MENU

Sekilas Tentang Intel Core Processor Yang Merajai Pasar Saat Ini

Sekilas Tentang Intel Core Processor Yang Merajai Pasar Saat Ini


Teman anehtapinyata.net Intel Corporation merupakan sebuah perusahaan multinasional yang didirikan pada tahun 1968 di Amerika Serikat yang terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprosesor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu. Intel juga membuat kartu jaringan, chipset papan induk, komponen, dan alat lainnya. Salah satunya adalah intel core, processor yang banyak dipakai dalam notebook atau pun PC. Intel Core sendiri dapat dikelompokan menjadi 3 jenis prosessor, yaitu processor i3, i5, dan i7. Perbedaan ketiganya diperuntukan bagi 3 golongan pasar yang berbeda. Core i3 diperuntukan bagi pasar entri level, core i5 diperuntukan bagi pasar level menengah, dan yang terakhir core i7 dibuat untuk menyasar level atas. Untuk lebih jelasnya tentang ketiga processor ini mungkin dapat dijelaskan sebagai berikut.


Intel Core i7 (Diluncurkan Tahun 2008)



Teman anehtapinyata.net processor high end untuk menyasar pasar menengah ke atas ini diluncurkan pertama kali pada tahun 2008. Nama Core i7 diambil dari identifier i7 yang merupakan teknologi baru dari Intel pada saat itu. Beberapa kelebihan processor Intel yang satu ini adalah mampu meningkatkan kinerja komputer, membuat komputer makin hemat energi, serta menghasilkan kualitas tampilan gambar yang jauh lebih baik, khususnya saat memutar video resolusi tunggi. Intel Core i7 dapat dibagi menjadi dua jenis. Pertama yang merupakan tipe standar yang memiliki 2 inti serta didukung dengan teknologi hyperthreading yang mampu menyediakan 4 thread, Cache 4M dan sudah didukung pula dengan teknologi turbo boorst. Dan kedua adalah tipe yang lebih tinggi dengan 4 inti yang didukung dengan teknologi hyperthreading yang mampu menyediakan 8 thread, cache 6 MB – 8 MB dan sudah didukung dengan teknologi turbo boorst.


Teman anehtapinyata.net turbo boost adalah sebuah teknologi yang mampu membuat processor mempertahankan kecepatannya sekaligus menekan tingkat panas yang bisa dihasilkan karena pemakaian yang over (kondisi yang biasa terjadi jika komputer digunakan untuk bermain game). Sementara Hyper-Threading merupakan teknologi yang bisa meningkatkan kinerja komputer kala digunakan untuk multi-tasking, khususnya saat menjalankan program-program yang membutuhkan tenaga processor secara intensif dalam waktu yang bersamaan. Dengan adanya turbo boost dan hyper threading, Intel Core i7 terbilang mumpuni sebagai processor yang bisa menjabani keinginan pengguna dalam memanfaatkan aplikasi-aplikasi komputer yang berat seperti program rendering 3D atau program-program lain seperti video/audio dan CAD.

Intel Core i5 (Diluncurkan Tahun 2009)



Teman anehtapinyata.net pada tahun berikutnya yakni tahun 2009, Intel kembali meluncurkan processor Intel Core untuk menyasar level menengah. Processor yang diberi nama Intel Core i5 ini merupakan sebuah mikroProcessor yang dibekali dengan teknologi turbo boost dan hyper-threading tidak berbeda jauh dari intel core i7 yang hanya memiliki dua inti saja.

Intel Core i3 (Diluncurkan Tahun 2010)



Teman anehtapinyata.net processor level entri ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2010, hanya memiliki 2 inti namun sudah mengadopsi teknologi Hyperthreading yang mampu menyediakan 4 thread yang memungkinkan beberapa program mampu dijalankan secara bersamaan melalui keempat jalur thread tersebut, cache 3M dan tanpa turbo boorst.


Teman anehtapinyata.net ketiga processor intel core tersebut mulai dari tahun 2008 selalu mendapat pengembangan-pengembangan yang signifikan. Hingga saat ini telah terjadi 7 generasi pengembangan processor intel core tersebut. Setiap generasi memiliki kode namanya sendiri-sendiri, yaitu Arrandale, Sandy Bridge, Ivy Bridge, Haswell, Broadwell, Skylake, dan yang paling baru saat ini adalah processor intel core Kaby Lake. Semakin baru generasinya maka sudah dapat dipastikan semakin banyak fitur baru dan canggih yang disematkan di dalamnya.


Baca Juga: Hacker Wanita Paling Cantik yang Pernah Ada