Monday, August 8, 2016

Alat Transaksi Pembayaran Pengganti Uang Paling Aneh Di Dunia

"Alat Transaksi Pembayaran Pengganti Uang Paling Aneh Di Dunia" - Teman anehtapinyata.net di zaman moderen seperti sekarang alat transaksi dalam jual beli yang sah di pakai adalah uang. Di masing-masing negara memiliki jenis mata uangnya sendiri-sendiri. Tidak seperti zaman dulu orang melakukan transaksi jual beli menggunakan benda atau semacamnya. Namun aneh tapi nyata, saat ini pun masih ada masyarakat yang melakukan transaksi layaknya orang zaman dulu. Transaksi unik ini kerap dilakukan kemungkinan dikarenakan karena barang yang ditukar keberadaannya berlebihan dan juga mempunyai nilai tertentu. Penasaran alat transaksi pembayaran seperti apa saja itu? Berikut informasinya.


Keju Sebagai Alat Transaksi Perbankan Di Bank Italia


Teman anehtapinyata.net mungkin teman tidak pernah berpikiran jika keju bisa dijadikan alat pembayaran pada sebuah bank. Kejadian aneh tapi nyata ini benar-benar terjadi, sejumlah bank di Italia melakukan transaksi perbankan dengan menggunakan keju. Keju yang dipakai tersebut adalah keju jenis Parmigiano Reggiano. Hal ini sudah lama dilakukan di Italia, selama ratusan tahun para pembuat keju menjadikan keju sebagai jaminan untuk mendapatkan pinjaman modal di bank. Hal tersebut dilakukan karena penggunaan keju di masa lalu sangat penting, untuk mendapat hasil keju yang bagus maka diperlukan proses yang sempurna dan tentunya modal yang cukup besar.

Batu Sebagai Alat Transaksi Jual Beli Di Pulau Yap, Mikronesia


Teman anehtapinyata.net Mikronesia merupakan negara kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik dan terdiri dari empat negara bagian, yaitu Yap, Chuuk, Pohnpei dan Kosrae. Di negara ini mata uang sah yang digunakan adalah Dollar Amerika Serikat, namun dalam kesehariannya banyak penduduk di Mikronesia masih menggunakan cara lama dalam bertransaksi. Beberapa penduduk pulau Yap masih menggunakan batu sebagai alat pembayaran. Besaran dari nilai batu tergantung dari seberapa besar batu tersebut, semakin besar batu semakin besar pulai nilainya dalam transaksi jual beli.

Alat Pembayaran Berupa Air kencing Di Dalam Penjara


Teman anehtapinyata.net hampir di setiap penjara di dunia pasti melakukan tes kesehatan untuk mengecek para tahanannya. Cek kesehatan tersebut selain memastikan kesehatan para tahanan juga untuk mengetahui ada tahanan jika menggunakan obat-obatan terlarang. Untuk tes kesehatan berupa pengujian narkoba biasa dilakukan dengan mengetes urine atau air kencing tahanan. Bagi tahanan yang positif narkoba biasanya melakukan hal yang curang dengan cara membeli air kencing tahanan lain yang tidak menggunakan narkoba. Harga dari air kencing sehat pun sangat mahal di dalam penjara. Karena jika tahanan kedapatan positif narkoba, maka hukumannya akan diperberat. Oleh karena itu pembayaran dengan menggunakan air kencing untuk ditukar dengan barang lain sudah biasa dilakukan.

Kartu Isi Ulang Pulsa Sebagai Alat Transaksi Pembayaran Di Kongo


Teman anehtapinyata.net sudah menjadi rahasia umum jika di benua Afrika kerap ditemukan penggunaan mata uang aneh yang tidak biasa. Salah satunya terjadi di negara Kongo. Selain menggunakan mata uang Frank Kongo sebagai alat pembayaran yang sah, di masyarakat di negara ini juga menggunakan kartu voucher isi ulang pulsa untuk alat pembayaran dalam bertransaksi. Hal tersebut dikarenakan banyaknya telepon genggam yang tidak diimbangi dengan kartu isi ulang pulsa yang memadai di Kongo. Dan anehnya lagi, kartu isi ulang juga kerap digunakan untuk menyuap pejabat pemerintahan di negara tersebut.

Kulit Kerang Sebagai Pengganti Uang Di Kepulauan Soloman


Teman anehtapinyata.net pada zaman dulu mungkin alat pembayaran berupa kulit kerang sudah tidak asing lagi. Sebelum ditemukannya uang, kulit kerang kerap menjadi alat pembayaran untuk membeli makanan, barang, serta membayar jasa di benua Asia, Afrika, dan Eropa. Namun aneh tapi nyata, di zaman yang moderen seperti sekarang ada beberapa penduduk yang masih memakai kulit kerang sebagai uang, hal tersebut dilakukan di beberapa bagian dari Kepulauan Solomon.

Tutup botol Bir Sebagai Alat Transaksi Pembayaran Di Kamerun


Teman anehtapinyata.net selain Kongo yang menggunakan kartu isi ulang pulsa sebagai alat pembayaran, di negara Afrika lain yaitu Kamerun malah menggunakan tutup botol bir sebagai alat transaksi pembayaran. Namun transaksi menggunakan tutup botol bir ini hanya digunakan untuk membeli barang kecil atau jasa yang murah saja. Kejadian aneh dan unik ini bermula ketika sebuah perusahaan bir setempat melakukan promosi untuk menarik konsumen yang menawarkan sejumlah hadiah di balik tutup botolnya. Hadiah yang ditawarkannya pun beragam, mulai dari bir gratis sampai liburan mewah. Karena itu tutup botol bir di negara ini memiliki nilai tersendiri.

Kokain Sebagai Alat Pembayaran Pengganti Uang Di Kolombia


Teman anehtapinyata.net negara Kolombia memang terkenal di dunia sebagai penghasil narkoba jenis kokain. Pemerintah setempat mengeluarkan peraturan yang ketat untuk mengendalikan obat-obatan terlarang itu agar tidak beredar di dalam maupun luar negeri. Tapi kebijakan tersebut justru membuat para petani kokain menggunakan kokain sebagai alat pembayaran pengganti uang untuk memenuhi kebutuhan mereka.