Monday, March 6, 2017

Fakta Unik Taman Nasional Komodo Yang Jarang Diketahui



"Fakta Unik Taman Nasional Komodo Yang Jarang Diketahui" - Teman anehtapinyata.net Taman Nasional Komodo merupakan sebuah tempat untuk melindungi hewan purba yang hanya ada di Indonesia yakni Komodo. Taman Nasional ini terletak di antara provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat yang terdiri dari  tiga pulau besar Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil. Wilayah darat taman nasional ini 603 km² dan wilayah total adalah 1817 km². Namun ternyata Taman Nasional  yang telah berdiri sejak tahun 1980 ini tidak hanya melindungi Komodo saja, melainkan juga spesies lain seperti perpaduan hewan Asia dan Australia, terumbu karang, dan ribuan spesies ikan. Penasaran fakta unik lain apa saja yang ada di Taman Nasional ini? Untuk menambah wawasan teman semua berikut kami rangkum beberapa informasinya.


Habitat Terakhir Naga Dunia


Teman anehtapinyata.net pada tahun 2009 Universitas Melbourne melakukan riset investigasi di Taman Nasional Komodo. Ditemukan sebuah fakta aneh bahwa dahulunya komodo merupakan spesies yang hidup di Australia yang mirip dengan hewan legenda naga dalam mitologi. Mereka bermigrasi 900 ribu tahun yang lalu hingga tiba di Kepulauan Sunda Kecil dan berhasil bertahan hingga saat ini. Di Taman Nasional Komodo naga terakhir ini mampu beradaptasi dan berkembang biak secara alami.

Salah Satu Situs Warisan Dunia UNESCO


Teman anehtapinyata.net pada tahun 1991 Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB UNESCO menjadikan Taman Nasional Komodo sebagai salah satu situs warisan dunia. Penetapan ini dikukuhkan pada sesi ke-15 UNESCO karena termasuk dalam kategori situs alam yang mengandung fenomena luar biasa dan estetika yang langka. Sebelumnya Taman Nasional Komodo juga pernah dijadikan Cagar Manusia dan Biosfer tahun 1977.

Salah Satu Dari 7 Keajaiban Dunia Baru


Teman anehtapinyata.net selain masuk dalam situs warisan budaya UNESCO, Taman Nasional Komodo pada November 2011 silam juga dinobatkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia baru. Pada saat itu Taman Nasional Komodo mengalahkan keajaiban dunia baru lainnya seperti Hutan Amazon, Teluk Halong, Air Terjun Iguazu, Pulau Jeju, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, dan Table Mountain.

Berada Di Kawasan Gunung Berapi


Teman anehtapinyata.net mungkin tidak banyak yang tahu jika Taman Nasional Komodo terletak di kawasan pulau-pulau vulkanis, dengan kekayaan alam yang luar biasa. Terbukti di kawasan Nusa Tenggara dipenuhi oleh berbagai gunung aktif yang bisa dijelajahi seperti Gunung Tambora, Rinjani, hingga Gunung Ara. Mungkin ini salah satu yang menjadikan hewan purba ini bisa bertahan hingga saat ini, karena habitatnya mungkin tidak jauh berbeda dengan tempat hidupnya ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu

Memiliki Kekayaan Laut Terbesar Di Dunia


Teman anehtapinyata.net selain dikelilingi dengan gunung berapi, Taman Nasional Komodo juga terletak di dalam Coral Triangle dengan kekayaan laut terbesar di dunia. Terletak di kawasan Indonesia bagian Tengah, Laut Sawu, dan Flores yang mengitari Taman Nasional Komodo sendiri diibaratkan Hutan Amazon di dasar lautan. 76 persen spesies laut dunia dapat ditemui di peraian ini.





Paling Unik

Fakta Unik Taman Nasional Komodo Yang Jarang Diketahui
4/ 5
Oleh