Thursday, October 12, 2017

Berita Hoax Yang Sempat Membuat Heboh Di Indonesia



"Berita Hoax Yang Sempat Membuat Heboh Di Indonesia" - Teman anehtapinyata.net seiring dengan perkembangan teknologi dewasa ini membuat internet bisa diakses semua orang. Salah satu efek negatif yang ditimbulkannya adalah terkait penyebaran berita yang palsu atau yang lebih dikenal dengan sebutan hoax. Entah apa maksud dan tujuan pembuatnya, yang jelas berita yang disampaikannya dipercaya dan dishare di media sosial pembacanya. Di Indonesia sendiri sekarang bisa dikatakan sedang mengalami darurat hoax. Banyak berita hoax yang menghebohkan terjadi akhir-akhir ini. Ada baiknya sebelum mendengar atau membaca berita, kita harus mencari tahu dulu kebenarannya dan sumbernya sebelum percaya dan menshare berita tersebut di media sosial. Berikut kami rangkum beberapa berita hoax yang pernah menghebohkan Indonesia. 


Si Jenius Calon Penerus Habibie


Teman anehtapinyata.net  pada akhir tahun 2016 silam, tepatnya 17-24 Desember 2016, lebih dari 40 orang peneliti diaspora yang mengajar dan meneliti di berbagai negera datang ke acara Visiting World Class Professor. Acara itu diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi bekerjasama dengan Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional. Salah satu pesertanya adalah Dwi Hartanto yang digadang-gadang sebagai "The Next Habibie", Presiden ke 3 Indonesia dan tokoh besar bidang teknologi. Namun sayangnya berita yang gembar-gembor dan bahkan sempat menjadi bintang tamu di Mata Najwa tersebut ternyata hanya kebohongan belaka. Semua yang dikatakan Dwi dalam berbagai kesempatan cuma klaim. Melalui klarifikasi dan permohonan maaf yang diunggah di situs Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Delft, Dwi memberikan klarifikasi soal sejumlah klaim dan kebohongan yang telah dia lakukan selama ini dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

Gerakan Rush Money


Teman anehtapinyata.net isu Rush Money sempat membuat orang resah beberapa waktu lalu. Apa itu Rush Money? Rush Money merupakan sebuah kejadian dimana masyarakat secara besar-besaran akan menarik uang tunai di bank secara serentak dan dalam skala yang besar. Oleh karena itu bank dapat kehabisan dana tunai yang mengakibatkan sistem perbankan menjadi kacau. Sakinng hebohnya berita yang menyebar melalui media sosial tersebut membuat Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian langsung mengklarifikasi dan meminta agar masyarakat tidak terpengaruh terhadap informasi gerakan penarikan uang secara besar-besaran. Kapolri mengatakan jika berita itu adalah hoax, informasi tersebut berasal dari sumber-sumber yang tak jelas. Gerakan rush money berkembang bersamaan dengan rencana aksi demonstrasi jilid III terkait kasus dugaan penistaan agama yang melibatkan Basuki Tjahaja Purnama atau kerap disapa Ahok.

Serbuan Tenaga Kerja China ke Indonesia


Teman anehtapinyata.net salah satu berita hoax yang menggemparkan Indonesia adalah ada serbuan tenaga kerja asal Cina yang datang ke Indonesia. Berita ini menyebar melalui media sosial, dikatakan jika puluhan juta pekerja Cina akan datang ke Indonesia. Presiden Joko Widodo langsung membantah isu yang meresahkan masyarakat ini. Menurutnya, jumlah TKA asal China sekitar 21.000. Jumlah ini disebut jauh lebih kecil dibandingkan jumlah TKI di Hong Kong yang mencapai 153 ribu orang. Presiden juga menilai isu yang beredar soal TKA ke Indonesia tidak logis sebab upah bekerja di sini rata-rata masih Rp 1,5 juta sampai Rp 3 juta, sedikit lebih rendah dibandingkan di China yang bisa diupah hingga di atas Rp 5 juta.

Iron Man Bali


Teman anehtapinyata.net berita yang cukup menggemparkan ini berasal dari Bali. Pria bernama lengkap I Wayan Sumardana alias Sutawan alias Tawan dijuluki sebagai manusia robot. Hal tersebut dikarenakan kemampuannya yang berhasil merancang robot. Dengan menggunakan bahan-bahan elektronik rongsokan, dia mampu membuat robot yang digerakan melalui sensor otak dengan sistem EEG electroencephalography. Hebohnya berita iron man dari Bali membuat beberapa pihak berusaha meneliti robot Tawan tersebut. Namun sayangnya setelah dilakukan beberapa pengecekan, banyak hal janggal yang ditemukan. Salah satunya adalah bahwa lengan robot itu hanya bisa dipakai Tawan, bahkan ahli sistem saraf otak pun sempat mendatangi Tawan untuk melihat cara kerja robot tersebut, yang ternyata setelah melihat langsung “elektroda” yang ditempatkan di kepala dan “tangan robot”, bisa pastikan keseluruhannya hanyalah hoax semata. Dan yang terakhir ketika akan di uji dikatakan bahwa robot tersebut sudah rusak.

Blue Energy


Teman anehtapinyata.net pada tahun 2008 publik tanah air sempat dihebohkan dengan adanya berita tentang Blue Energy. Blue Energy sendiri merupakan teknologi yang dapat mengubah air laut menjadi bahan bakar kendaraan. Bahan bakar non fosil yang berasal dari air laut itu ditemukan oleh seorang pria asal Nganjuk bernama Joko Suprapto. Dan sayangnya berita hoax mengenai Blue Energy berhasil menipu pejabat negara sampai Presiden. Saat itu Presiden SBY memerintahkan membentuk tim untuk pengembangan blue energy, bahkan sudah memberi nama atas temuan itu sebagai “Minyak Indonesia Bersatu”. Dan parahnya lagi penemuan bahan bakar baru itu sempat diumumkan kepada dunia saat konferensi internasional Global Warming di Bali. Kebohongan itu mulai terungkap ketika Blue Energy hendak diproduksi menjelang peringatan 100 Tahun Kebangkitan Nasional. Saat itu sang penemu, Joko Suprapto tiba-tiba menghilang. Setelah diteliti ternyata hal tesebut merupakan kasus penipuan. Dan sang penemu pun ditetapkan sebagai buronan sebelum akhirnya berhasil ditangkap oleh pihak berwajib.

Pembangkit Listrik Tenaga Hampa (PLTH)


Teman anehtapinyata.net selain kasus Blue Energy publik tanah air juga pernah dihebohkan dengan berita penemuan Pembangkit Listrik Tenaga Hampa. PLTH ditemukan oleh Mbah Embing seorang yang berprofesi sebagai tukang service dinamo asal malang. Dia berhasil menciptakan generator unik yang dapat menghasilkan listrik tanpa menggunakan energi apapun, dan hanya butuh kehampaan. Tidak hanya orang biasa saja yang percaya akan penemuan PLTH tersebut, Menteri BUMN saat itu, Dahlan Iskan sempat percaya dan memesan generator buatan mbah embing tersebut. Dan seiring berjalannya waktu akhirnya kebohongan PLTH tersebut berhasil terungkap.





Paling Unik

Berita Hoax Yang Sempat Membuat Heboh Di Indonesia
4/ 5
Oleh