Monday, January 16, 2017

Tempat Wisata Kuliner Yang Wajib Dikunjungi Di Yogyakarta


"Tempat Wisata Kuliner Yang Wajib Dikunjungi Di Yogyakarta" - Teman anehtapinyata.net selain terkenal dengan keindahan alam dan budayanya, Yogyakarta juga terkenal dengan berbagai macam tempat wisata kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Jika teman berkunjung ke kota pelajar ini, wajib hukumnya untuk mencoba wisata kuliner unik yang mungkin tidak teman jumpai di kota lain. Bagi teman yang sudah pernah ke Yogyakarta, pasti tahu bagaimana makanan di tempat ini. Selain rasanya yang enak, harganya pun tidak terlalu mahal. Untuk menambah informasi dan referensi teman semua yang belum dan akan wisata ke Yogyakarta, berikut kami rangkum beberapa tempat kuliner yang wajib teman kunjungi. Dan mungkin bisa saja membuat teman ketagihan wisata ke kota Sang Sultan ini. Berikut informasinya.


Gudeg Pawon


Teman anehtapinyata.net berbicara tentang wisata kuliner di Yogyakarta nampaknya kurang lengkap jika tidak menyebut nama gudeg. Menu wajib jika berkunjung ke Yogyakarta ini banyak kita jumpai di rumah makan tradisional Yogyakarta. Salah satu rumah makan yang menyajikan gudeg dengan rasa spesial adalah Gudeg Pawon. Rumah makan yang telah berdiri sejak tahun 1958 ini langsung dari dapurnya. Jadi dipastikan makanan yang kita pesan benar-benar dalam keadaan fresh. Di Gudeg Pawon teman bisa melihat orang memasak gudeg dengan tungku tradisional. Meskipun tempatnya tergolong sederhana, rasa makanan yang terbuat dari nangka muda ini sangatlah nikmat. Jadi wajar saja banyak wisatawan yang berkunjung ke Gudeg Pawon sekedar menikmati gudeg saja. Menikmati nasi gudeg ditambah ayam dan segelas teh manis hangat akan menjadi sajian istimewa di tengah dinginnya Yogyakarta di malam hari. Disarankan jika ingin wisata kuliner di Gudeg Pawon, datanglah sebelum rumah makan ini buka karena setiap harinya pengunjung rumah makan ini selalu membludak.

Alamat     : Jalan Dr. Soepomo, Umbulharjo, Yogyakarta.
Jam Buka : 22:30 – Habis.

Angkringan Lik Man


Teman anehtapinyata.net bicara masalah angkringan bukanlah hal aneh di daerah Yogyakarta. Hampir di setiap sudut kota bisa kita temui tempat makan yang merakyat ini. Angkringan bukan saja menjadi tempat kuliner yang murah meriah, melainkan sudah berubah menjadi tempat nongkrong anak muda dalam menikmati malam di Yogyakarta. Ada satu angkringan yang cukup istimewa di kota pelajar ini, angkringan tersebut adalah Angkringan Lik Man. Yang membuat angkringan ini cukup istimewa disebabkan karena angkringan ini merupakan angkringan pertama yang ada di Yogyakarta. Menu yang disajikan angkringan yang telah buka sejak tahun 1969 ini terlihat sama seperti angkringan pada umumnya, seperti sego (nasi) kucing, sate telur puyuh dan aneka gorengan.


Teman anehtapinyata.net ada satu menu yang cukup istimewa dan menjadi favorit para pelanggan, yaitu Kopi Joss. Kopi ini tidak seperti kebanyakan kopi, cara penyajian kopi ini cukup unik karena kopi akan dicampur dengan arang yang masih merah membara. Bunyi josss tersebutlah yang membuat nama kopi ini menjadi kopi joss. Dipercaya jika arang yang dicelupkan pada kopi dapat menetralisir kafein sehingga sangat aman bagi pencernaan manusia. Angkringan Lik Man merupakan salah satu tempat wisata kuliner terbaik untuk menikmati Yogyakarta di malam hari. Dengan merogoh kocek sebesar 10,000-15.000 teman sudah bisa menikmati kopi jos beserta nasi kucing dengan lauk sederhana yang sangat nikmat untuk menikmati keindahan malam kota Yogyakarta.

