Asiaforbet

Sunday, April 15, 2018

author photo
Di dalam sejarah dunia kemiliteran dunia, sudah banyak dibangun berbagai jenis persensajataan pembunuh yang ditujukan untuk kebutuhan berperang. Dimulai dari senjata tangan yang sifatnya untuk pertempuran jarak dekat, hingga peresnjataan canggih yang digunakan untuk pertempuran jarah jauh, dan sifatnya dapat membunuh manusia secara massal. Selama berabad-abad lamanya, berbagai bangsa dan juga negara yang berusaha mati-matian dalam membangun pertahanan militernya, dumulai dari pengembangan kualitas dan kuantitas serdadu perang, hingga pengembangan pada bidang teknologi persenjataannya. Adapun juga kendaraan-kendaraan perang yang memang sengaja didesain khusus untuk pertempuran di tiap-tiap medan, ada tank-tank massive untuk pertempuran darat, ada jet-jet tempur untuk pertempuran udara, dan ada juga kapal-kapal laut yang spesialis untuk peetempuran di atas air. Dalam konteks ini, kekuasaan di zona kelautan juga merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi sebuah negara, maka kekuatan militer pada urusan perairan itu uga dilengkapi dengan kapal laut yang sangat canggih dan berbahaya tentunya.

Di dalam sejarah dunia militer angkatan laut, ada bermacam-macam jenis armada kapal perang yang sudah berhasil dibangun sampai saat ini. Dimulai dari jenis kapal tanker, jenis kapal pasokan, jenis kapal penjelajah dan uga jenis kapal perang induk. Maka, tidaklah mengherankan jika kapal-kapal laut perang yang besar dan canggih itu cenderung mencuri perhatian dunia. Di mana biasanya kapal-kapal perang yang besar itu juga memiliki teknologi persenjataan yang mematikan dan ditakuti, seperti halnya senjata rudal dan juga bom nuklir. Berikut di bawah ini bisa anda simak beragam jenis kapal laut perang yang tidak hanya memiliki ukuran besar, namun juga bersifat sangat mematikan dalam serangannya :

Destroyers Atago


Kapal perang ini tercatat sanggup membawa beban penuh hingga mencapai 10.000 ton, dan sanggup membawa kru perang hingga kapasitas mencapai 300 marinir perang. Untuk ukuran kapal perang, ukuran kapal ini tergolong besar dan berat. Hal itulah yang membuat kapal yang satu ini masuk ke dalam salah satu jenis kapal laut perusak dengan ukuran terbesar di dunia. Kelas kapal laut Atago ini adalah versi kapal laut lanjutan dari jenis kapal perang Kongo dengan panjang mencapai 165m. Kapal laut perang Atago ini pertama kali ditugaskan pada bulan Maret tahun 2007 lalu. Tidak berhenti di situ, sistem persenjataan pada kapal perang Atago ini dilengkapi dengan sistem tempur Aegis Mk-41 VLS, juga dilengkapi dua buah meriam kelas 20mm, kemudian juga ada senjata Mark 45 Mod 4 kelas 127mm, juga adanya rudal anti kapal, serta 68 buah tabung untuk peluncuran tiga torpedo sekaligus. Kapal perusak yang satu ini juga dilengkapi lapangan pendaratan dan juga satu buah hanggar untuk menyimpan sebuah helikopter.

Kapal Proyek 1155,1 Udaloy II


Kapal Proyek 1155,1 Udaloy II ini adalah kapal perusak yang terbesar yang pernah ada di Angkatan Laut Rusia. Kapal ini juga masuk dalam tujuh kapal perusak yang paling besar di dunia. Kapal Udaloy II ini merupakan versi upgrade atau pengembangan dari jenis kapal Udaloy “anti kapal selam”, serta memiliki kemampuan angkut hingga 8.900 ton. Kapal Udaloy II ini berhasil mengintegrasikan sebuah sistem senjata rudal dengan senjata pertahanan diri ke arah permukaan udara, senjata peluru torpedo “anti kapal selam”, dan juga senjata peluncur roket “anti kapal selam”. Kapal perang penghancur yang satu ini juga dilengkapi dengan dek serta sebuah hanggar yang bisa memuat dua helikopter sekaligus. Turbin gas serta turbin gas gabungan atau COGAG yang terpasang pada mesinnya, telah memungkinkan kapal ini melaju dengan kecepatan jelajah mencapai 32 knot/jam.

