MENU

Hewan Dengan Pertahanan Diri Paling Aneh Dan Unik Di Dunia

Hewan Dengan Pertahanan Diri Paling Aneh Dan Unik Di Dunia

"Hewan Dengan Pertahanan Diri Paling Aneh Dan Unik Di Dunia" - Teman anehtapinyata.net setiap makhluk hidup di dunia pastinya memiliki kemampuan untuk mempertahankan diri dalam situasi yang membahayakan, termasuk juga hewan. Setiap hewan memiliki cara untuk mempertahankan diri yang berbeda-beda dari serangan pemangsa. Mulai dari yang biasa hingga cara pertahanan diri yang aneh, seperti cicak yang memutuskan ekornya, bunglon yang dapat merubah warna tubuhnya, bahkan ada hewan yang menyemprotkan sepertiga darahnya sebagai senjata mengusir pemangsa. Penasaran hewan apa saja itu? Untuk menambah wawasan teman semua, berikut kami rangkum beberapa cara hewan untuk mempertahan diri paling aneh di dunia. Berikut informasinya.


Semut Camponotus Saundersi (Meledakan Diri Dengan Cairan Beracun)


Teman anehtapinyata.net semut bernama Camponotus saundersi dari Malaysia ini mungkin bisa dikatakan memiliki cara mempertahankan diri dari paling aneh tapi nyata di dunia. Cara kerjanya mirip dengan aksi-aksi teroris bom bunuh diri. Semut yang dikenal dengan nama semut peledak ini mempunyai kelenjar yang berisi racun yang bisa diledakan. Jika merasa terancam, perutnya melakukan kontraksi, dan kelenjar ini akan meledak melalui kepalanya dan predator yang akan memangsanya bisa ikut tewas seketika karena efek korosif dan tak terkendali lajunya. Benar-benar menakutkan bukan teman.

Eurasian Roller Bird (Memuntahkan Cairan Busuk)


Teman anehtapinyata.net burung dengan nama Eurasian Roller Bird ini dibekali cara yang unik dalam mempertahankan dirinya dari serangan pemangsa. Burung cantik ini dapat memuntahkan cairan berbau busuk yang berwarna orange ketika merasa terdesak. Dengan bau tajam cairan busuk tersebut otomatis predator yang sedang menyerang lari tunggang langgang. Selain untuk mempertahankan dirinya, cairan busuk tersebut juga sebagai tanda kepada burung lain bahwa sedang ada pemangsa dan kembali pulang ke sarangnya.

Sotong (Kemampuan Kamuflase Merubah Warna Tubuh)


Teman anehtapinyata.net sotong atau ikan nus merupakan binatang laut yang mampu hidup di hampir semua perairan, mulai dari air tawar, air payau, sampai air laut. Hewan ini mirip seperti cumi-cumi, yang membedakannya adalah bentuknya yang pipih, sedangkan cumi-cumi berbentuk silinder. Dalam mempertahankan dirinya dari serangan pemangsa, hewan ini mempunyai kemampuan kamuflase yang menakjubkan. Jika ada predator mendekat, tubuhnya bisa seketika berubah warna menjadi cerah. Setelah predatornya terpikat dengan warna tubuhnya, terkadang sotong juga melumpuhkan sendiri mangsanya dengan dua tentakelnya yang dapat menghisap secara kuat. Selain untuk melindungi diri, kamuflase perubahan warna tubuh yang dimiliki sotong juga berguna di dalam mencari pasangan.

Belalang Ranting (Merubah Warna dan Tekstur Tubuh)


Teman anehtapinyata.net belalang ranting bisa dikatakan sebagai hewan paling pintar dalam hal berkamuflase. Selain dapat meniru warna, hewan ini juga bisa meniru tekstur pohon yang dia hinggapi. Jika dilihat sekilah akan sulit membedakan hewan ini saat berkamuflase dengan ranting pohon. Selain itu jika sedang apes tertanggak predator, hewan ini juga masih punya senjata pamungkas, yakni memutuskan kakinya untuk bisa kabur. Dan hebatnya kaki yang telah putus tersebut dapat tumbuh kembali seperti semula.

Timun Laut  (Mengeluarkan Racun Mematikan)


Teman anehtapinyata.net tripang atau timun laut merupakan hewan invertebrata Holothuroidea yang tersebar luas di lingkungan laut di seluruh dunia, mulai dari zona pasang surut sampai laut dalam terutama di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik Barat. Hewan kecil yang dapat dimakan ini mempunyai cara hebat dalam mempertahankan dirinya dari serangan pemangsa, ketika terancam dia bisa mengeluarkan racun yang berupa cairan lengket bernama holothurin. Uniknya, racun ini dikeluarkan lewat anusnya bersama berbagai organnya untuk mengelabui predator agar dikira ia telah mati. Padahal ia bisa meregenerasi organnya dan predator akan terkena racun tersebut hingga tewas sendiri. Luar biasa pintar bukan teman.

Regal Horned Lizard (Menyemburkan Darah Dari Mata)


Teman anehtapinyata.net hewan unik ini dikenal dengan nama kadal bertanduk dari Texas atau kadal penyembur darah. Penamaan tersebut karena tubuhnya yang terlihat seperti bertanduk dan juga karena mempunyai cara mempertahankan diri yang sangat ekstrim. Jika dalam keadaan terdesak dari serangan predator, hewan bernama ilmiah Phrynosoma solare ini dapat menyemprotkan darah dari matanya untuk menyerang musuh. Darah tersebut dikeluarkan dengan cara menekan rongga hidung sehingga pembuluh darah di mata bisa menyembur keluar. Jarak semburan tersebut bisa mencapai 1,5 meter. Namun pertahanan diri tersebut sangat berbahaya karena dapat kehilangan sepertiga darah pada tubuhnya.

Cumi Octopoteuthis Deletron (Membuang Lengan Untuk Mengecoh Musuh)


Teman anehtapinyata.net spesies cumi-cumi bernama Octopoteuthis deletron memiliki cara yang tidak biasa dalam mempertahankan dirinya dari pemangsa. Hewan ini jika dalam keadaan terdesak, selain menyemburkan cairan tinta, cumi jenis ini juga akan membuang tangannya. Lengan tersebut berguna untuk mengecoh musuh. Nantinya tangan cumi ini dapat tumbuh kembali seperti semula dengan kemampuan regenerasinya.