Wednesday, March 8, 2017

Cara Unik Memperingati Hari Perempuan Internasional Di Dunia



"Cara Unik Memperingati Hari Perempuan Internasional Di Dunia" - Teman anehtapinyata.net mungkin tidak banyak yang tahu tentang perayaan hari khusus ini. Hari Perempuan Internasional atau dalam bahasa Inggrisnya disebut International Women's Day ini diperingati setiap tanggal 8 Maret setiap tahunnya. Terbentuknya peringatan hari perempuan ini dilatar belakangi sebuah kasus demontrasi yang terjadi di Perancis pada 8 Maret 1857, saat itu ada seorang buruh pabrik tekstil perempuan melakukan aksi dengan tujuan untuk melawan penindasan dan gaji buruh yang rendah, tetapi demonstrasi tersebut dibubarkan secara paksa oleh pihak kepolisian. Pada tanggal 8 Maret 1907, Hari Perempuan Internasional diresmikan sebagai peringatan terhadap kasus yang terjadi 50 tahun yang lalu tersebut. Pada tahun 1977, Hari Perempuan Internasional diresmikan sebagai perayaan tahunan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk memperjuangkan hak perempuan dan mewujudkan perdamaian dunia.

Teman anehtapinyata.net di berbagai negara terdapat berbagai perayaan untuk memperingati hari bagi kaum wanita ini, misalnya Amerika Serikat memeringati lewat pertunjukkan musik dan diskusi panel tentang kesetaraan gender. Tanzania merayakan lewat pertandingan hoki persahabatan antara pria dan wanita. Di India, Hari Perempuan Internasional diperingati lewat acara bersepeda dan berjalan bersama di New Delhi. Sementara Gaza merayakan dengan pertunjukkan musik dan tarian. Selain itu di beberapa negara Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada tanggal 8 Maret juga dijadikan libur nasional bagi kaum perempuan. Penasaran prayaan unik lainnya apa saja yang pernah dilakukan di dunia teman? Berikut informasinya.


Kontes Mahir Membuka Bra Di Cina


Teman anehtapinyata.net sebuah mall di Cina melakukan sesuatu yang unik untuk merayakan Hari Perempuan Internasional pada tahun 2016 lalu. Pusat perbelanjaan yang terletak di kota Liuzhou ini menggelar kompetisi unik adu cepat membuka bra wanita. Yang menjadi model dalam kompetisi ini adalah wanita-wanita muda dan cantik yang mengenakan pakaian bikini. Semua model tersebut dijajarkan pada sebuah panggung yang terletak di tengah mall. Setelah diadakan seleksi peserta yang cukup ketat, didapat sebanyak 8 peserta yang lolos untuk mengikuti kontes unik ini. Kedelapan peserta tersebut terdiri dari 7 orang perempuan dan 1 orang laki-laki. Dalam mengikuti kontes peserta hanya diperbolehkan melepas bra para model dengan satu tangan saja. Dan pada akhirnya yang menjadi juara dari kontes aneh ini adalah seorang wanita yang enggan disebutkan namanya, dia berhasil melepas bra dengan catatan waktu 14 detik saja. Luar biasa bukan teman. Kompetisi unik ini berhasil meningkatkan kedatangan para pengunjung ke mall.

Lampu Lalu Lintas Unik Penghormatan Untuk Hari Perempuan Internasional Di Australia


Teman anehtapinyata.net di kota Melbourne punya cara unik untuk memperingati Hari Perempuan Internasional. Tidak hanya dengan bunga ataupun hadiah untuk perempuan terkasih, Melbourne mengungkapkannya lewat lampu lalu lintas. Biasanya kita melihat jika lampu lalu lintas hanya mempunyai 3 warna saja, merah, hijau, dan kuning. Namun khusus untuk memperingati hari bagi perempuan ini, pemerintah setempat menyiapkan lampu bergambar siluet seorang wanita. Wanita yang dijadikan siluet dalam lampu tersebut juga bukan merupakan wanita sembarangan, dia adalah Mary Rogers, gubernur wanita pertama di Negara Bagian Victoria dan yang kedua di Australia. Lampu lalu lintas unik pertama ini akan menjadi bagian dari lalu lintas warga Melbourne untuk seterusnya.

Women's March Peringati Hari Perempuan Internasional Di Indonesia


Teman anehtapinyata.net beberapa hari lalu tepatnya pada hari sabtu tanggal 4 Maret 2017, dilakukan aksi yang bertajuk Women's March di depan Istana Negara, Jakarta dalam rangka peringatan Hari Perempuan Internasional 2017 yang jatuh pada tanggal 8 Maret. Aksi yang diikuti ratusan orang dari berbagai organisasi nirlaba, aktivis perempuan, pelajar/mahasiswa, dan kelompok LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender) ini mendesak pemerintah untuk segera menyelesaikan persoalan yang melilit perempuan Indonesia. Mereka juga meminta pemerintah menghapus semua kekerasan berbasis agama dan diskriminasi dengan alasan apapun. Perempuan Indonesia harus bersatu mengedepankan Indonesia yang mengutamakan prinsip Bhinneka Tunggal Ika, berbeda tetapi satu. Dalam aksi tersebut mereka juga membawa spanduk-spanduk yang antara lain bertuliskan "Girls Are Not Brides!," "Perempuan Bukan Properti," dan "Jangan Atur Tubuhku." dan masih banyak lagi yang lainnya.


"Selamat Hari Perempuan Internasional"


Baca Juga: Kisah Kasih Sayang Seorang Ibu Yang Mengharukan


Sumber 1 Sumber 2 Sumber 3 Sumber 4

Paling Unik

Cara Unik Memperingati Hari Perempuan Internasional Di Dunia
4/ 5
Oleh