperti apa saja itu? Berikut beberapa makanan khas berbuka puasa yang berhasil tim anehtapinyata.net rangkum, semoga bermanfaat teman.


Mansaf Dan Qatayef (Yordania)


Teman anehtapinyata.net Mansaf merupakan hidangan khas Yordania dan menjadi menu favorit bulan Ramadhan. Mansaf terbuat dari daging domba dengan susu kambing kering serta bumbu rempah-rempah dan dihidangkan bersama dengan nasi kuning.


Teman anehtapinyata.net selain Mansaf menu andalan lain saat berbuka puasa masyarakat Yordania adalah Qatayef. Qatayep merupakan kue mirip pastel dengan isian kacang putih yang terbuat dari adonan terigu dengan aroma kayu manis dan diisi dengan kacang kenari dan gula.

Fesenjan (Iran)


Teman anehtapinyata.net Fesenjan atau Fesenjoon merupakan makanan tradisional dari negara Iran yang sering dijadikan menu dalam berbuka puasa. Hidangan ini berbahan dasar daging unggas, seperti ayam, bebek, maupun burung dara. Daging tersebut dimasak dengan paduan sirup delima dan kenari sebagai bahan campuran. Keunikan dari hidangan ini adalah jika disimpan semakin lama maka rasanya akan semakin enak. Teman yang pas dalam menyajikan Fesenjan ini adalah nasi yang masih hangat.

Pide Dan Gullac (Turki)


Teman anehtapinyata.net makanan favorit berbuka puasa di negara Turki adalah Pide. Pide merupakan makanan sejenis roti yang mirip dengan pizza.  Roti pipih yang disajikan dengan berbagai isian, biasanya daging giling atau bayam dan keju. Karena kemiripannya tersebut banyak orang menyebutnya sebagai pizzanya Turki.


Teman anehtapinyata.net selain Pide, makanan yang kerap disajikan dalam bulan Ramadhan di negara Turki adalah Gullac. Gullac adalah camilan dengan tekstur unik yang terbuat dari adonan roti, susu, air mawar, kacang, dan biji buah delima, bentuknya mirip seperti puding. Gullac biasa digunakan sebagai makanan penutup saat berbuka puasa.

Samosa (Pakistan)


Teman anehtapinyata.net dalam berbuka puasa, masyarakat Pakistan sering menyajikan Samosa dalam menu hidangannya. Samosa yang mirip dengan pangsit goreng berbentuk segitiga yang didalamnya berisi kentang rebus berbumbu rempah-rempah dicampur kacang kapri, bawang bombay, daun ketumbar, dan kadang-kadang paneer. Makanan ini paling mudah didapatkan saat bulan Ramadhan di negara Pakistan.

Hyderabadi Haleem (India) 


Teman anehtapinyata.net di India menu favorit berbuka puasa adalah Hyderabadi Haleem. Makanan sejenis bubur ini sudah ada sejak abad ke-19 dan diperkenalkan oleh orang Arab di India. Sajian ini terbuat dari daging sapi atau kambing, kacang lentil dan gandum, ketiga bahan utama ini ditumbuk hingga menjadi butiran halus. Dan ditambah beberapa bumbu tradisional, seperti jahe, bawang putih, kunyit, jinten, kayu manis, kapulaga, cengkeh, lada hitam dan lainnya.  Proses memasaknya juga cukup unik, dimasak di api kecil dengan kayu bakar selama 12 jam dalam kuali, dan diaduk terus menerus hingga teksturnya lengket dan halus. 

Salad Mezza (Lebanon)


Teman anehtapinyata.net masyarakat Lebanon sangat menyukai hidangan Mezza. Mezza adalah hidangan yang disajikan dalam porsi kecil, dan biasanya disajikan sebagai menu sarapan sampai berbuka puasa. Komposisi dari hidangan ini menggunakan kacang kering, houmous yang merupakan saus pelengkap makan, falafel yang menyerupai kroket, dan batata harra yang menggunakan bahan baku kentang dengan campuran paprika merah, ketumbar, cabai, dan bawang putih.

Piyaju (Bangladesh)


Teman anehtapinyata.net Piyaju merupakan makanan kesukaan masyarakat Bangladesh terutama saat berbuka puasa. Piyaju jika di Indonesia mirip dengan gorengan, yang membedakannya adalah Piyaju ini terbuat dari tepung beras, bawang merah, jahe, dan lain-lain sehingga rasanya pedas.

Medames (Mesir)


Teman anehtapinyata.net dalam bulan Ramadhan, masyarakat Mesir menyukai hidangan bernama Medames untuk dijadikan menu dalam berbuka puasa. Medames berisi kacang-kacang fava yang diberi bumbu kecoklatan di atasnya. Kadang-kadang medames juga diberi irisan telur rebus. Selain menu berbuka, Medames jika sering menjadi menu sarapan masyarakat Mesir.

Ayam Percik (Malaysia)


Teman anehtapinyata.net di negari Jiran Malaysia, terdapat menu berbuka puasa yang cukup terkenal. Mayoritas muslim di Malaysia menyajikan menu ayam percik dalam sajian berbukanya. Hidangan ayam percik mirip dengan ayam opor di Indonesia lengkap dengan bahan rempah-rempah dan santan kelapa.

Kolak (Indonesia)


Teman anehtapinyata.net di Indonesia terdapat berbagai macam makanan khas untuk berbuka puasa. Yang paling sering kita jumpai dan ada hampir ada diseluruh wilayah Indonesia adalah kolak. Kolak adalah makanan manis yang terbuat dari santan dan gula merah sebagai kuah serta berbagai isi yang seringkali berupa buah.