Kapal Izumo milik Jepang


Kendati pada kenyataannya hanya ada satu kapal pada kelas ini yang selesai diproduksi, namun pihak militer Jepang masih berencana untuk membangun satu unit kapal sejenis lagi. Kapal ini khusus dibangun untuk Angkatan Kelautan Bela Diri Jepang. Kapal Izumo ini sanggung membawa banyak kendaraan helikopter, dan tujuan utama dari kapal ini adalah untuk fokus memburu kapal-kapal selam milik musuh yang masuk ke wilayah perairan Jepang dan berniat menghancurkan mereka. Kapal Izumo ini juga bisa memuat sampai 14 unit helikopter, serta sanggup membawa 400 orang tentara, dan beberapa lusin kendaraanperang lainnya. Bisa anda bayangkan besarnya kapal ini bukan. Kapal laut perang Izumo ini merupakan kapal perang yang paling modern yang pernah ada di armada militer kelautan negara Jepang. Namun sayangnya, kapal laut perang Izumo ini belum dilengkapi dengan persenjataan yang ofensif, hanya ada beberapa senjata untuk jarak dekat, serta senjata rudal untuk permukaan udara yang berfungsi sebagai senjata pertahanan. Namun, jangan salah, kelebihan mengagumkan dari kapal laut perang Izumo ini adalah kemampuannya dalam mengangkut banyak pesawat tempur jenis siluman yang sangat mematikan.

Kapal Perang Kirov milik Rusia


Berbeda dengan kapal Izumo, kapal laut perang milik Rusia ini didesain dengan persenjataan bertenaga nuklir yang spesialis untuk pertempuran di atas air. Dibangun dan dioperasikan pertama kali pada tahun 1970 hingga tahun 1990-an. Anda hanya akan menemui empat unit kapal laut di kelas ini. Kapal ini konon dibangun dengan menelan biaya hingga 2 miliar USD. Sampai pada saat ini, hanya ada satu unit kapal di kelas ini yang sepenuhnya beroperasi, sementara tiga sisanya masih dalam proses modernisasi dan pengembangan teknologi lebih lanjut. Kapal perang Kirovs ini benar-benar diakui dunia militer sebagai kapal laut perang yang memiliki segi persenjataan yang mengesankan. Kapal penghancur yang satu ini sanggup menembakkan rudal supersonik dalam jangkauan mencapai 500 km, kemudian juga sanggup menembakkan rudal ke arah pesawat lawan di udara, serta juga dilengkapi dengan berbagai jenis persenjataan “anti kapal selam”.

Kapal perang Wasp milik Amerika Serikat


Belajar dari pengalaman dalam masa Perang Dunia II, pihak angkatan laut Amerika Serikat beserta jajaran Korps Marinir-nya telah menyadari betapa pentingnya memiliki sebuah kapal laut khusus yang dilengkapi dengan persenjataan memadai agar bisa menumpas habis para serdadu dari kubu lawannya. Perencanaan ini telah dirancang dan dijalankan sejak puluhan tahun lalu, dan pihak Amerika Serikat tentunya juga telah menginvestasikan uang dengan jumlah yang sangat besar, guna memastikan mereka memiliki sebuah kapal perang yang mampu mendukung para serdadu perang untuk menghancurkan musuh-musuhnya. Dimulai dari tahun 1989 hingga tahun 2009, total sebanyak delapan unit kapal di kelas Wasp ini telah berhasil dibuat dan ditugaskan, yang total biayanya menghabiskan dana sekitar 750.000.000 USD untuk masing-masing kapalnya. Selain sanggup menampung hingga 1.200 awak kapal, kapal ini juga sanggup membawa hingga 1.900 orang marinir. Selain itu, kapal jenis ini juga bisa membawa belasan helikopter, beberapa unit tank, dan juga beberapa kendaraan perang yang berlapis baja.

Kapal Charles de Gaulle milik Prancis


Sampai sejauh ini, hanya ada satu unit kapal di kelasnya tersebut, kapal perang induk bernama Charles de Gaulle ini merupakan kapal laut perang dengan tenaga nuklir pertama di Perancis. Setelah masa penundaan yang cukup lama, kapal ini pada akhirnya berhasil dirilis dan ditugaskan pertama kali pada pertengahan tahun 2001, dengan total biaya pembuatan yang mencapai 4 miliar USD. Selain dilengkapi dengan banyak sekali persenjataan ringan serta senjata rudal sebagai sarana pertahanan, kapal laut induk milik Perancis ini bisa memuat 40 unit pesawat tempur, dan sanggup berlayar hingga mencapai 20 tahun lamanya dengan satu kali mengisi bahan bakar. Kapal perang Charles de Gaulle tercatat telah menghadapi beragam kerusakan, salah satunya adalah baling-baling yang patah, dan juga beberapa kasus kebocoran. Kendati demikian, kapal laut perang ini telah banyak terlibat beberapa operasi militer penting di seluruh dunia, termasuk salah satunya adalah pada saat perang melawan pasukan Taliban di wilayah Afghanistan.

Referensi :
http://www.seputarkapal.com/2016/06/20-kapal-perang-penghancur.html
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
close
Banner iklan