Thursday, August 18, 2016

Negara Dengan Harga Jual Rokok Paling Mahal Di Dunia


"Negara Dengan Harga Jual Rokok Paling Mahal Di Dunia" - Teman anehtapinyata.net penggunaan rokok di Indonesia memang sudah tidak terbendung lagi. Banyak kita jumpai perokok yang berasal dari kalangang remaja, dewasa, bahkan anak kecil yang sudah kecanduan menghirup asap tembakau ini. Penyebab tingginya angka perokok aktif di Indonesia ditengarai karena harga rokok di Indonesia terbilang murah, yang paling mahal saja harganya hanya Rp 20 ribuan. Hal tersebut membuat pemerintah mengeluarkan wacana dengan meninggikan cukai rokok sehingga nantinya harga rokok sebungkusnya lebih dari Rp 50 ribuan. Namun wacana tersebut baru sebatas kajian dan belum ditetapkan pemerintah. Untuk teman ketahui di beberapa negara maju di dunia ternyata sudah mengantisipasi bertambahnya perokok aktif dengan menjual rokok dengan harga yang sangat mahal. Hal tersebut tentunya membuat para perokok berpikir dua kali untuk membeli rokok. Penasaran negara apa saja yang harga jual rokoknya selangit? Berikut informasinya.


Kanada (Rp. 118 Ribuan)


Teman anehtapinyata.net pemerintah Kanada memang tengah mendorong warganya untuk tidak merokok. Salah satu kebijakan yang dilakukan adalah memahalkan pajak tembakau bahan baku dari rokok. Hal tersebut membuat rata-rata harga rokok di negara ini sebungkusnya sebesar US$ 9,3 atau jika dirupiahkan setara dengan Rp. 118 ribuan. Mahalnya harga rokok tersebut tentunya membuat warga Kanada enggan merokok sehingga udara di negara ini jauh dari kata polusi.

Islandia (Rp. 118 Ribuan)


Teman anehtapinyata.net di negara kecil yang berada di barat laut Eropa ini harga satu bungkus rokoknya terbilang mahal. Pemerintah Islandia menetapkan harga jual rokok rata-rata sebesar US$9,51 atau jika dirupiahkan senilai dengan Rp.118 ribuan. Selain itu di negara yang hampir setiap tahunnya diselimuti es ini memberlakukan pelarangan pembelian rokok untuk usia di bawah 18 tahun dimanapun.

Swedia (Rp. 125 Ribuan)


Teman anehtapinyata.net di negara bagian Skandinavia dan Eropa ini mematok harga rokok yang akan membuat perokok berpikir ulang untuk membeli rokok. Rata-rata sebungkus rokok di negara Swedia memiliki harga SEK80 atau jika dirupiahkan sekitar  Rp. 125 Ribuan.

Inggris Raya (Rp. 172 Ribuan)


Teman anehtapinyata.net di Inggris Raya, harga rokok yang ditetapkan pemerintah setempat juga tergolong sangat mahal. Di negeri kaya akan sejarah ini, satu bungkus rokok memiliki harga sekitar 10 Poundsterling atau jika dirupiahkan senilai dengan Rp.172 ribuan. Mahalnya harga rokok tersebut membuat warga Inggris yang menjadi perokok aktif membeli rokok ke luar negeri ataupun pergi ke pasar gelap untuk mendapatkan rokok selundupan.

Norwegia (Rp. 183 Ribuan)


Teman anehtapinyata.net  negara Norwegia memiliki peraturan yang ketat untuk mengawasi peredaran rokok bagi warganya. Di negara yang hanya berpenduduk 5 juta jiwa ini menetapkan kebijakan denda di akhir tahun bagi warganya yang terbukti menghabiskan rokok lebih dari satu bungkus dalam satu hari. Dendanya pun terbilang mahal teman, sebesar US$5.500 atau jika dirupiahkan sekitar Rp.72 jutaan. Selain dengan denda tersebut harga rokok di Norwegia juga sangat mahal, harga paling murah satu bungkusnya di negara ini saja dihargai sebesar US$14,5 atau sekitar Rp. 183 ribuan. Bagaimana kalo harga rokok yang mahal teman? Berpikir untuk merokok di negara ini bukan?

Selandia Baru (Rp. 222 Ribuan)


Teman anehtapinyata.net negara yang berada di barat daya Samudera Pasifik ini menjadikan rokok sebagai barang yang sangat membahayakan bagi pemerintah. Karena hal tersebut pemerintah Selandia Baru membuat kebijakan peningkatan pajak. Peningkatan pajak ini dimulai sejak 2012 lalu dan sekarang telah meningkat sebesar 40 persen dengan peningkatan tahun lalu sebesar 10 persen. Akibat kebijakan tersebut, sekarang harga rokok di Selandia Baru paling murahnya sekitar US$17 atau sekitar Rp. 222 ribuan. Karena kenaikan harga rokok yang akan terus meningkat membuat para perokok di negara ini memutuskan berhenti merokok.

Australia (Rp. 250 Ribuan) 


Teman anehtapinyata.net tidak jauh berbeda dengan negara tetangganya Selandia Baru, di negeri Kangguru ini merupakan tempat yang kurang pas bagi para perokok. Australia bisa dikatakan sebagai negara dengan harga rokok termahal di dunia. Harga rokok di Australia sangatlah mahal, harga satu bungkusnya sekitar AU$25 atau jika dirupiahkan setara dengan Rp. 250 ribuan. Jika teman perokok aktif, dengan harga seperti itu tentunya akan membuat kita berpikir ulang untuk membeli rokok.