Alamat     : Kawasan Stasiun Tugu, Yogyakarta
Jam Buka : 18.00-Habis.

Sate Klathak Pak Pong


Teman anehtapinyata.net bagi pecinta kuliner sate kambing, hendaknya teman mencoba wisata kuliner Sate Klathak Pak Pong jika sedang berada di Yogyakarta. Rumah makan ini menyajikan sate spesial yang mungkin tidak akan teman temui di tempat lain. Sate kambingnya memiliki rasa khas dan tentunya rasanya sangat nikmat. Walaupun menggunakan bumbu yang tergolong sederhana, yaitu garam, merica, dan kecap, kenikmatan sate ini cukup bisa untuk menggoyang lidah teman semua. Selain dengan racikan bumbu sederhana, alat untuk memasak sate ini pun terbilang istimewa. Biasanya jika sate kambing yang kita tahu ditusuk dengan bambu, sate Klathak Pak Pong malah menggunakan jeruji besi sepeda. Dipercaya jika jeruji besi tersebut mampu mejadikan daging matang dengan merata. Bagaimana teman? Tertarik mencoba kuliner aneh dan unik ini?

Alamat     : Jalan Imogiri Bantul, Yogyakarta
Jam Buka : 10.000-24.00

House of Raminten


Teman anehtapinyata.net Hosue of Raminten merupakan salah satu tempat wisata kuliner yang wajib dikunjungi jika berada di Yogyakarta. Tempat ini merupakan bukti jika menu tradisional bisa disajikan dengan cara keren dan mewah. Menu tradisional yang bisa kita jumpai di tempat kuliner ini seperti tahu bola, wedang sereh, cunduk, brongkos, sate lilit dan nasi kucing. Arsitektur House of Raminten ini terbilang istimewa, di sini teman bisa menjumpai sebuah kereta kuda di luar rumah makan dan di dalamnya teman dapat menjumpai ruangan berarsitektur jawa tradisional dengan aroma dupa yang sangat khas. Selain itu saat menikmati makanan, teman akan disuguhi dengan alunan gending jawa yang sangat merdu. Pelayan yang memakai pakaian khas Jawa lengkap dengan kembennya membuat suasana Jawa di tempat ini semakin hidup. Uniknya lagi untuk memanggil pelayan teman cukup memukul kentongan yang telah disediakan di setiap meja makan. Menarik bukan teman.

Alamat     : Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta
Jam Buka : 24 Jam

Banyu Mili Country Club


Teman anehtapinyata.net Bunyi Mili  Country Club merupakan salah satu tempat wisata rekreasi yang ada di Yogyakarta. Selain terdapat kolam renang, wahana air serta hutan dan danau buatan. di tempat ini juga terdapat tempat makan yang cukup istimewa. Setelah lelah menikmati fasilitas di sini teman bisa wisata kuliner dengan mencicipi hidangan andalan yaitu kepiting telur dan udang bakar madu. Kepiting dan udang yang digunakan merupakan hasil budidaya sendiri sehingga dipastikan masih segar saat dimasak. Menu lain yang tak kalah lezat adalah gurame bakar, ayam goreng dan juga cumi bakar. Lelah bermain teman akan dimanjakan dengan hidangan yang sangat enak tersebut.

Alamat     : Perum Griya Mahkota, Jalan Godean KM 4,5, Yogyakarta.
Jam Buka : 10:00 – 22:00 (Resto) dan 07:00 – 18:00 (Wahana Rekreasi)

Kalimilk Yogyakarta


Teman anehtapinyata.net di Yogyakarta terdapat banyak kafe susu yang sangat populer. Salah satunya adalah Kalimilk Yogyakarta. Tempat ini menyajikan aneka produk olahan susu, seperti susu beragam rasa mulai dari cookies, durian, coklat dan aneka snack. Uniknya para pelanggan yang datang ke kedai ini disebut dengan neneners. Para neneners dapat memesan susu dengan dua ukuran yang berbeda, ukuran medium dan ukuran gajah. Jika teman memesan porsi gajah, pastikan dulu perut teman dalam keadaan kosong, karena porsi gajahnya benar-benar sangat berukuran jumbo. Untuk tempatnya sendiri, Kalimilk mengambil konsep yang sederhana, ruangan semi terbuka tanpa dilengkapi dengan AC, hanya dengan kipas angin saja.

