Thursday, February 8, 2018

Paula Modersohn-Becker Google Doodle Hari Ini Pernah Melukis Dirinya Tanpa Busana



"Paula Modersohn-Becker Google Doodle Hari Ini Pernah Melukis Dirinya Tanpa Busana" - Teman anehtapinyata.net hari ini ada sesuatu yang berbeda dari penampakan Google Doodle hari ini, dipenuhi dengan lukisan dan wanita yang memegang kuas. Sosok wanita tersebut adalah pelukis asal Jerman yang bernama Paula Modersohn-Becker. Wanita kelahiran 8 Februari 1876 dan meninggal pada 21 November 1907 ini telah menghasilkan banyak lukisan. Salah satunya yang paling terkenal adalah lukisan dirinya yang tidak menggunakan busana.


Teman anehtapinyata.net lukisan telanjang dirinya merupakan salah satu potret emosional dirinya yang dibuat  saat ulang tahun pernikahnnya yang keenam dan juga setahun sebelum ia meninggal dunia. Lukisan fenomenal ini dia lukis saat berusia 30 tahun, yakni pada 25 Mei 1906. Dalam lukisan tanpa busananya, Paula Modersohn-Becker melukis bukan sekadar potret diri yang tanpa busana (telanjang) melainkan sebuah deklarasi pembebasan. Tidak hanya dari ikatan dan tugas pernikahan. Akan tetapi sebagai gambaran dari apa yang ia rasakan kala itu. 

Teman anehtapinyata.net lukisan telanjang tersebut menggambarkan dirinya sedang hamil, tetapi sebenarnya tidak, hal tersebut merupakan metafora dirinya sebagai seniman muda yang bisa menciptakan dan melukis secara bebas sesuai dengan keinginannya. Maksud seperti sedang hamil itu bukan melahirkan anak, melainkan dirinya yang dewasa, mandiri, dan artistik. Jika biasanya lukisan telanjang identik dengan sesuatu yang negatif dan berbau seksual, tapi ini tidak. lukisan itu tampak hendak mengekspresikan seorang wanita yang mampu melindungi dirinya sendiri dari "perangkap" pernikahan.

Teman anehtapinyata.net kala itu para pelukis pria menggunakan wanita sebagai objek eksploitasi seksual dan perampasan hak atas diri sebagai wanita yang mungkin "terjajah". Namun berbeda dengan lukisan Paula Modersohn-Becker yang menggambarkan seorang wanita yang berani menatap langsung dan tak kenal takut. Paula Modersohn-Becker melahirkan ekspresi akan dirinya yang baru tanpa rasa takut dan bernilai seni. Dia termasuk pelukis wanita pertama yang mengeksploitasi masalah ini.

Teman anehtapinyata.net harga dari lukisan Paula Modersohn-Becker memang tidak semahal lukisan
Memang tak semahal lukisan Salvator Mundi karya Leonardo Da Vinci, namun lukisan karya Paula pun bukanlah lukisan murah. Tak hanya lukisan aslinya yang kini disimpan di beberapa museum dan rumah lelang seni Jerman, namun lukisan replikanya pun bisa mencapai harga puluhan juta rupiah. Berikut 5 lukisan termahal Paula Modersohn-Becker yang disimpan di rumah lelang seni lempertz:

1. Kind mit Frucht (Anak dengan Buah)-1922: 390.400 Euro (Rp 6,5 miliar)



2. Eine Schale und ein Glas haltend (memegang mangkuk dan gelas)-1921: Rp 4,99 miliar


3. Sitzendes M├Ądchen mit schwarzem Hut und Blume in der rechten Hand (Duduk gadis dengan topi hitam dan bunga di tangan kanan)-1934: Rp 4,3 miliar



4. Junge mit Ziege (Anak laki-laki dengan kambing)-1902: Rp 2,3 miliar


5. Die sieben Raben (Tujuh Gagak) I-1928: Rp 2,2 miliar