Sunday, November 20, 2016

Orang Asli Indonesia Yang Dibuatkan Patung Lilin Di Museum Madame Tussaud


"Orang Asli Indonesia Yang Dibuatkan Patung Lilin Di Museum Madame Tussaud" - Teman anehtapinyata.net museum Madame Tussaud merupakan sebuah museum lilin terkenal di London, Inggris. Sejak berdiri permanen pada tahun 1835, kini museum Madame Tussaud telah memiliki 14 cabang yang tersebar di beberapa kota besar di dunia. Museum ini didirikan oleh Marie Tussaud, seorang pematung lilin terkenal dunia. Dalam museum dipajang patung lilin tokoh terkenal dunia yang sangat mirip dengan orang aslinya. Dari sekian banyak tokoh dunia yang mewarnai koleksi museum Madame Tussaud ini, ternyata ada beberapa nama orang berdarah Indonesia yang tercatat dibuatkan patung lilin dan kemudian disimpan di museum Madame Tussaud. Penasaran siapa saja tokoh asli Indonesia tersebut? Berikut informasinya.


Presiden Soekarno (Museum Madame Tussaud Hongkong dan Bangkok)


Teman anehtapinyata.net Presiden RI pertama Ir. Soekarno merupakan orang asli Indonesia yang pertama diabadikan lewat patung lilin di museum Madame Tussaud. Alasan pembuatan patung lilin Soekarno tersebut selain karena merupakan Presiden pertama Indonesia, sosok Soekarno juga dianggap berperan penting dalam dunia Internasional. Patung lilin ini mengambil tema saat Soekarno berpidato " To Build the World a New" di Amerika pada tanggal 30 September 1960. Dalam pembuatannya, informasi mengenai mengenai Soekarno didapat langsung dari keluarga. Namun, sang penciptanya sempat kesulitan karena beberapa bagian, seperti tongkat komando dan peci yang dikenakan Bapak Proklamator tersebut susah dibuat. Untungnya, HM Prananda Prabowo berhasil membuat replika tongkat komando dengan bahan kayu rampung, suatu jenis kayu langka dan bertuah. Untuk pecinya, khusus dipesan di pembuat peci Bandung yang biasa dipakai Soekarno oleh Puti Guntur Soekarno. Sedangkan untuk bajunya di disain khusus oleh desainer ternama, Samuel Wattimena. Pada tanggal 24 September 2012 patung lilin Presiden Soekarno resmi dipamerkan di Museum Madame Tussaud Bangkok.

Rudy Hartono (Museum Madame Tussaud Singapura)


Teman anehtapinyata.net karena prestasinya salah satu legenda bulu tangkis Indonesia, Rudy Hartono diabadikan dalam bentuk sebuah patung di museum Madame Tussaud Singapura. Dalam masa keemasannya Rudy Hartono menyumbangkan berbagai gelar dan mampu mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Salah satu yang masih belum terkalahkan adalah prestasi pria kelahiran Surabaya, 18 Agustus 1949 ini menang delapan kali berturut-turut di kejuaraan dunia All England. Bahkan prestasinya tersebut telah diabadikan dalam Guiness Book of World Record di tahun 1982. Karena hal tersebut, pihak Madame Tussaud mengabadikan sosok Rudy Hartono untuk menghiasi museum Madame Tussaud Singapura. Patung lilin yang menghabiskan dana sebesar US$300 ribu telah diresmikan pada tahun 2014 lalu.

Anggun Cipta Sasmi (Museum Madaem Tussaud Bangkok)


Teman anehtapinyata.net kendatipun tidak lagi berpaspor Indonesia, namun penyanyi Internasional Anggun Cipta Sasmi merupakan salah satu orang berdarah Indonesia yang namanya tercatat menghiasi koleksi patung lilin tokoh dunia di museum Madame Tussaud. Menurut pihak Madame Tussaud, dipilihnya Anggun sebagai model patung lilinnya karena Anggun adalah artis tingkat Internasional, pemenang World Music Awards, Goodwill Ambassador PBB, artis wanita Asia terlaris di dunia di luar Asia, dan merupakan inspirasi bagi banyak orang di seluruh dunia. Tidak dapat dipungkiri jika Anggun adalah artis kelahiran Indonesia terlaris di dunia dalam sejarah dengan lebih dari 2 juta album terjual dengan album debutnya ”Snow On The Sahara” yang dirilis di 33 negara di seluruh dunia termasuk Triple-platinum di Italia, Platinum di Perancis, Gold di Switzerland dan banyak lagi.  Patung yang dibuat di london selama 8 bulan tersebut telah diresmikan pada tanggal 3 September 2016.

Presiden Joko Widodo (Rencana Ditempatkan di Museum Madame Tussaud Hongkong)


Teman anehtapinyata.net Presiden Joko Widodo merupakan presiden berikutnya yang akan dibuatkan patung lilin di museum Madame Tussaud setelah pada tahun 2012 lalu Presiden Soekarno dibuatkan patung lilin yang sama. Dipilihnya Presiden Jokowi sebagai model patung lilin yang akan menghiasi museum patung lilin tokoh-tokoh dunia tersebut dikarenakan poling yang dilakukan oleh pihak museum Madame Tussaud. Dalam poling yang bertajuk "Siapa tokoh dunia yang pantas untuk dibuatkan patung lilinnya dan dipajang di museum?", Presiden Jokowi mengungguli tokoh dunia lainnya seperti Hillary Clinton dan Donald Trump. Setelah menang dalam poling teratas, pihak museum melakukan riset dan akhirnya menyimpulkan bahwa sosok Jokowi memang layak untuk dibuatkan patung lilin karena dianggap unik dengan kesederhanannya, merakyat dan juga anti korupsi. Sosok pemimpin seperti itu sangat jarang dijumpai di negara-negara berkembang di Asia. Patung lilin Presiden Joko Widodo ditargetkan selesai pada tahun 2017 untuk menghiasi koleksi museum para tokoh dunia di Madame Tussaud Hongkong.