MENU

Sekilas Tentang Studio Musik Elektronik Yang Menjadi Google Doodle Hari Ini

Sekilas Tentang Studio Musik Elektronik Yang Menjadi Google Doodle Hari Ini


"Sekilas Tentang Studio Musik Elektronik Yang Menjadi Google Doodle Hari Ini" - Teman anehtapinyata.net hari ini nampaknya ada yang berbeda dari penampilan mesin pencari google. Google Doodle nampak meriah dengan gaya pop dan beragam warna yang menarik. Warna-warna tersebut membentuk gambar orang yang sedang memainkan alat musik elektronik, seperti piano, meja DJ, synthesizer, serta sound system yang saling terhubung dengan kabel-kabel. Desain menarik dan kreatif ini sengaja dibuat oleh google untuk memperingati kelahiran studio musik elektronik pertama di dunia. Apa itu studio musik elektronik? 



Teman anehtapinyata.net Studio for Electronic Music didirikan pada 18 Oktober 1951 di fasilitas West German Broadcasting (Westdeutschen Rundfunks/WDR) di Cologne, Jerman. Dalam bahasa Jerman, studio ini disebut Studio für elektronische Musik. Tempat ini dikenal sebagai studio musik modern pertama di dunia yang menjadi tempat bagi para musisi dan produser inovatif dalam berkarya. Di sini pula suara disintesis secara elektronik bercampur untuk menciptakan genre musik yang sama sekali baru kala itu, dan kini telah dinikmati banyak orang serta diadopsi oleh musisi lain. Dengan kata lain perkembangan musik saat ini tidak terlepas dari keberadaan Studio Musik Elektronik ini.



Teman anehtapinyata.net kelahiran dari Studio Musik Elektronik ini tidak terlepas dari diskusi kecil Werner Meyer-Eppler, Robert Beyer, Fritz Enkel, dan Herbert Eimert. Mereka berasal dari latar belakang berbeda namun punya kecintaan yang sama terhadap musik elektronik. Werner Meyer-Eppler adalah dosen dan penulis buku, Fritz Enkel adalah teknisi, dan Herbert Eimer adalah komposer dan jurnalis. Dari hasil diskusi tersebut munculah ide pembuatan Studio Musik Elektronik sebagai wadah berkarya dan bertukar pikiran bagi para pemusik elektronik. Menariknya gagasan tersebut tidak hanya sekedar bualan belaka, pada hari itu juga dengan memanfaatkan ruangan di radio publik Jerman bernama Westdeutscher Rundfunk Studio Musik Elektronik pun berdiri.


Teman anehtapinyata.net dalam perkembangannya di Studio Musik Elektronik selama bertahun-tahun telah dilakukan brainstorming persyaratan teknis rekaman untuk musik elektronik. Seniman di studio ini menciptakan terobosan bit, mengedit dan mencampur suara dengan memakai jenis peralatan dan komposisi teknis baru. Karena hasil karya dan terobosan yang dibuat di dalam Studio Musik Elektronik berbeda dari yang lain kala itu, sehingga banyak komposer dunia yang berdatangan ke studio ini. Mereka ingin terlibat dan turut menciptakan musik yang menandai inovasi di paruh kedua abad 20. Sampai tahun 2000, studio ini terus mendorong musik elektronik dan mengembangkan suara juga gagasan baru. Kini studio tua tersebut cukup menjadi saksi bisu sejarah perkembangan musik elektronik.