Alamat     : Jalan Kaliurang KM 4,9, Yogyakarta
Jam Buka : 11:00 – Habis.

Bong Kopitown


Teman anehtapinyata.net di Yogyakarta juga terdapat tempat kuliner dengan konsep yang unik. Bong Kopitown merupakan tempat kuliner dengan memakai konsep seperti di penjara. Bangunan dibuat menyerupai penjara lengkap dengan sekat jeruji besi di setiap ruangan. Di sini teman bisa menjumpai sipir penjara, tahanan yang hilir mudik mengantar pesanan ke setiap meja makan. Beberapa menu andalan yang ditawarkan di sini antara lain kopi tetes, sapo tahu, Penang fried noodle dan rendang spicy noodle. Selain itu daftar menu makanannya juga cukup unik, menyerupai koran. Dalam menu makanan yang berbentuk koran tersebut selain menjumpai menu masakan teman juga akan melihat sejara berdirinya Bong Kopitown.

Alamat     : Jalan Sagan Kidul 4, Yogyakarta.
Jam Buka : 10:00 – 24:00

Mie Telap 12


Teman anehtapinyata.net bagi teman pecinta mie instan pasti tahu bagaimana gambar mie dalam kemasan atau iklan yang membuat tergoda untuk mencicipinya. Dan setelah dibuat hasilnya tidak sama dengan gambar. Bagi teman yang merasakan hal tersebut jangan berkecil hati, mungkin adakalanya teman mencoba wisata kuliner di Mie Telap 12 jika berkunjung ke Yogyakarta. Di tempat kuliner ini teman bisa menikmati mie instan yang disajikan persis seperti yang terlihat di bungkusnya.

Alamat : Jalan Pandean 10B, Yogyakarta.
Jam Buka : 14.00-24.00

Manggar Manding


Teman anehtapinyata.net pernah mendengar atau mencicipi gudeg yang tidak terbuat dari nangka muda? Jika belum dan sedang berada di Yogyakarta, baiknya teman berkunjung ke Manggar Manding, di tempat ini gudeg terbuat dari manggar atau bunga kelapa yang masih muda. Konon katanya menu gudeg manggar ini merupakan salah satu menu istimewa orang kerajaan pada zaman dahulu. Menu ini biasanya disajikan dengan sayur krecek dan tempe bacem. Menu ini menjadi favorit di kalangan kerajaan khususnya para puteri karena dipercaya bisa membangkitkan aura kecantikan seseorang. Bagaimana teman tertarik mencoba?

Alamat     : Jalan Parangtritis KM 11,5, Manding, Bantul, Yogyakarta.
Jam Buka : 09.00-21.00

Nasi Goreng Beringharjo


Teman anehtapinyata.net menu nasi goreng memang bisa teman jumpai di seluruh Indonesia. Namun tidak ada salahnya jika sedang berada di Yogyakarta untuk mencoba nasi goreng Beringharjo ini. Salah satu tempat wisata kuliner paling populer di Yogyakarta yang telah buka sejak tahun 1960 ini menyajikan rasa nasi goreng yang cukup istimewa. Rasa dari nasi gorengnya tidak pernah berubah sejak pertama kali buka dan hal tersebutlah salah satu yang membuatnya menjadi istimewa. Meskipun rumah makan ini selalu ramai, teman tidak akan dibiarkan menunggu lama jika sudah memesan. Di sini teman bisa memilih menu nasi goreng ayam ataupun babi bagi yang non muslim. Biasanya satu porsi nasi goreng Beringharjo belum bisa membuat kita kenyang, untuk itu ada baiknya teman memesan 1,5 sampai 2 porsi jika wisata kuliner di sini.

Alamat     : Jalan Pabringan 1, Yogyakarta
Jam Buka : 19:00 – habis.