Friday, January 26, 2018

Wilder Penfield Ahli Bedah Saraf Yang Jadi Google Doodle Hari Ini



"Wilder Penfield Ahli Bedah Saraf Yang Jadi Google Doodle Hari Ini" - Teman anehtapinyata.net hari ini Google kembali menayangkan tokoh terkenal dalam laman utama pencairannya. Terlihat tampilan animasi pria tua dan ilustrasi otak, mata, hidung yang sedang melihat roti terbakar. Tokoh dalam ilustrasi tersebut adalah Wilder Penfield, dia adalah seorang ahli bedah saraf yang lahir pada 26 Januari 1891 di Spokane, Washington, Amerika Serikat. Google bukan tanpa alasan menampilkan sosok yang pada hari ini tepat berulang tahun ke 127. Wilder Penfield berkewarganegaraan Kanada memiliki prestasi luar biasa dalam bidang bedah saraf, dia merupakan sosok brilian yang mengembangkan sebuah perawatan bernama Montreal Procedure (Prosedur Montreal) bersama dengan rekannya, Herbert Jasper pada 1950. Montreal Prosedure adalah perawatan bagi pasien yang memiliki kondisi kejang otak, dengan cara menghancurkan sel saraf bermasah dengan menariknya menggunakan alat beraliran listrik dengan kondisi pasien masih tersadar.


Teman anehtapinyata.net selain itu berkat beberapa eksperimen yang dilakukan, Wilder Penfield berhasil memetakan korteks sensorik dan motorik otak. Dia juga mendapati, kalau bagian fisik otak dapat distimulasi untuk membangkitkan kenangan, seperti mengingat bau roti bakar. Temuannya tersebut juga berpengaruh terhadap negaranya. Pasca perang dunia, Kanada dianggap sebagai salah satu negara paling maju dalam bidang perawatan kesehatan, khususnya bagi mereka yang menderita epilepsi. Karya-karyanya membuat banyak orang lebih memahami fenomena unik yang terjadi di dunia, seperti halusinasi, ilusi, dan deja vu.

Teman anehtapinyata.net di tahun-tahun berikutnya, Wilder Penfield menjadi seorang penulis dan juara pendidikan universitas. Dia dianugerahi Medali Lister untuk ilmu bedah dan dilantik ke dalam Canadian Medical Hall of Fame. Dia juga menjadi ikon budaya saat novel Philip Dick, Do Androids Dream of Electric Sheep ?. Pada tahun 1960 Wilder Penfield pensiun dan mengabdikan hidupnya untuk memberikan dukungan terhadap pendidikan di universitas dan kepentingan publik lainnya. Pada tanggal 5 April 1976 dia menghembuskan nafas terakhir karena penyakit kanker perut yang dideritanya.