Thursday, November 3, 2016

Aksi Protes Terbesar Yang Pernah Terjadi Di Dunia



"Aksi Protes Terbesar Yang Pernah Terjadi Di Dunia" - Teman anehtapinyata.net aksi unjuk rasa yang akan dilakukan pada tanggal 4 November 2016 terkait pernyataan Ahok yang katanya melakukan penistaan agama membuat beberapa pihak merasa khawatir. Hal tersebut tentunya karena Indonesia pernah mengalami aksi unjuk rasa yang sangat dahsyat pada tahun 1998, penjarahan, perusakan dan sebagainya yang menyebabkan Presiden Soeharto mundur dari jabatannya. Kita berdoa saja semoga demo 4 November 2016 berlangsung damai dan tanpa kericuhan. Aksi unjuk rasa seperti demo, protes, dan lain-lain sebenarnya sering terjadi. Tidak hanya di Indonesia, melainkan di seluruh dunia. Untuk menambah wawasan teman semua, berikut kami rangkum beberapa aksi unjuk rasa terbesar yang pernah terjadi di dunia.


Aksi Protes Di Brazil (2013)


Teman anehtapinyata.net pada tahun 2013 lalu terjadi aksi unjuk rasa yang sangat besar di negara Brazil. Aksi protes ini diprakarsai oleh Movimento Passe Livre, sebuah organisasi lokal advokasi untuk transportasi umum. Protes ini diawali dengan berbagai jenis kenaikan harga transportasi umum seperti bus, kereta api, dan metro mini di seluruh kota di Brazil. Selain karena hal tersebut, aksi ini juga dipicu beberapa isu terkait pelanggaran HAM yang dilakukan oleh para polisi.

Aksi Protes Di Turki (2013)


Teman anehtapinyata.net di tahun 2013 selain di Brazil, masyarakat Turki juga menggelar aksi unjuk rasa yang tidak kalah dahsyatnya. Pada tanggal 27 Mei sampai 20 Agustus 2013 terjadi aksi brutal penggusuran lahan untuk dijadikan sebuah taman urban yang bernama Istanbul Taksim Gezi Park. Padahal sebelumnya warga tidak menerima info penggusuran. Karena hal tersebut, warga yang merasa dirugikan bersatu padu membentuk kelompok-kelompok yang mengorganisir unjuk rasa di seluruh wilayah Turki. Namun kendatipun sudah melayangkan aksi protesnya, pemerintah tetap melanjutkan pengerjaan taman tersebut.

Aksi Protes Occupy Wall Street (2011- Sekarang)


Teman anehtapinyata.net gerakan Occupy Wall Street merupakan gerakan protes internasional terhadap ketimpangan sosial dan ekonomi yang terjadi di dunia. Aksi yang telah berlangsung selama enam tahun ini bertujuan membuat hubungan yang sejajar antara ekonomi dan politik di seluruh kalangan masyarakat. Aksi ini dipicu karena selama ini bahwa perusahaan besar dan sistem keuangan global telah bertindak seenaknya. Yang kaya semakin bertambah kaya, sedangkan yang miskin sebaliknya.

Aksi Protes Arab Atau Arab Spring (2010 Sampai Sekarang)


Teman anehtapinyata.net hampir seluruh negara di dunia memprotes segala kegiatan yang berujung pada pemberontakan di wilayahnya. Hal tersebut juga berlaku bagi Arab Saudi, warganya memprotes segala jenis pemberontakaan dengan kekerasaan dan tanpa kekerasaan serta perang sipil antara warga di seluruh negara Arab. Mereka protes tentang tata cara pemerintahan masing-masing terhadap sistem ekonomi, politik, sosial, dan pendidikan. Aksi semacam ini bahkan sudah sering terjadi di area Timur Tengah. Seperti di Tunisia, Mesir (dua kali), Libya, dan Yaman. Melihat aksi protes ini banyak pengamat yang membandingkannya dengan Revolusi 1989 atau yang dikenal dengan ‘Autumn of Nations” yang melanda Eropa Timur.

Aksi Protes Perang di Afghanistan (2001-Sekarang)


Teman anehtapinyata.net aksi protes di Afgahanistan ini mungkin bisa dikatakan aksi protes terpanjang sepanjang sejarah. Aksi protes yang sudah berlangsung sejak tahun 2001 ini masih berlanjut sampai sekarang. Semua ini berawal pada bulan Oktober 2001 di mana Amerika Serikat melakukan peperangan dengan mengirim 140.000 tentara militer asing ke Afghanistan. Sudah ratusan orang meninggal dunia dan miliaran dolar uang habis hanya untuk perang yang tidak menghasilkan apa-apa ini. Hampir seluruh negara di dunia melakukan protes akan aksi dari Amerika Serikat ini.