Wednesday, August 10, 2016

Negara Yang Menerapkan Sistem Pendidikan Full Day School


"Negara Yang Menerapkan Sistem Pendidikan Full Day School" - Teman anehtapinyata.net sistem pendidikan full day school adalah sistem belajar yang menghabiskan waktu sebagian besar di sekolah. Hal ini mencuat di Indonesia karena Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy baru-baru ini mengusulkan ide full day school bisa diterapkan di Indonesia. Menurut Bapak Menteri, program ini bertujuan untuk membangun karakter anak agar tidak liar di luar sekolah saat orangtua bekerja. Meski demikian, wacana kontroversi sang Menteri tersebut  menuai pro dan kontra di tengah masyarakat, ada yang mendukung dan tidak sedikit pulan yang menolak hal tersebut. Terlepas dari itu semua tentang sistem pendidikan full day school ternyata telah diterapkan di beberapa negara maju di dunia. Di negara mana saja itu? Berikut informasinya.


Singapura


Teman anehtapinyata.net Singapura merupakan salah satu negara maju yang berada di Asia Tenggara. Di negara yang luasnya tidak lebih besar dari pulau Bali ini ternyata menganut sistem belajar full day school. Di Singapura anak SD bersekolah mulai pukul 07.30 hingga 13.00. Sementara untuk anak SMP dan SMA mereka masuk pukul 07.30 dan pulang pukul 16.00. Dan itupun hanya saat belajar reguler saja. Jika ada tambahan ekstra kurikuler, anak sekolahan di Singapura bisa pulang pukul 18.00.

Jepang


Teman anehtapinyata.net negara Jepang memang terkenal memiliki tingkat disiplin waktu dan bekerja yang sangat besar. Hal tersebut mungkin tidak terlepas dari sistem pendidikan yang dianutnya. Di negeri sakura ini menerapkan sistem belajar full day school yang jam pelajaran sampai sore, kecuali untuk anak SD yang hanya belajar sampai pukul 13.00 saja. Sedangkan untuk anak SMP pulang pukul 15.30 dan anak SMA pulang pukul 19.00.

Korea Selatan


Teman anehtapinyata.net negara Korea Selatan memang dikenal sangat memperhatikan sistem pendidikannya. Pendidikan di negeri ginseng ini sangat keras, para siswa-siswinya mendapat jam pelajaran sesuai dengan tingkatan sekolahnya. Untuk anak SD diwajibkan bersekolah dari pukul 08.00 hingga 13.00, sedangkan SMP mulai dari 08.00 - 16.30. Untuk anak SMA karena akan memasuki jenjang perguruan tinggi jam pelajarannya ditambah sehingga menjadi paling lama, anak SMA di Korea Selatan mulai belajar pada pukul 08.00 dan berakhir pada pukul 21.00. 

Cina


Teman anehtapinyata.net negara Cina ternyata menganut sistem belajar yang lebih keras dari Korea Selatan. Di negeri tirai bambu ini murid-muridnya sudah mulai belajar pada pukul 06.30, untuk pulangnya masing-masing tingkat memiliki jam pulang sendiri-sendiri. Tingkat SD pulang pukul 15.00, SMP pulang pukul 17.00, dan SMA karena ada kelas tambahan persiapan masuk perguruan tinggi sehingga jam pulangnya pun lebih panjang yaitu pukul 22.00.


Teman anehtapinyata.net apapun sistem pendidikan yang diberlakukan nantinya, yang jelas kita berdoa saja agar nantinya berdampak positif bagi perkembangan siswa untuk memajukan Indonesia di masa mendatang.