Monday, March 13, 2017

Daerah Dengan Suhu Udara Paling Dingin Di Indonesia



"Daerah Dengan Suhu Udara Paling Dingin Di Indonesia" - Teman anehtapinyata.net dengan dilalui oleh garis Khatulistiwa membuat kebanyakan daerah di Indonesia memiliki iklim tropis. Iklim yang tropis dikenal dengan keadaan udaranya yang cenderung panas. Namun ternyata banyak juga daerah di Indonesia yang memiliki suhu udara yang sangat dingin mirip seperti di luar negeri. Bagi teman yang ingin liburan ke daerah dengan suhu udara dingin mungkin daerah-daerah ini bisa menjadi tujuan wisata teman selanjutnya. Penasaran daerah mana saja itu? Berikut informasinya.


Lembang, Bandung, Jawa Barat (16°C - 25°C)


Teman anehtapinyata.net mungkin banyak teman yang sering mendengar nama daerah ini. Lembang merupakan salah satu tempat favorit liburan bertemakan otubond yang ada di Bandung. Selain terkenal sebagai tempat liburan dengan wisata alamnya, di Lembang juga terdapat sebuah observatorium terbesar di Indonesia, Bosscha. Berada di ketinggian 1.300 hingga 2.100 meter dari permukaan air laut membuat suhu di Lembang berkisar antara 16°C - 25°C.

Berastagi, Karo, Sumatera Utara (16°C - 25°C)


Teman anehtapinyata.net Berastagi adalah salah satu tempat yang menjadi destinasi wisata di Kabupaten Karo. Daerah yang berada di ketinggian 1.300 meter dari permukaan air laut ini memiliki udara yang sangat dingin, suhunya berkisar antara 16°C - 25°C. Berastagi memiliki beberapa objek wisata alam yang sangat menarik. Salah satu di antaranya adalah air terjun Sikulikap. Jika anda ingin berwisata sejarah, desa-desa kuno seperti Desa Lingga dan Tongkoh bisa menjadi tempat yang pas. Selain itu, karena udaranya yang sangat dingin, Berastagi juga dikenal sebagai penghasil buah-buahan paling bagus di area Sumatra Utara.

Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur (16°C - 24°C)


Teman anehtapinyata.net di Nusa Tenggara Timur juga terdapat kota unik dengan suhu udaranya yang menyejukan. Kota kecil bernama Ruteng yang terletak di Kabupaten Manggarai ini memiliki suhu udara rata-rata antara 16°C - 24°C. Selain karena udaranya yang menyegarkan, kota kecil ini juga terkenal dengan bangunannya kebanyakan bergaya arsitektur Eropa. Wisata di kota ini cukup lengkap, teman bisa menikmati pemandangan indah areal persawahan yang masih lebar dan hijau, pemandangan gunung berkabut di kala pagi hari, wisata sejarah di gua Liang Bua tempat dimana ditemukannya sisa-sisa tulang manusia purba Homo Floresenesis. Dan jika bosan dengan wisata alam, teman bisa berkunjung ke desa adat satu-satunya di Ruteng yakni Desa Adat Compang Ruteng.

Mamasa, Sulawesi Barat (16°C - 24°C)


Teman anehtapinyata.net Mamasa merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat yang terletak di daerah pegunungan. Berada di ketinggian rata-rata sekitar 1.200 mdpl membuat suhu di daerah ini sangat dingin, antara 16°C - 24°C. Di daerah ini yang menjadi fokus pengembangannya adalah objek wisata alam berupa Agrowisata dan perkampungan tradisional untuk edukasi.

Ciwidey, Bandung, Jawa Barat (14°C - 23°C)


Teman anehtapinyata.net Ciwidey terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kota kecil dengan ketinggian mencapai 1.200 meter dari permukaan air laut ini menyimpan pesona alam yang tiada tara. Dengan suhu udara 14°C - 23°C tentunya yang akan teman jumpai disini adalah dinginnya suasana pegunungan dengan pemandangan perkebunan teh yang sangat luas menghijau. Selain itu disini juga terdapat pemandian air panas alami dan objek wisata yang cukup banyak dikunjungi wisatawan yakni Kawah Putih.

Kintamani, Bangli, Bali (14°C - 19°C)


Teman anehtapinyata.net mungkin nama tempat ini sudah tidak asing lagi bagi teman. Kintamani adalah nama sebuah Kecamatan di Kabupaten Bangli, Bali. Kintamani juga merupakan kawasan wisata pemandangan alam yang banyak dikunjungi wisatawan jika berlibur ke Pulau Dewata. Berada di kaki gunung Batur membuat suhu di daerah ini sangat dingin antara 14°C - 19°C. Namun dinginnya suhu tersebut menjadi daya tarik sendiri liburan ke Bali jika sudah bosan dengan panasnya udara di pantai.

Waghete, Deiyai, Papua (10°C - 15°C)


Teman anehtapinyata.net satu lagi tempat dingin di Papua yang mungkin jarang diketahui orang. Waghete merupakan kota kecil yang terletak di Kabupaten Deiyai, Papua. Pada tengah hari suhu di kota ini hanya 15°C saja, sedangkan pada malam hari suhunya bisa mencapai 10°C. Rata-rata udara di kota besar Indonesia mencapai 32-35 derajat Celcius saat siang. Bisa dibayangkan bagaimana dinginnya di kota ini. Akses tercepat ke kota ini adalah melalui jalur udara yang membuat segala bahan pokok yang ada di kota ini harganya sangat jauh melonjak. 

Mulia, Puncak Jaya, Papua (9°C - 18°C)


Teman anehtapinyata.net Mulia merupakan nama sebuah kota kecil di Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Berada di ketinggian 2.448 mdpl membuat udara di kota ini sangat dingin dan segar. Suhu di kota pegunungan ini berisar antara 9°C sampai 18°C. Namun yang sangat disayangkan adalah daerah paling dingin di Indonesia ini dikenal sebagai daerah konflik di Papua sehingga sulit untuk bisa dikembangkan menjadi kota wisata.