MENU

Film Silat Indonesia Yang Melegenda Hingga Sekarang

Film Silat Indonesia Yang Melegenda Hingga Sekarang

"Film Silat Indonesia Yang Melegenda Hingga Sekarang" - Teman anehtapinyata.net jauh sebelum sinetron percintaan, drama korea, dan serial India merajai perfilman tanah air, sekitar era 80-90an serial drama persilatan sempat merajai dunia perfilman Indonesia. Serial drama kolosal yang kebanyakan mengangkat sejarah atau legenda dan sarat pesan moral tersebut sampai sekarang pun menjadi legenda bagi para pecintanya. Penasaran film drama apa saja itu? Berikut informasinya.


Wiro Sableng


Teman anehtapinyata.net kisah Wiro Sableng kembali hangat diperbincangkan semenjak rencana film ini akan dirilis kembali kerjasama antara rumah produksi LifeLike Pictures dengan Fox International Productions (FIP) divisi dari 20th Century Fox Film Corporation. Kedua rumah produksi ini akan memproduksi penggarapan film layar lebar yang diberi judul Wiro Sableng 212 (212 Warrior). Dan yang akan menjadi tokoh utama dari film ini adalah Vino G. Bastian, anak kandung dari penulis novel Wiro Sableng, Bastian Tito. Wiro Sableng merupakan pendekar silat yang kocak dengan ciri khas tatto 212, rambut panjang, pakaian serba putih serta senjata andalannya kapak maut naga geni 212. Wiro Sableng merupakan pendekar idola para anak-anak generasi 90an karena tingkah kocak aktornya. Dalam setiap episodenya tokoh Wiro Sableng selalu menyelipkan pesan-pesan kebajikan berbalut dengan gayanya yang kocak. Sehingga tak heran jika film ini menjadi favorit sebagai acara keluarga yang wajib ditonton pada era 90an.

Si Buta Dari Gua Hantu


Teman anehtapinyata.net Si Buta Dari Gua Hantu merupakan karakter yang diciptakan oleh komikus Ganes TH. Kisah film yang populer di era 90an ini menceritakan tentang seorang pendekar bernama Barda Mandrawata yang kemudian lebih dikenal dengan Si Buta dari Gua Hantu. Cerita yang berlatar zaman penjajahan Belanda ini mengisahkan tentang pengelanaan Si Buta dari Gua Hantu dalam membasmi kejahatan. Kisah mula dari pemeran utama film ini, Barda Mandrawata tergolong tragis, awalnya pemuda pendekar pencak silat Elang Putih ini harus kehilangan penglihatannya karena melakukan balas dendam. Lalu dia ditinggalkan oleh kekasihnya saat sedang mempelajari ilmu ajian langka dalam gua angker. Berkat ilmu yang dipelajari dalam gua tersebut dirinya mempunyai kesaktian mandraguna dan dikenal dengan nama Si Buta dari Gua Hantu. Film ini mengajarkan kita tentang balas dendam tidak akan berakhir dengan indah, walaupun memiliki awal kisah hidup yang tragis namun selanjutnya harus selalu dimanfaatkan untuk saling membantu sesama manusia.

Misteri Gunung Merapi


Teman anehtapinyata.net pada tahun 90an, serial drama kolosal dengan adegan persilatan merupakan salah satu yang paling populer untuk ditonton. Salah satunya adalah film Misteri Gunung Merapi yang menjadi primadona pada masanya. Menceritakan tentang kisah Sembara ang diperankan oleh Marcelino dan Mak Lampir yang diperankan oleh Farida Pasha. Meskipun memiliki judul layaknya film horor, namun sejatinya film ini lebih mengisahkan tentang perjuangan dari para Wali Songo dalam menumpas kejahatan yang dalam hal ini diperankan oleh Mak Lampir saat penyebaran Islam di tanah Jawa. Dinamai Misteri Gunung Merapi karena latar dari film ini berada di Jawa Tengah, tepatnya di Gunung Merapi, Lawu, dan kerajaan Demak.

Angling Dharma


Teman anehtapinyata.net film Angling Dharma merupakan salah satu kisah yang diangkat dari cerita legenda. Angling Dharma bisa dibilang merupakan serial silat kolosal paling sukses pada masanya. Film ini merupakan cikal bakal teknologi CGI dalam perfilman Indonesia. Penampakan naga terbangnya walaupun sekarang terlihat aneh, namun dahulu hal tersebut terlihat begitu menakjubkan. Keunggulan dari film ini adalah latar belakang pewayangan yang menjadi basis ceritanya. Jadi jangan heran jika para tokoh dalam drama kolosal ini sering ditemui dari dongeng Jawa dan pewayangan.

Tutur Tinular


Teman anehtapinyata.net serial Tutur Tinular diproduksi oleh rumah produksi sama yang membuat serial Misteri Gunung Merapi dan Angling Dharma. Film ini mengalami sukses besar saat pertama kali ditayangkan pada tahun 1997 hingga dibuat season keduanya. Serial ini berkisah tentang perseteruan kakak adi Arya Kamandanu dan Arya Dwi Pangga pada zaman Kerajaan Majapahit dan Singosari. Kisah ini menitikberatkan pada kisah perluasan Kerajaan Majapahit di bawah kepemimpinan Arya Kamandanu yang diperankan oleh Anto Wijaya. Berbagai unsur sejarah juga dimasukkan dalam kisah kolosal yang ditulis oleh Imam Tantowi ini. Seperti pemberontakan Ronggolawe hingga pemberontakan Ra Kuti.


Teman anehtapinyata.net sayangnya serial-serial kolosal yang pernah sukses tersebut pada tahun 2000an sedikit demi sedikit mulai jarang ditayangkan di televisi karena pergeseran zaman. Kebanyakan penonton mulai beralih ke tayangan sinetron modern. Kita tunggu saja apakah dengan rilis ulangnya Wiro Sableng 212 nanti apakah bisa sesukses dengan film terdahulunya.