Wednesday, November 2, 2016

Kondisi Medis Aneh Tapi Nyata Yang Pernah Terjadi Di Dunia

"Kondisi Medis Aneh Tapi Nyata Yang Pernah Terjadi Di Dunia" - Teman anehtapinyata.net di dunia ini terdapat begitu banyak istilah mengenai kondisi medis, mulai dari yang biasa sampai kondisi medis yang aneh dan langka. Khusus untuk kondisi medis yang aneh tapi nyata di dunia ini mungkin tidak banyak teman yang mengira jika kondisi medis ini benar-benar ada. Untuk menambah pengetahuan teman semua berikut kami rangkum beberapa informasinya, semoga bermanfaat.


Apotemnophilia, Keinginan Untuk Mengamputasi Bagian Tubuh


Teman anehtapinyata.net apotemnophilia merupakan suatu kondisi dimana penderitanya selalu merasakan bagian tubuhnya bermasalah dan ingin memotongnya, walaupun bagian tubuh tersebut sejatinya baik-baik saja. Kondisi medis yang lebih dikenal dengan sebutan Body Integrity Identity Disorder (BIID) ini bisa dikatakan terjadi karena peta terhadap citra tubuh dalam otak mereka hilang sepenuhnya, sehingga membuat sang penderita selalu tidak nyaman dengan bagian tubuh tertentu dan berkeinginan kuat untuk mengamputasinya. Kondisi medis aneh ini biasanya terjadi pada anak-anak yang selalu dianiaya ataupun kurang mendapat kasih sayang oleh orang tuanya. Jadi dengan diamputasi mereka merasa seolah-olah mereka akan dicintai dan diperlakukan lebih baik. Mereka juga melakukannya untuk rasa lega dan kepuasan dengan memotong anggota badan mereka sendiri. Sejauh ini hanya ada sekitar 200 kasus yang diketahui di dunia, namun belum ada obat khusus untuk memulihkan penderita penyakit aneh ini.

Pica, Kelainan Ngidam Makan Benda Aneh


Teman anehtapinyata.net kondisi medis aneh berikutnya adalah pica. Penderita pica hampir mirip dengan orang ngidam, namun bedanya adalah makanan yang mereka inginkan bukan sembarangan makanan. Penderita kelainan aneh ini memiliki dorongan yang tidak tertahankan untuk memakan benda-benda yang tidak seharusnya dimakan. Penyakit ini memiliki banyak sub kategori, ada yang aneh hingga berbahaya, seperti memakan kapur, kotoran, kaca, lendir, cat, bagian tubuh, rambut, urine, kayu, dan masih banyak lagi. 

CIPA, Kondisi Medis Yang Tidak Merasakan Sakit


Teman anehtapinyata.net mungkin ada dari teman semua yang pernah berpikir seandainya saja bisa untuk tidak merasa sakit. Namun ternyata jika rasa sakit itu sebenarnya sangat berguna. Hal tersebut dikarenakan rasa sakit atau nyeri merupakan respon fisik alami yang dapat menyelamatkan kita dari bahaya. Ada beberapa kasus medis yang terjadi diamana penderitanya tidak bisa merasakan sakit. Kondisi medis langka yang dalam dunia kedokteran dikenal dengan nama Congenital Insensitivity to Pain with Anhidrosis (CIPA) ini sering kali membuat penderitanya meninggal dini akibat cedera yang tidak pernah mereka rasakan. Contohnya saja pada saat bayi mereka biasa menggigit ujung lidahnya, mematahkan tulangnya tanpa menangis, dan bahkan merusak kornea matanya lantaran tidak sadar atau merasakan kuman atau benda tajam yang masuk ke area tersebut. Bagimana teman masih ingin merasakan tidak sakit?

Argyria, Kelainan Kulit Berwarna Biru


Teman anehtapinyata.net pernah menonton film Avatar yang tubuhnya berwarna biru? Ternyata di dunia nyata ada kelainan medis yang menyebabkan tubuh berwarna seperti tokoh dalam film tersebut. Kelainan medis yang disebut argyria atau argyrosis ini menyebabkan tubuh manusia berwarna kebiruan. Penyakit langka ini pernah diderita oleh seorang politisi Amerika Serikat bernama Stan Jones. Ternyata, dia mengalami ini karena menggunakan collodial silver. Di tahun 2007 sebuah kasus Blue Skin Disorder serupa juga pernah terekspos kembali karena kemunculan Paul Karason, seorang berkebangsaan Amerika yang seluruh kulitnya tiba-tiba membiru karena mengonsumsi collodial silver yang dia buat sendiri. Collodial Silver sendiri merupakan ramuan yang pertama kali ditemukan pada tahun 1938. Ramuan yang dapat dibuat sendiri ini dipercaya dapat menyembuhkan segala macam penyakit.

Aquagenic Urticaria, Kelainan Alergi Terhadap Air


Teman anehtapinyata.net dari namanya mungkin kita sudah dapat menebak jika aquagenic urticaria merupakan kelainan medis yang berhubungan dengan air. Kelainan medis ini membuat penderitanya mengalami alergi jika bersentuhan dengan air. Dan jika sampai terkena air maka kulit penderita akan mengalami rasa gatal dan sakit yang teramat sangat. Karena itu, mereka yang mengidap kondisi medis ini tidak akan bisa melakukan aktivitas yang bersentuhan dengan air seperti misalnya berenang atau bahkan mandi. Menurut sebuah studi yang tercatat di sebuah jurnal berjudul Annals of Dermatology, kasus alergi ekstrim ini sedikitnya terjadi pada 100 orang.

Foreign Accent Syndrome, Kelainan Fasih Berbahasa Lain Setelah Koma


Teman anehtapinyata.net pasti pernah membaca atau mendengar berita tentang seseorang yang baru bangun dari koma tiba-tiba bisa berbahasa asing. Kondisi medis langka ini yang disebut dengan Foreign Accent Syndrome dimana biasanya dikaitkan dengan stoke atau trauma kepala. Kasus aneh ini pernah dilaporkan terjadi pertama kali pada tahun 1907. Dan dalam kurun waktu 1940 sampai 2009 tercatat 62 kasus sindrom ini pernah terjadi di dunia. Misal orang yang berbahasa Kroasia, tiba-tiba bangun setelah koma jadi fasih berbahasa Jerman. Sindrom aneh ini belum bisa dijelaskan secara ilmiah mengapa bisa terjadi.